Wisman Menyukai Aneka Kerajinan Kerang Di Lovina

No comment 150 views

Berikut artikel Wisman Menyukai Aneka Kerajinan Kerang di Lovina, Semoga bermanfaat

SINGARAJA, KOMPAS.com – Wisatawan mancanegara (wisman) di obyek wisata Lovina, Kabupaten Buleleng, Bali, sangat menyukai berbagai macam kerajinan kerang karena memiliki keindahan yg elok dipandang mata.

“Langganan kita banyak dari wisatawan luar Indonesia tiba ke Lovina. Mereka sangat tertarik dengan kerajinan kerang yg tak bisa ditemukan di negara mereka,” kata Luh Asri, salah seorang pedagang di Lovina, Senin (26/12/2016).

Ia mengatakan, berbagai macam kerajinan kerang yg sangat diminati wisatawan seperti aneka macam kalung, gelang, hiasan kepala dan berbagai macam kerajinan lainnya.

Menurutnya, wisatawan yang berasal Eropa paling banyak memesan berbagai macam kerajinan kerang. “Paling banyak dari Belanda karena memang yg ke Lovina paling banyak dari sana (Belanda),” ujarnya.

(BACA: Perlu Kesabaran buat Lihat Lumba-lumba di Lovina)

Asri menuturkan, akhir tahun yaitu berkah baginya karena tamu yg tiba ke Lovina naik signifikan dari hari biasanya. “Tamunya ramai, jadi banyak dagangan aku yg laku,” katanya.

Ia menceritakan, dalam sehari bisa menjual berbagai macam kerajinan kerang sebesar Rp 200.000 sampai Rp 400.000 tergantung macam dan ukuran kerang tersebut.

“Kerang sangka yg besar kalian jual Rp 100.000. Jadi kalau yg laku harganya lebih mahal aku mendapatkan untung lebih besar. Namanya rezeki telah ada yg ngatur, disyukuri saja,” paparnya.

Pedagang lain, Made Angga mengungkapkan, cenderamata berupa kerang berasal dari dua pengepul di daerah itu. Terlebih lagi, Buleleng yaitu daerah pantai sehingga gampang mendapatkan berbagai macam kerang laut.

“Pengepul biasanya mampu saja dari berbagai wilayah di Buleleng. Mereka yg memasok cenderamata yg telah jadi atau ada yg membeli bahan baku kemudian diolah kembali,” kata Angga.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/12/27/103400127/wisman.menyukai.aneka.kerajinan.kerang.di.lovina
Terima kasih sudah membaca berita Wisman Menyukai Aneka Kerajinan Kerang di Lovina. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Wisman Menyukai Aneka Kerajinan Kerang Di Lovina"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.