Wisata Melihat Tukik Penyu Lucu, Ada Di 6 Tempat Ini

No comment 125 views

Berau – Tukik adalah anak penyu yg menggemaskan. Di Indonesia, ada dua tempat bagi melihat mereka ini. Yuk ke sana!

Hewan laut yg menggemaskan ini hidup tersebar di perairan Indonesia. Namun ada dua tempat yg lebih gampang menemukan anak penyu atau tukik dibanding tempat-tempat lainnya.

Disusun detikTravel, Kamis (26/5/2016), inilah 6 tempat melihat tukik yg lucu:

1. Pulau Sangalaki, Kalimantan Timur

(Afif/detikTravel)

Selain menjadi destinasi diving, Pulau Sangalaki di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur, juga milik penangkaran penyu. Di sini terdapat tempat khusus konservasi penyu. Semua telur penyu yg ditemukan di sekitar Kepulauan Derawan mulai dikumpulkan di sini.

Nantinya, mereka mulai dilindungi sampai lahir. Selama belum dapat dilepas ke laut, mereka hidup di kolam buatan. Di sana, ada ratusan tukik yg asyik berenang menggemaskan.

Tukik yg baru menetas segera ditaruh di sini bagi dipelihara sementara sebelum cukup besar bagi dilepas ke lautan. Salah sesuatu tips utama memegang tukik adalah memegang cangkangnya agar tukik tidak mudah jatuh.

Tiket masuk ke Pulau Sangalaki tak terlalu mahal. Untuk wisatawan domestik, dipatok harga Rp 2.000 dan buat wisatawan mancanegara sebesar Rp 15.000.

2. Pulau Kepayang, Belitung

(Muhammad Catur Nugraha/d’Traveler)

Tukik juga mampu ditemui ketika kamu liburan di Belitung, tepatnya di Pulau Kepayang. Penangkaran penyu hadir di sini dan telah menarik perhatian banyak wisatawan.

Pulau Kepayang bisa dijangkau dalam waktu sekitar 15 menit dari Pantai Tanjung Kelayang. Lokasinya berdekatan dengan Pulau Batu Berlayar.

Untuk melihat penyu–penyu yg ditangkarkan, dari tepi pulau cukup berjalan kaki sebentar saja. Terdapat dua kolam tempat menaruh tukik atau bayi penyu yg dipisahkan, sesuai dengan usia menetasnya.

Awalnya, banyak penyu yg bertelur di sini. Namun seandainya tak dijaga, maka mampu membahayakan para calon penyu tersebut. Oleh karena itu, telur ini ditempatkan di kawasan aman dari para predator.

Para tukik juga dijaga dulu sampai dianggap kuat bagi dilepas di laut. Traveler pun dapat melihat anak penyu lebih dekat, sembari mengetahui keterangan lebih dalam mengenai mereka.

3. Pantai Ngagelan, Banyuwangi

(Afif/detikTravel)

Di Taman Nasional Alas Purwo, Jawa Timur, ada sebuah pantai yg jadi favorit tempat bertelurnya penyu. Bernama Pantai Ngagelan, di sinilah pula hadir penangkaran tukik yg menggemaskan.

Pos Ngagelan letaknya tidak jauh dari kawasan hutan mangrove Bedul dan dapat dicapai dengan sepeda motor atau mobil. Letaknya persis di pinggir Pantai Ngagelan yg berpasir cokelat. Pasir pantainya pun halus dan landai. Pasti, Anda tidak tahan buat basah-basahan di sana.

Di Pos Ngagelan terdapat 10 kolam bagi tukik dan di sebelahnya ada tempat telur-telur penyu yg ada di bawah pasir pantai. Tukik di sini diberi makan ikan kecil yg dipotong kecil-kecil. Setelah tiga bulan, mereka mulai dilepas kembali ke lautan.

Satu kolamnya ada banyak tukik penyu abu-abu, jumlahnya mungkin puluhan. Wisatawan pun boleh melihatnya dari dekat. Banyak wisatawan yg telah tiba dan segera jatuh cinta dengan hewan imut yg sesuatu ini.

4. Pantai Sukamade, Banyuwangi

(Robbie K/d’Traveler)

Selain di Pantai Ngagelan, tukik juga dapat ditemui di Pantai Sukamade, Banyuwangi. Bedanya, pantai ini berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Pantai ini yaitu zona pemanfaatan intensif buat pengamatan telur penyu dan pelepasan tukik. Di pantai ini traveler mampu menyaksikan secara segera ketika penyu bertelur.

Perjalanan menuju Pantai Sukamade sangat menantang, jalan yg kasar tidak beraspal dan dua kali melewati sungai harus di jalani. Rute tersbut mulai dilalui sepanjang 60 km atau ditempuh dalam waktu 4 jam.

Selain melihat penyu bertelur, traveler juga mampu melihat para tukik yg telah menetas. Gemas!

5. Pulau Kemujan, Karimunjawa

(Anita Fahliza/d’Traveler)

Bagi kamu yg hendak liburan ke Karimunjawa dan ingin melihat tukik, mungkin mampu mengarah ke Pulau Kemujan. Tak cuma ada penangkaran hiu, tetapi juga ada penangkaran penyu langka.

Penangkaran hiu ada di Pulau Menjangan Besar, di sana ada juga penyu dewasa. Nah seandainya ingin melihat tukik atau anak penyu, mampu mengarah ke Pulau Kemujan.

Di Pulau Kemujan, tukik-tukik ini dirawat sampai dewasa. Setelah dewasa, barulah penyu-penyu ini dilepaskan ke laut.

Tak sedikit, jumlah telur penyu yg sukses menetas sampai ratusan. Tukik yg dirawat menjadi dewasa hingga dilepas ke laut pun tidak kalah banyak.

6. Gili Trawangan, Lombok

(Afif/detikTravel)

Selain mampu menikmati pantai dan alam bawah laut yg memukau, traveler juga dapat bertemu dengan para tukik lucu ketika liburan ke Gili Trawangan. Letak penangkaran yg ada di tepi laut pun memudahkan siapa saja buat menengoknya.

Lokasinya berada di pinggiran pantai dan berada di ruangan beratap yg luas. Di dalamnya terdapat tiga kolam besar dengan berbagai ukuran penyu, ada yg masih bayi atau disebut tukik hingga penyu yg ukurannya besar.

Berbagai turis mancanegara pun kelihatan lalu-lalang di penangkaran penyu tersebut. Mereka mampu melihat keterangan jelas tentang kehidupan penyu melalui papan besar.

Penangkaran penyu di sana dikelola oleh masyarakat Gili Trawangan. Mereka sengaja membangunnya buat menjaga kelestarian penyu di sekitar Gili Trawangan. Penyu yg dinilai telah kuat dan besar, bakal mereka lepas ke laut.

Biaya buat masuk ke penangkaran penyu tersebut adalah secara sukarela. Nantinya, biaya yg didapatkan mulai dipakai buat konservasi penyu, baik buat membeli makan, kesehatan, atau buat biaya renovasi bangunannya. (shf/krn)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/05/26/115500/3218214/1519/wisata-melihat-tukik-penyu-lucu-ada-di-6-tempat-ini
Terima kasih sudah membaca berita Wisata Melihat Tukik Penyu Lucu, Ada di 6 Tempat Ini. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Wisata Melihat Tukik Penyu Lucu, Ada Di 6 Tempat Ini"