Wisata Bahari, Ujung Tombak Pariwisata Indonesia

No comment 82 views

Berikut artikel Wisata Bahari, Ujung Tombak Pariwisata Indonesia, Semoga bermanfaat

Tulamben – Kekayaan bahari menjadi keunggulan penting Indonesia dari negara lain. Oleh sebab itu, wisata bahari menjadi ujung tombak dari pariwisata Indonesia.

“Laut indonesia itu segitiga terumbu karang. Sangat bagus. Tinggal mengelola terumbu karang agar lebih bagus lagi,” ujar Bidang Koordinasi Kedaulatan Kemaritiman, Dedi Miharja pada detikTravel ketika acara press tur di Bali, Jumat (18/11/2016).

Kenapa wisata? Saat ini wisata atau traveling menjadi gaya hidup buat masyarakat dunia. Hal ini terbukti dengan naiknya angka kunjungan wisata di Indonesia menurut data statistik.

“Karena trending wisata terus naik. Penerima devisa juga selalu naik,” kata Asdep Diklat Maritim, TB Haeru Rahayu.

Ditambahkan oleh TB Haeru, kontribusi segera dari travel dan turis juga lumayan. Hal ini dikarenakan biaya wisata di Indonesia relatif murah. Sehingga wisman senang buat tiba ke sini.

Apalagi soal pariwisata diving dan snorkeling, tidak perlu diragukan keindahannya. Ada tiga hal yg perlu diperhatikan buat pembangunan wisata bahari, merupakan budaya, alam dan buatan manusia.

Ketiga hal ini harus sesuai dengan kearifan lokal. Sehingga nantinya masyarakat menjadi bagian dan penjaga dari wisata itu sendiri.

Namun, masih banyak yg perlu kalian perbaiki. Salah sesuatu masalahnya adalah sampah plastik yg berada di kawasan pantai.

Tak usah jauh-jauh ke ujung Indonesia, di Pulau Pramuka contohnya. Sampah yg ada menjadi perusak untuk keseimbangan dan ekologi laut dan tentu saja sangat tak indah dipandang.

“Beberapa waktu lalu, kita beserta utusan dari dua negara seperti Belanda, Australia dan lain-lain melakukan aksi cleaning coastal atau pembersihan pesisir pantai di Pramuka,” Ujar TB Haeru.

Untuk itu, Kemenko Maritim berharap Indonesia masih harus selalu meningkatkan SDM dan pemahaman mulai maritim. Sehingga mulai timbul kecintaan pada laut dan membangun kembali kejayaan Indonesia sebagai Negara Maritim di masa lampau. (rdy/rdy)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/11/19/083003/3349141/1382/wisata-bahari-ujung-tombak-pariwisata-indonesia
Terima kasih sudah membaca berita Wisata Bahari, Ujung Tombak Pariwisata Indonesia. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Wisata Bahari, Ujung Tombak Pariwisata Indonesia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.