Wisata Sambil Belajar Di Penangkaran Penyu Pangandaran

No comment 92 views

Berikut artikel Wisata Sambil Belajar di Penangkaran Penyu Pangandaran, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Batu Hiu tidak cuma menyajikan pemandangan pantai yg memesona. Di sana traveler juga mampu melihat penyu-penyu di penangkaran yg ada.

Batu Hiu adalah sebuah pantai berbukit yg menjorok ke laut. Dapat ditempuh selama 45 menit dari Batu Karas. Akses sangat gampang seandainya kami ingin kembali ke Pangandaran dari Batu Karas. Batu Hiu memiliki pemandangan lepas ke Samudera Hindia yg biru dengan ombaknya yg ganas, menjadikan pantai ini terlarang bagi bermain air dan berenang untuk para wisatawan.

Di atas bukit banyak terdapat pohon pandan wong menjadi peneduh di kala matahari bersinar terik, rumput hijau juga tertata dengan rapi, di tepian tebingnya terdapat tempat bersantai sembari menikmati keindahan yg ditawarkan pantai ini. Di bukit kecil yg ditanami pandan wong itulah tempat yg paling pas bagi menikmati pantai Batu Hiu.

Yang unik, bagi naik ke atas bukit, kalian melewati “gerbang” bukit berupa terowongan kecil yg berbentuk ikan hiu. Jadi, seolah-olah kalian masuk ke dalam mulut ikan hiu. Sekitar 200 meter dari pinggir pantai terdapat seonggok batu karang yg menyerupai ikan hiu, karena itulah tempat ini dinamakan Batu Hiu

Terletak tidak jauh dari gerbang masuk Pantai Batu Hiu, sekitar 20 meter berjalan ke arah barat kalian menemui sebuah tempat penangkaran penyu yg dikelola oleh Kelompok Pelestari Biota Laut (KPBL) Batu Hiu.

Penangkaran penyu ini adalah salah sesuatu objek wisata edukasi yg mampu memberikan pengetahuan kepada kami terhadap jenis-jenis penyu dan seluruh hal tentang penyu. Selain itu di sini kami juga bisa mengelus-elus ataupun menggendong penyu tersebut. Jika sedang beruntung pada bulan-bulan tertentu kami bisa melepaskan tukik ke lautan lepas ataupun melihat penyu yg tiba ke pantai bagi bertelur.

Saya di sini sangat terkesan oleh Asep (kalo tak salah namanya, aku sedikit lupa) yg selama berpuluh-puluh tahun sudah mendedikasikan hidupnya buat melestarikan penyu di sekitaran pantai Pangandaran ini.

Menurut penuturan beliau, penyu ketika ini telah sangat terancam ekosistemnya akibat ulah manusia. Beruntung sekali masih ada orang-orang seperti beliau yg masih aktif hingga masa tuanya bagi melestarikan penyu.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/20/151500/3255270/1025/wisata-sambil-belajar-di-penangkaran-penyu-pangandaran
Terima kasih sudah membaca berita Wisata Sambil Belajar di Penangkaran Penyu Pangandaran. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Wisata Sambil Belajar Di Penangkaran Penyu Pangandaran"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.