Yuk Ke Lembata, Nonton Festival Bahari Nuhanera 2016

No comment 110 views

Berikut artikel Yuk ke Lembata, Nonton Festival Bahari Nuhanera 2016, Semoga bermanfaat

Jakarta – 12 Sampai 15 Agustus 2016 mendatang, mari traveling ke Lembata di NTT. Ada Festival Bahari Nuhanera 2016, yg menampilkan aneka budaya dan perlombaan seru.

“Anda telah pernah ke Lembata? Inilah timing yg tepat ke sana” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam rilis yg diterima detikTravel, Minggu (7/8/2016).

Perhelatan yg digadang-gadang oleh Pemerintah Daerah Lembata bagi memperkenalkan destinasi wisata bahari Teluk Waienga itu rencananya mulai diselenggarakan pada 12-15 Agustus 2016. Berlokasi di Tanjung Nuhanera, Teluk Waienga, Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Menurut Arief Yahya, banyak spot wisata bahari yg asyik di nikmati di Lambata. Kebetulan ada festival yg mulai menampilkan budaya dan tradisi lokal masyarakat di sana. Karena itu seandainya berwisata di sana pada durasi waktu itu, mulai mendapat alam (nature) dan budaya (culture) bersamaan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lembata, Longginus Lega pun mengajak wisatawan bagi tiba dan menjelajahi Lembata. Terdapat beragam acara yg mulai disuguhkan antara yang lain bakti sosial bersama masyarakat di lokasi (lokasi 14 desa di Teluk Waienga), membersihkan pantai dan laut, dayung perahu tradisional, renang teluk, fun fishing, parade perahu dan motor laut, serta pentas seni tradisional dan lomba foto bawah laut.

“Festival Bahari Nuhanera sendiri yaitu salah sesuatu acara dari serangkaian program promosi yg sudah dibuat Pemda bagi menyiapkan Teluk Waienga sebagai salah sesuatu ikon wisata masa depan Lembata,” ujarnya.

Lembata memiliki obyek-obyek wisata yg mampu menarik kunjungan wisatawan seperti Bukit Doa yg menghadap ke Selat Adonara. Selain itu, ada pula atraksi yg telah turun temurun dikerjakan merupakan berburu ikan paus. Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur memiliki empat desatinasi unggulan buat sektor pariwisata. Pertama di Lamalera, kedua di Nuhanera, ketiga Bukit Cinta dan terakhir Kawah Gunung Ile Ape serta gunung api terendah merupakan Batutara.

Sekadar informasi, Teluk Waienga yg bergaris pantai sepanjang 91 ini tak cuma tempat yg indah, namun juga memiliki sejuta cerita di baliknya. Masyarakat lokal Nuhanera dipercaya sebagai tempat tinggal leluhur atau orang yg telah meninggal, sehingga ada kearifan laut tertentu yg harus dituruti demi menjaga kawasan ini.

Secara berkala paus biru muncul di teluk ini, ada juga penyelam yg melihat ikan duyung. Usai mengeksplor kekayaan bawah lautnya, wisatawan bisa berkunjung ke kampung adat ataupun trekking menaiki Gunung Ilelewotolok. Untuk menuju ke tempat ini mampu menyewa kapal yg memuat hingga 20 orang. (aff/aff)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/08/07/101026/3269984/1382/yuk-ke-lembata-nonton-festival-bahari-nuhanera-2016
Terima kasih sudah membaca berita Yuk ke Lembata, Nonton Festival Bahari Nuhanera 2016. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Yuk Ke Lembata, Nonton Festival Bahari Nuhanera 2016"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.