Yang Beda Di Thailand, Datang Ke Peternakan Lebah

No comment 188 views

Berikut artikel Yang Beda di Thailand, Datang ke Peternakan Lebah, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Ingin liburan di Thailand yg agak beda? Cobalah mendatangi Honey Bee Farm ketika menuju Pattaya. Semua tentang lebah dapat diketahui di sini!

Selain terkenal mulai wisata sejarah berupa kuil-kuil peninggalan masa lampau, di Thailand juga banyak terdapat tempat wisata menarik bentuk yang lain yg sayang bila tak didatangi. Tempat-tempat itu menawarkan keistimewaan dengan karakternya tersendiri.

Salah satunya adalah Honey Bee Farm, tempat peternakan madu beragam khasiat berkualitas dunia. Ssstt, di sini pengunjung juga mampu bertemu segera dengan kembaran Van Diesel! Tak percaya?

Hari itu, adalah hari kedua aku dan adik aku jalan-jalan di Thailand. Salah sesuatu negara di kawasan Asia Tenggara yg memang ingin aku datangi sejak lama. Alhamdulillah, setelah terpilih sebagai pemenang penting D’Traveler of the Year 2015 oleh detikTravel, mimpi itu terwujud juga pada akhirnya.

Senang? Itu telah pasti. Apalagi, oleh detikTravel aku diberi kesempatan bagi mengajak sesuatu orang lagi. Anggun Saputra, adik kesayangan aku itu pun aku pilih bagi bersama-sama menjelajahi negeri orang buat kedua kalinya itu.

Setelah makan siang di sebuah restoran halal di dalam Nouvo City Hotel Bangkok, kita melanjutkan perjalanan menuju Pattaya. Pattaya yaitu kota yg disebut-sebut sebagai pusat pariwisata terbesar di Thailand, terletak di pesisir Teluk Thailand, sekitar 100 km (62 mil) tenggara Bangkok di Provinsi Chonburi.

Perjalanan dari Bangkok menuju Pattaya segera mengingatkan aku pada setiap perjalanan dari Jakarta menuju Bandung, sama-sama melaju di atas jalan tol. Bedanya, jalan tol Bangkok-Pattaya betul-betul jalan tol, tak ada hambatan sama sekali.

Sebelum memasuki pusat Kota Pattaya, oleh Oom Pacha, tour guide kami, kita diajak singgah di sebuah tempat peternakan madu beragam khasiat berkualitas dunia. Namanya Honey Bee Farm. Sebagaimana namanya, tempat ini memang dikhususkan pada proses peternakan beragam macam lebah hingga akhirnya menghasilkan madu yg mampu menyembuhkan beragam macam penyakit yg ada.

Awal lahirnya lebah, proses terbentuknya sarang hingga mengeluarkan madu, segala dapat diketahui di tempat ini. Seseorang yg ditugaskan oleh pihak pengelola bersiap menjelaskan perihal itu segala dengan rinci.

“Hallo, selamat siang. Apa kabar? Selamat tiba di Honey Bee Farm,” sapa seseorang pria dengan Bahasa Indonesia yg sangat fasih. Pria pelontos itu ternyata asli orang Indonesia yg telah lama menetap d Thailand.

Setelah diperhatikan dengan seksama, ia malah lebih mirip dengan Van Diesel, pemeran Dominic Toretto dalam film terkenal Fast and Furious. Sayang, ia tak memperkenalkan namanya, kita pun lupa bertanya perihal itu.

Oleh kembarannya Van Diesel, pertama-tama kalian digiring buat melihat dua rumah lebah yg telah didesain sedemikian rupa, termasuk menjelaskan dengan detail setiap isinya. Salah satunya adalah rumah lebah yag dihuni oleh salah sesuatu macam lebah paling mencengangkan, yakni seekor lebah betina yg setiap kali kawin dengan lebah jantan, maka pada ketika itu juga sang jantan segera meregang nyawa. Beliau menambahkan, kalau madu yg dihasilkan oleh lebah yg sesuatu ini yaitu salah sesuatu yg terbaik di dunia.

Setelah coba memegang salah sesuatu tempat pembiakan lebah, kalian kemudian diajak memasuki sebuah ruangan yg didominasi dekorasi serba sarang lebah. Di ruangan inilah kita mendengar penjelasan panjang lebar tentang proses pembiakan madu di Honey Bee Farm ini, termasuk macam penyakit apa saja yg mampu diobati dengan madu yg dihasilkan di tempat ini dan cara mengkonsumsinya. Sayang, di ruangan ini kami tak diperbolehkan mengambil gambar dengan leluasa.

Selain madu, ada macam hasil pembiakan lebah yang lain yg juga diolah di sini, yakni bee pollen. Bee pollen yaitu serbuk kuning yg melekat pada tubuh si lebah, yaitu hasil dari kerja keras lebah yg mengumpulkan sebuk sari bunga.

Setelah diteliti, ternyata bee polleh memiliki khasiat yg tak kalah manjur dari madu, diantaranya adalah mampu menyembuhkan gangguan pada saluran pencernaan dan gangguan pada THT. Selain itu, ada royal jelly (ekstrak susu lebah), yg salah satunya berkhasiat membersihkan pembuluh darah bagi membantu menstabilkan kolesterol dan hipertensi.

Bagaimana, sangat bermanfaat bukan? Itu sebabnya, tempat ini wajib didatangi ketika jalan-jalan ke Thailand. Apalagi, pengunjung mampu menikmati madu secara cuma-cuma di sini. Soal rasa, telah pasti manis sekali.

Selain itu, untuk para pengunjung yg tertarik bagi membawa beragam hasil olahan madu ini, mampu dibeli segera di tempat ini. Pihak pengelola juga menyediakan jasa pengiriman segera ke Indonesia buat pengunjung yg tak mau repot membawa sendiri, apalagi kalau telah berurusan dengan otoritas bandara.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/08/22/105500/3275233/1025/yang-beda-di-thailand-datang-ke-peternakan-lebah
Terima kasih sudah membaca berita Yang Beda di Thailand, Datang ke Peternakan Lebah. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Yang Beda Di Thailand, Datang Ke Peternakan Lebah"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.