Wisata Kuliner Sedap Di Jakarta, Coba Sop Buntut Cut Meutia

No comment 148 views

Berikut artikel Wisata Kuliner Sedap di Jakarta, Coba Sop Buntut Cut Meutia, Semoga bermanfaat

Jakarta – Jalan-jalan di Jakarta ada banyak pilihan wisata kuliner legendaris. Salah satunya adalah Sop Buntut Cut Meutia yg ada sejak tahun 1970.

Dari namanya, Sop Buntut Cut Meutia ada di dekat Masjid Cut Meutia di Gondangdia. Lokasi persisnya ada di Jl Menteng Kecil. Ibu Nurjanah adalah pelopor sop buntut ini dan berjualan sejak tahun 1970.

Saat detikTravel berkunjung, Minggu (26/2/2017) kawasan kuliner di Jl Menteng Kecil sedang dalam penataan ulang menjadi lebih rapi ala foodcourt yg memanjang. Tadinya gerai-gerai makanan di sini cuma deretan bangunan semi permanen. Sop buntut selesai duluan dan mampu berjualan.

“Ini baru jualan lagi sejak 8 Februari kemarin. Sama paguyuban pedagang dirapihin segala yg jualan,” kata Ruslan (52) putera Ibu Nurjanah.

Tidak basa basi, aku memesan seporsi Sop Buntut rebus dalam mangkuk berisi sayur, buntut dan kuah kaldu yg mengepul hangat. Teman makannya adalah sepiring nasi dan perkedel.

Tampak depan Sop Buntut Cut Meutia (Fitraya/detikTravel)Tampak depan Sop Buntut Cut Meutia (Fitraya/detikTravel)

Nyamm! Daging buntutnya begitu lembut karena dimasak lama. Kuah kaldu dagingnya begitu terasa. Tampak jelas remah daging yg hancur di dalam kuah yg tidak mengurangi citarasa gurih.

Sayur seperti tomat dan kol ikut dimasak dalam panci sop. Untuk yg suka sayuran sop yg segar, mungkin mulai menilainya overcooked, kecuali wortel yg memang harus dimasak lama. Tapi itu seluruh tak ada persoalan dalam rasanya.

Selain sop buntut rebus, di sini juga ada sop buntut goreng dan sop buntut bakar. Variasi menu ini bagi mengikuti perkembangan zaman.

Sop buntut ini telah ada sejak 1970 (Fitraya/detikTravel)Sop buntut ini telah ada sejak 1970 (Fitraya/detikTravel)

“Ibu dahulu yg pertama jualan di sini sama gado-gado. Sekarang sih telah banyak yg jualan. Dari awal jualannya sop buntut rebus. Baru 5 tahun terakhir jualan buntut goreng dan bakar,” kata Ruslan.

Tampak dua foto public figure di dinding rumah makan. Ada Wagub DKI Djarot dan pakar kuliner Bondan ‘Maknyuss’ Winarno. Untuk pemasakan, Ruslan mengaku tak ada pilihan khusus buat buntutnya.

“Sedapatnya saja dari penjual daging di pasar. Kita nggak milih-milih,” katanya.

Pelanggan tetapnya adalah orang-orang kantoran di kawasan Kebon Sirih dan Menteng. Banyak pula wisatawan Nusantara dari semua Indonesia.

Suasana makan di Sop Buntut Cut Meutia (Fitraya/detikTravel)Suasana makan di Sop Buntut Cut Meutia (Fitraya/detikTravel)

“Mereka kayak lagi liburan selalu mampir ke sini atau dulunya di Jakarta, pindah ke luar kota, pas ke Jakarta lagi dia makan di sini. Kalau turis bule jarang,” tutur Ruslan, meski di dinding rumah makan ada foto rombongan bule-bule.

Sop Buntut Cut Meutia buka setiap hari dari pukul 09.00-21.00 WIB, karena sekarang banyak pelanggan yg ingin makan malam dengan sop buntut. Seporsi sop buntut rebus harganya Rp 40 ribu sedangkan sop buntut goreng dan bakar Rp 45 ribu. Kalau lagi traveling di Jakarta jangan lupa mampir ya! (fay/aff)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/28/085239/3433746/1519/wisata-kuliner-sedap-di-jakarta-coba-sop-buntut-cut-meutia
Terima kasih sudah membaca berita Wisata Kuliner Sedap di Jakarta, Coba Sop Buntut Cut Meutia. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Wisata Kuliner Sedap Di Jakarta, Coba Sop Buntut Cut Meutia"