Wisata Negeri Muslim Dunia, Karena Islam Rahmat Untuk Semesta

No comment 141 views

Berikut artikel Wisata Negeri Muslim Dunia, Karena Islam Rahmat untuk Semesta, Semoga bermanfaat

Jakarta – Wisata muslim adalah sebuah tren global yg tak lagi dipandang sebelah mata oleh dunia pariwisata. Negara-negara Islam mengirimkan traveler keliling dunia, sekaligus menyediakan destinasi bagi dinikmati seluruh orang.

Sekitar 1 dekade lalu, wisata muslim masih dianggap angin dahulu dalam bisnis pariwisata dunia. Negara-negara Islam cuma dilihat sekadar sebuah destinasi eksotis belaka.

Namun, tren wisata muslim melonjak tajam dan menjadi bisnis yg sangat serius, kalau tak dibilang sebagai penyelamat industri pariwisata global yg mencapai titik jenuhnya. Travel highlight terbaru dari detikTravel sepanjang Kamis (30/6/2016) ingin mengangkat pesona negeri muslim dunia.

Negeri muslim dunia memberikan beberapa sumbangsih besar. Mereka milik jutaan traveler, mereka juga menyediakan jutaan destinasi buat dipilih. Uang jutaan dollar berputar dalam dunia pariwisata karena beberapa hal ini.

Yang menarik adalah negeri muslim dunia tak melulu harus yaitu sebuah negara Islam. Bukan negara Islam, namun memperhatikan kebutuhan wisatawan muslim, maka dapat masuk dalam pariwisata muslim.

Alat ukurnya adalah Global Muslim Travel Index (GMTI) yg dibuat oleh lembaga Crescent Rating yg diakui dunia dan pelaku usaha wisata. Ada riset terukur dengan paramater yg teruji meliputi faktor makanan halal, fasilitas tempat ibadah, kenyamanan berwisata bagi turis muslim dan lain-lain.

Dari situ terukur negara-negara muslim mana yg terbaik tahun 2016. Indonesia ada di sana di peringkat keempat mengalahkan Arab Saudi. Yang menarik, ada pula negara-negara non muslim, namun paling ramah wisatawan muslim, dapat dianggap negeri muslim juga jadinya.

Negara-negara Islam pun tampil dengan sangat meyakinkan di dalam peta pariwisata dunia karena potensi kunjungan wisatanya juga sangat positif. Arab Saudi disusul Turki dan Uni Emirat Arab yg kebanjiran wisatawan.

Di Afrika Utara ada Maroko dari tengah Eropa ada Bosnia Herzegovina. Sementara sejumlah negara muslim di Asia Tengah adalah magnet para petualang.

Di Asia, perputaran wisatawan muslim dari Asia Tenggara ke China dan sebaliknya begitu terasa. China menjelma menjadi destinasi wisata muslim, menyediakan aneka masjid bersejarah dan desa wisata Islam dari Suku Hui yg menawan. Negara-negara Asia yang lain pun mempersiapkan banyak fasilitas demi kenyamanan turis muslim.

Terlepas dari soal faktor tren, Islam telah mewariskan banyak hal buat pariwisata dunia. Ribuan masjid, museum, istana, pasar, menara, benteng dan bangunan bersejarah yg utama sudah menjadi tujuan wisata.

Kuliner, tarian, fashion, budaya, produk kerajinan, suvenir Islam menjadi bumbu seru perjalanan wisatawan. Masyarakat Islam yg multikultural meninggalkan jejak kenangan interaksi budaya antara traveler dengan warga lokal.

Wisatawan belajar soal keindahan, keramahan, keluhuran Islam dari segala hal itu. Satu hal yg mengagumkan adalah, Islam yaitu agama yg di dalam kitab sucinya menganjurkan kegiatan traveling, berjalan ke semua penjuru Bumi.

Tujuan dari traveling ke semua penjuru bumi pun sangat mulia. Islam menginginkan agar seluruh orang yg berbeda suku dan bangsa mampu saling mengenal. Begitu indah, begitu damai. Wisata muslim, wisata ke negeri muslim dan aneka sebutan yang lain adalah bukti dari dunia pariwisata, bahwa Islam adalah rahmat bagi semesta. (fay/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/06/30/073500/3245474/1382/wisata-negeri-muslim-dunia-karena-islam-rahmat-untuk-semesta
Terima kasih sudah membaca berita Wisata Negeri Muslim Dunia, Karena Islam Rahmat untuk Semesta. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Wisata Negeri Muslim Dunia, Karena Islam Rahmat Untuk Semesta"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.