Wisata Religi Ke Masjid, Simak Dulu 6 Tipsnya

No comment 119 views

Berikut artikel Wisata Religi ke Masjid, Simak Dulu 6 Tipsnya, Semoga bermanfaat

Jakarta – Berwisata religi melihat keindahan masjid, makin banyak dikerjakan di bulan Ramadan. Selain ibadah, hati pun terhibur. Namun ada kiat khusus berwisata ke masjid.

Bagi umat muslim, berwisata religi ke masjid apalagi ketika bulan Ramadan bisa menjadi keasyikan tersendiri. Namun, masjid memiliki ketentuan-ketentuan yg harus diperhatikan traveler. detikTravel, Kamis (10/6) menghimpun dua tips berwisata religi ke masjid:

1. Cari tahu keterangan masjid dan tempat-tempat unik di sekitarnya

Sebelum berangkat berwisata religi ke masjid, ada baiknya bagi mencari keterangan seputar masjid dan tempat-tempat di sekitarnya. Kamu mampu mencari info di detikTravel atau sumber online lain.

Bisa saja ada dua hal yg tak disangka atau harus dipersiapkan sebelum berangkat. Mungkin juga terdapat tempat-tempat unik yg belum diketahui banyak orang dan asyik buat dikunjungi.

2. Berpakaian sopan

Tempat ibadah menjadi lokasi sakral bagi melakukan ritual keagamaan. Mengunjungi masjid sebagai salah sesuatu tempat ibadah wajiblah memakai pakaian rapi dan sopan bagi menghormati jemaat ataupun masjid tersebut.

Pilih pakaian yg biasa-biasa saja namun rapi, tertutup dan tak mencolok, lebih baik seandainya menyimpan terlebih dulu aksesoris atau perhiasan yg sekiranya berlebihan.

3. Patuhi aturan yg berlaku

Setiap tempat memiliki peraturan yg berbeda-beda. Jangan lupa bagi memperhatikan sekitar dan menghindari hal-hal yg tak boleh dikerjakan di kawasan masjid.

Mungkin masjid tersebut memiliki peraturan tersendiri yg berbeda masjid pada umumnya. Hindari tidur-tiduran di dalam masjid atau berias diri, sebaiknya pergi ke teras masjid atau toilet agar ketertiban tetap terjaga.

4. Abadikan momen dengan tepat

Mengambil gambar telah menjadi hal umum seandainya pergi ke tempat yg dianggap unik. Jika ketika berwisata melihat masjid travelers ingin mengambil gambar, jangan lupa perhatikan peraturan yg ada.

Bisa saja masjid tersebut memiliki tempat-tempat dimana pengunjung tak diperkenankan mengambil gambar. Ada baiknya bagi bertanya kepada pengurus atau petugas masjid.

5. Hormati orang yg sedang beribadah

Beribadah yaitu hal yg sakral antara manusia dengan sang pencipta. Hormatilah orang-orang yg sedang melakukan ibadah di dalam masjid, jangan berbicara terlalu keras atau berbuat kegaduhan. Jika ingin mengambil gambar objek seseorang perhatikan jarak agar tak menganggu orang tersebut.

6. Menjaga kebersihan dan keindahan sekitar masjid

Jadilah travelers yg baik dengan menjaga keindahan dan kebersihan di tempat-tempat yg dikunjungi. Masjid sebagai tempat beribadah harus sangat dijaga kebersihannya dengan benar.

Memang, masjid tersebut sudah memiliki pengurus atau petugas kebersihan yg membersihkan. Tapi, tetap saja menjaga lingkungan telah menjadi keharusan untuk seluruh orang.

Nah, itu tadi dua tips dari detikTravel bagi travelers yg ingin berwisata religi ke masjid. Hayo, masjid apa yg cocok buat berwisata religi dan terlintas di pikiran traveler? (wsw/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/06/09/105600/3228960/1048/wisata-religi-ke-masjid-simak-dulu-6-tipsnya
Terima kasih sudah membaca berita Wisata Religi ke Masjid, Simak Dulu 6 Tipsnya. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Wisata Religi Ke Masjid, Simak Dulu 6 Tipsnya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.