Wisata Seru Keliling Museum Di Bandung

No comment 38 views

Berikut artikel Wisata Seru Keliling Museum di Bandung, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Bandung tak cuma dikenal karena udaranya yg sejuk dan gadisnya yg cantik. Di sini juga terdapat sejumlah museum yg mampu dikunjungi.

Bandung tampaknya terus ada di hati warga Jakarta. Walaupun buat menuju ke Bandung berkurang kenyamanannya karena kemacetan, tetapi tetap banyak warga Jakarta yg berkunjung ke kota Paris van Java ini.

Banyak yg ditawarkan dari kota Bandung ini, wisata alam, wisata belanja, wisata kuliner, wisata sejarah dan wisata museum. Ya, Bandung memiliki dua museum yg patut bagi dikunjungi.

Kali ini aku ke Bandung memang sengaja bagi mengunjungi dua museum selain tentunya mencicipi makanan tradisionalnya. Sesampainya di Bandung dan sebelum memulai wisata museum, aku mencicipi lotek di Jalan Macan. Mirip dengan gado-gado tapi dengan tambahan kencur di bumbunya.

Museum pertama yg aku kunjungi adalah museum Geologi yg menurut buku panduan diresmikan pada 16 Mei 1929. Koleksi museum berupa batuan, mineral dan fosil tersebar dalam beberapa lantai.

Tak cuma memajang barang-barang koleksi tapi di dalam museum ini juga terdapat alat peraga gempa bumi. Pengunjung bisa merasakan getaran gempa vertikal dan horisontal pada alat ini.

Sebagian besar pengunjung di museum ini adalah rombongan dari sekolah, baik dari Bandung maupun kota-kota yang lain di luar Bandung. Setelah puas mengelilingi Museum Geologi, aku melanjutkan perjalan ke museum Pos dan Giro yg letaknya tak jauh dari Museum Geologi.

Di museum yg berdiri pada tahun 1931 memajang tak cuma bermacam perangko namun benda-benda pendukung pos dan perkembangannya. Di antaranya dua kotak pos, alat pengangkut pos termasuk sepeda-sepeda kuno yg lalu digunakan sebagai sarana transportasi bagi mengantar surat.

Saat ke museum Pos dan Giro ini cuma aku pengunjung yg mengelilingi museum. Sebelum melanjutkan kunjungan ke museum berikutnya, aku mampir ke PT Rasa, salah sesuatu restoran legendaris di Bandung buat makan siang.

Museum ketiga yg aku kunjungi adalah Museum Schoemaker yg terletak di di dalam Hotel Prama Grand Preanger. Museum ini didekasikan bagi Charles Prosper Wolff Schoemaker.

Beliau adalah arsitek yg merancang dua bangunan di Bandung termasuk hotel Prama Grand Preanger, Gedung Merdeka dan Villa Isola di Jalan Setiabudhi, Bandung yg sekarang menjadi gedung rektorat Universitas Pendidikan Indonesia.

Di dalam museum ini dipanjang foto-foto bangunan hasil karya CPW Schoemaker. Beliau juga dosen pengajar di Institut Teknologi Bandung dan salah sesuatu mahasiswanya adalah Ir. Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia.

Saya sempat tersasar di dalam hotel ketika mulai menuju museum ini karena minimya petunjuk. Sama seperti di museum Pos dan Giro, di museum ini pun cuma aku yg berkunjung.

Museum terakhir yg aku kunjungi dalam sesuatu hari di Bandung adalah Museum Konperensi Asia Afrika yg sangat terkenal itu. Saya tuliskan Konperensi karena sesuai dengan nama yg tercantum di gedung museum tersebut.

Sesuai dengan namanya, museum yg diresmikan pada 24 April 1980 ini memajang koleksi barang-barang yg berhubungan dengan Konperensi Asia Afrika yg berlangsung pada tahun 1955 termasuk Dasa Sila Bandung dalam dua bahasa sesuai dengan Negara-negara peserta KAA.

Selesai telah wisata museum di kota Bandung. Dan menutup perjalanan hari ini, aku mampir ke kedai Kopi Purnama bagi menikmati Es Kopi.

Nah, selain wisata kekininan, wisata museum yg ada di Bandung pun bisa dimasukkan dalam daftar kunjungan berikutnya.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/04/03/103200/3419480/1025/wisata-seru-keliling-museum-di-bandung
Terima kasih sudah membaca berita Wisata Seru Keliling Museum di Bandung. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Wisata Seru Keliling Museum Di Bandung"