Weekend Di Yogya, Maen Ke Tebing Breksi Yuk

No comment 280 views

Berikut artikel Weekend di Yogya, Maen ke Tebing Breksi Yuk, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Akhir minggu enaknya jalan-jalan di Yogyakarta. Ada Tebing Breksi yg lagi naik daun dan makin hari makin cantik.

Tebing Breksi di Yogyakarta adalah salah sesuatu tempat yg dikunjungi komunita d’Traveler buat merayakan ulang tahun yg pertama. Ia bagaikan mini Green Canyon, wisata alam dengan spot foto unik dan menarik

Yogyakarta banyak yg bilang kota dengan sejuta kenangan dan rasa kangen bagi kembali lagi bagi segala yg pernah ke Yogyakarta. Mendapat gelar sebagai kota pendidikan, kota budaya dan kota pariwisata, banyak sekali tempat wisata yg mampu didatangi ketika berkunjung ke Yogyakarta.

Semakin hari semakin banyak wisatawan yg berkunjung ke Yogyakarta, dan semakin banyak pula pilihan tempat wisata yg dapat dikunjungi. Kali ini Yogyakarta menjadi pilihan d’Traveler buat merayakan anniversary yg pertama.

Salah sesuatu tempat yg menjadi tujuan d’Traveler adalah Tebing Breksi, tempat wisata alam nan unik dengan banyak spot foto yg menawan. Tempat ini terletak di Pedukuhan Nglengkong, Groyokan Sambirejo, Prambanan.

Tebing Breksi baru dibuka buat umum pada tanggal 30 Mei 2015, tempat ini awalnya yaitu tambang batu kapur yg menjadi sumber mata pencaharian penting penduduk sekitar. Dari hasil penambangan warga, menyisakan kupasan dinding tebing setinggi kurang lebih 30 meter, ketika pemda setempat akirnya mengeluarkan perintah penghentian aktivitas pertambangan di area tersebut.

Mengingat setelah dikerjakan penelitian oleh para ahli, Tebing Breksi yaitu endapan dari abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran yg meletus kira-kira 20 juta tahun yg lalu. Kemudian oleh Sri Sultan Hamangkubuana X dinyatakan sebagai kawasan cagar budaya sama halnya dengan Candi ijo yg berada tidak jauh dari Tebing Breksi.

Penghentian aktivitas pertambangan ini kemudian memunculkan ide kreatif masyarakat setempat dan seniman lokal. Tebing yg awalnya cuma sekadar bekas tambang yg tak dilirik wisatawan perlahan tetapi pasti disulap menjadi tempat wisata yg sangat menarik.

Sejak dibuka buat umum, Tebing Breksi selalu berbenah dan mempercantik diri. Jika setahun dulu berkunjung ke sini mungkin baru melihat pahatan wayang yg berhadapan cuma di salah sesuatu dinding tebing, tapi seandainya ketika ini berkunjung ornamen pahatan dinding telah ada di dua titik dinding tebing. Tangan tangan kreatif warga dan seniman lokal mebuat semakin indah area ini dari waktu ke waktu.

“Tempat ini sangat indah dan mirip mini Green Canyon di Amerika, aku sangat penasaran makanya aku memaksakan diri buat tiba ke sini,” kata seorang pengunjung.

Sambil bercerita tentang pengalamnnya berkunjung di Amerika, bapak ini bersama 2 orang keluarganya mengambil foto dan memandang takjub ke arah pahatan di dinding tebing.

Tulisan menarik dipasang akan dari anak tangga pertama, kemudian ketika selesai menaiki anak tangga penting disambut tulisan selamat tiba di Tebing Breksi dan dua tulisan menarik lainnya dapat dijumpai di atas Tebing Breksi, sekaligus menjadi spot foto yg menarik buat pengunjung.

Dari atas tebing kelihatan pemandangan sangat indah. Candi Prambanan dan Candi Kalasan juga tampak di kejauhan. Sementara Tlatar Seneng dan parkiran kelihatan jelas dari atas tebing.

Para d’Traveler pun antusias berpose dan mengambil gambar buat dokumentasi pribadi. Ada pula yg sambil duduk menikmati pemandangan alam di sekitarnya, karena viewnya memang sangat indah dan menarik.

Tidak ada tarif retribusi ketika berkunjung ke sini. Hanya biaya parkir kendaraan (motor, mobil, bus) dan sumbangan sukarela buat pengunjung rombongan.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/04/101000/3361587/1025/weekend-di-yogya-maen-ke-tebing-breksi-yuk
Terima kasih sudah membaca berita Weekend di Yogya, Maen ke Tebing Breksi Yuk. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Weekend Di Yogya, Maen Ke Tebing Breksi Yuk"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.