Yuk Ke E Park Banyuwangi, Ada Klinik Taman Hias

No comment 137 views

Berikut artikel Yuk ke E Park Banyuwangi, Ada Klinik Taman Hias, Semoga bermanfaat

BANYUWANGI, KOMPAS.com – Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur mempunyai ruang terbuka hijau E Park yg juga dijadikan klinik taman hias serta laboratorium tanaman. Kebun yg dikelola oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Banyuwangi dipusatkan di wilayah Gedung Olahraga Banyuwangi.

“Fungsi E Park ada tiga merupakan edukasi, ekologi dan ekonomi,” jelas Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Banyuwangi, Arief Setiawan kepada KompasTravel, Rabu (10/8/2016).

Ia menjelaskan di taman tersebut tanaman-tanaman yg layu mulai “disulap” kembali agar lebih segar sebelum dikembalikan di lokasi semula. “Biasanya ada dua tanaman yg kering dan rusak jadi dibawa ke sini buat diperbaiki,” kata Arif.

Di area seluas beberapa hektar tersebut, pasukan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Banyuwangi menyulap lahan kosong itu selama 6 pekan hingga menjadi taman cantik bagi persiapan konferensi Indonesia Berkebun yg dihelat di Banyuwangi awal Agustus lalu.

Selain itu, di E Park tersebut juga dijadikan penelitian tanaman baru seperti Selon atau Semangka Melon yg ditanam sejak Januari 2016 dan ketika panen menghasilkan sekitar 300 buah. “Bibitnya juga telah bersiap disebar ke petani,” jelas Arif.

Ada juga tanaman padi yg sengaja ditanam di E Park bagi mengundang burung-burung datang. Bunga-bunga juga ditata sedemikian rupa hingga menarik para pengunjung.

Sebelumnya Dinas Kebersihan dan Pertamanan Banyuwangi sudah mendistribusikan 250 ribu bibit pohon sengon, gembilina, trembesi, sirsat, asem, pete, akasia, durian ke segala desa dan kecamatan, koramil dan perguruan tinggi di Banyuwangi.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI E Park Banyuwangi yg mempunyai fungsi edukasi, ekologi dan ekonomi. E Park terbuka bagi masyarakat umum yg belajar bercocok tanam.

Bukan cuma sekadar tanaman, di E Park tersebut juga terdapat dua gazebo dan sebuah rumah adat suku Using yg dikelilingi taman bunga.

Di sisi yang lain juga ada paglak atau rumah panggung yg biasanya digunakan petani bagi mengawasi tanaman padi. Termasuk juga rumah pohon yg tidak mengurangi keasrian E Park tersebut.

“E park ini terbuka buat umum. Siapa pun mampu datang. Harapannya adalah para pengunjung dapat belajar urban farming di areal perkotaan serta buat pemanfaatan lahan terbatas sehingga mampu tidak mengurangi nilai ekonomi buat keluarga,” pungkas Arif. 

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/08/11/081600127/yuk.ke.e.park.banyuwangi.ada.klinik.taman.hias
Terima kasih sudah membaca berita Yuk ke E Park Banyuwangi, Ada Klinik Taman Hias. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Yuk Ke E Park Banyuwangi, Ada Klinik Taman Hias"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.