Wayang Sampah, Atraksi Keren Dari Limbah Bekas Di Yogyakarta

No comment 181 views

Berikut artikel Wayang Sampah, Atraksi Keren Dari Limbah Bekas di Yogyakarta, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Traveler tentu telah tak asing dengan atraksi budaya Wayang Kulit. Salah sesuatu variannya yg menarik adalah Wayang Sampah yg dapat dilihat di Yogya dan Solo.

Perhelatan pesta boneka #5 sudah usai, rangkaian pesta boneka #5 yg berlangsung tanggal 2-5 Desember dahulu sudah menyedot banyak pengunjung baik lokal maupun dari manca negara. Pengisi acara juga tidak cuma dari dalam negeri. Acara ini didanai secara swadaya.

Berkesempatan melihat segera pementasan wayang sampah di rangkaian acara pesta boneka #5 yg berlangsung di Desa Kepek Timbulharjo, Sewon, Bantul membawa kesan tersendiri. Wayang Sampah, ya dari namanya ini tidak jauh dari sampah yg ada di sekitar kita.

Wayang Sampah sejatinya semacam wayang golek dari Jawa Barat. Oleh komunitas seniman kreatif dari kota Solo, Jawa Tengah, Wayang Sampah dikemas sedemikian rupa sehinggan menjadi tontonan menarik sekaligus ajakan kepada masyarakat buat lebih peduli mulai kebersihan lingkungan.

Bahan baku pembuatan tokoh wayang samapah sendiri berasal dari sampah plastik yg ada disekitar. Seperti diketahui, sampah plastik butuh waktu puluhan tahun buat mampu hancur sendiri, dan plastik penyumbang pencemaran lingkungan terbesar buat ketika ini.

Ditangan para seniman Solo yg peduli lingkungan dan pecinta alam inilah sampah plastik dirubah menjadi karya seni yg bernilai. Digawangi oleh Toni Konde pementasan wayang Sampah dengan tema Kong kali Kong berjalan sukses dan berhasil menghibur ratusan penonton yg berdesakan ditempat yg disediakan.

Kong Kali Kong dalam bahasa Indonesia mampu diartikan bersekutu buat hal yg kurang baik. Seperti yg dapat dilihat dari kejadian yg ada di sekitar kita, perusakan alam tidak jarang kali terjadi karena ada peran dari oknum yg turut membatu lancarnya terjadinya perusakan alam.

Seperti penggundulan hutan, pencemaran laut dan tingkat polusi udara yg seolah sangat sulit buat dibendung. Belum lagi kebiasaan masyarakat yg masih suka membuang sampah sembarangan. Permasalahan inilah yg dicoba diangkat oleh Wayang Sampah dalam pementasannya.

Isu sosial tetang pencemaran lingkungan dan dampak dari sampah dikemas sedemikian rupa menjadi pertunjukan yg sangat menghibur. Tapi pesan yg ingin disampaikan juga mampu ditangkap oleh penontonnya.

Tokoh yg ditampilkan dalam wayang sampah terbuat dari kantong plastik dan juga botol bekas dan sampah plastik lainnya yg unik dan berkarakter. Sementara sinden dan pengisi suara dari komunitas Wayang sampah Solo, musik yg mengiringi pementasan bukan dengan gamelan tetapi musik kontenporer yg diaransemen modern. Beberapa pengisi suara dari Hungaria juga ikut memeriahkan pementasan wayang Sampah.

Penonton yg hadir dibuat terkesima dengan kreatifitas komunitas Wayang Sampah. Diakhir acara tepuk tangan dan saorak sorai penonton terdengar penuh semangat dan rasa puas menikmati pertunjukan wayang sampah yg disajikan.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/13/104700/3365722/1025/wayang-sampah-atraksi-keren-dari-limbah-bekas-di-yogyakarta
Terima kasih sudah membaca berita Wayang Sampah, Atraksi Keren Dari Limbah Bekas di Yogyakarta. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Wayang Sampah, Atraksi Keren Dari Limbah Bekas Di Yogyakarta"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.