Wisata Lokasi Syuting ‘Kuch Kuch Hota Hai’ Sampai ‘Jodha Akbar’ Di India

Berikut artikel Wisata Lokasi Syuting ‘Kuch Kuch Hota Hai’ Sampai ‘Jodha Akbar’ di India, Semoga bermanfaat

Mumbai – Para pecinta film Bollywood pasti senang berkelana keliling tempat syuting film ketika liburan ke India. Berikut 5 destinasi yg jadi tempat syuting film India.

Dari sekian banyak hal yg terkenal di India, salah satunya adalah produksi film Bollywood. India milik lokasi syuting yg eksotis, bahkan film Hollywood juga syuting di sana.

detikTravel, Kamis (25/8/2016) pun mengumpulkan 5 destinasi di India yg pernah jadi tempat syuting film yg terkenal. Penasaran? Yuk intip:

1. Ooty, Tamil Nadu

(tamilnadu-tourism.com)

Lokasi pertama yaitu salah sesuatu tempat syuting film legendaris Kuch Kuch Hota Hai. Ooty atau singkatan dari Udhagamandalam adalah sebuah kota yg berada di Tamil Nadu.

Film ini sempat mengabadikan keindahan Kota Ooty dalam scene meeting Kajol dan Shah Rukh Khan dalam bentuk lagu yg meriah. Ooty terkenal dengan Queen of Hills Station, dan di sanalah syutingnya berlangsung.

Dalam lagu, para pemain penting ini bernyanyi sambil melewati jembatan dengan latar danau dan hijaunya pepohonan di sekeliling. Sungguh cantik.

Keindahan Ooty telah terkenal di kalangan turis baik dari dalam maupun luar negeri. Biasanya banyak turis yg mengarah liburan ke sini pada musim panas.

2. Dharavi

(BBC)

Masih ingat film Slumdog Millionaire? Nah, kampung nan kumuh itu sungguhan ada di India dan bernama Dharavi. Kampung Dharavi berada di salah sesuatu kota besar di India merupakan Mumbai.

Orang yg tinggal di sana adalah mereka yg ingin pindah ke Mumbai tetapi ingin menekan pengeluaran. Karena biaya begitu murah seandainya tinggal di sini.

Karena saking murahnya, kampung itu kelihatan begitu kumuh dan kemiskinan benar-benar kentara di setiap sudut kampung. Inilah yg jadi latar film dari Slumdog Millionaire.

Di mana seorang anak dari Dharavi mengikuti kuis adu kecerdasan dan pengetahuan. Mengagumkannya, sang anak berhasil menjawab pertanyaan demi pertanyaan.

Kalau kamu ke Mumbai, sempatkan buat menengok kampung kumuh yg pernah jadi syuting film Slumdog Millionaire ini ya!

3. Ladakh

(Jessica Arawinda/d’Traveler)

Selanjutnya adalah film ‘3 Idiots’ yg sempat booming pada tahun 2009. Bercerita tentang petualangan 3 sahabat di universitas yg membuat mereka disebut 3 Idiots.

Dalam film, banyak destinasi cantik di India yg dipamerkan. Salah sesuatu yg terindah adalah jalur Leh Manali Highway. Jalan ini menghubungkan Leh di Ladakh dan Manali di Himachal Pradesh.

Jalur ini buka cuma pada musim panas merupakan Mei dan Juni. Karena seandainya di bulan lain, jalurnya kadang tertutup salju. Dalam film, mereka melintas jalan ini dengan memakai sepeda motor.

Pada kenyataannya pun begitu. Jalur ini terus menarik para biker yg ingin touring di kaki Pegunungan Himalaya. Pemandangannya luar biasa cantik!

4. Pondicherry

(pondicherryinfo.in)

Satu lagi film yg mengangkat sekelumit keindahan India adalah “Life of Pi”. Film Hollywood ini berkisah petualangan antara seorang anak manusia dan seekor harimau. Mereka mengarungi lautan lantaran kapal yg ditumpangi tenggelam di tengah laut.

Film ‘Life of Pi’ berawal dari sebuah kebun binatang punya keluarga Patel di Pondicherry, India. Dalam film garapan Ang Lee itu, diceritakan Pondicherry sebagai kota bekas jajahan Prancis. Hal itu benar adanya. Pondicherry, sampai sekarang, milik julukan ‘French Riviera of the East’.

Inilah kota favorit liburan akhir minggu buat wisatawan domestik yang berasal Chennai dan Bangalore. Pondicherry milik deretan pantai cantik, yg paling terkenal adalah Promenade Beach. Pantai ini berlokasi di Beach Road, yg akan sore jalanannya ditutup bagi kendaraan umum.

Promenade Beach membentang 1,5 km di pinggir jalan. Namun pantai ini bukan bagi berenang, karena adanya pembatas segera dengan jalanan. Pantai berpasir putih bagi berenang adanya di Auroville Beach, sekitar 12 km sebelah utara Pondicherry.

5. Agra

(travel.india.com)

Yang terakhir adalah Jodha Akbar, film serial India yg bergenre sejarah. Kisahnya mengambil latar abad ke-16 mengenai kisah sejarah kerajaan Mughal.

Banyak peninggalannya yg terletak di Agra, termasuk salah satunya Taj Mahal. Selain itu, ada pula masjid-masjid cantik. Sebuth saja Humayun Masjid yg berada di Desa Kachpura, Agra.

Masjid ini dibangun oleh Humayun yg adalah Raja Mughal kedua, ayah dari Raja Akbar, suami Ratu Jodha. Humayun pernah menguasai daerah yg kini menjadi Afghanistan, Pakistan, dan dua wilayah utara India.

Dibangun pada 1530, masjid ini berbentuk lingkaran dengan sayap di tiap sisinya. Terdapat 4 ruangan penting di masjid ini. Kaligrafi Islam terukir di dua tempat termasuk mihrab. Masjid ini masih dalam keadaan asli sampai sekarang.

(rdy/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/08/25/085002/3283033/1520/wisata-lokasi-syuting-kuch-kuch-hota-hai-sampai-jodha-akbar-di-india
Terima kasih sudah membaca berita Wisata Lokasi Syuting ‘Kuch Kuch Hota Hai’ Sampai ‘Jodha Akbar’ di India. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Wisata Lokasi Syuting ‘Kuch Kuch Hota Hai’ Sampai ‘Jodha Akbar’ Di India"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.