Wajib Coba! Asyiknya Mengambang Di Laut Mati

No comment 61 views

Amman – Laut Mati adalah lokasi wajib dikunjungi ketika berada di Yordania. Di sana Anda dapat menikmati rasanya mengambang di tengah air tanpa harus repot-repot berenang.

detikTravel menyambangi Laut Mati atas undangan Jordan Tourism Board (JTB) pada 16-23 Mei 2016 lalu. Lokasi Laut Mati berjarak sekitar beberapa jam perjalanan dari ibu kota Yordania, Amman.

Sebelum datang di Laut Mati, kalian mulai disuguhi berbagai pemandangan menarik alam Yordania sepanjang perjalanan. Pelancong mulai disuguhi berbagai gradasi warna pepohonan yg berbeda dari akan titik tinggi di atas permukaan laut, sampai ke Laut Mati di yg berada jauh di bawah permukaan laut. Mulai dari pohon zaitun sampai pohon pisang dengan iklim yg lebih tropis di bagian bawah.

“Warna hijau itu kelihatan di pepohonan sepanjang jalan yg cuma dapat tumbuh di ketinggian tersebut. Sungguh menarik,” cerita Waleed.

Laut Mati yaitu titik terendah di bumi. Posisinya berada sekitar 427 meter di bawah permukaan laut. Luasnya mencapai 600 kilometer persegi, dengan kedalaman airnya mencapai 304 meter.

Airnya tiba dari berbagai sungai, namun yg terbesar dari Sungai Yordania. Begitu datang di Laut Mati, air sungai itu tidak dapat bergerak lagi, karena berada di titik terendah. Tak heran, airnya memiliki kadar garam tertinggi di dunia, yg mengakibatkan manusia mampu terapung di atasnya.

Pantai di Laut Mati (Madin/detikTravel)

Untuk menikmati Laut Mati, ada beberapa pilihan. Pertama, Anda mampu mengunjungi pantai yg terbuka buat publik dengan harga tiket masuk yg relatif murah, atau dapat memilih sejumlah hotel yg tersedia di sepanjang kawasan Laut Mati. Hotel-hotel tersebut menawarkan konsep private beach, tentu dengan harga yg disesuaikan.

detikTravel menyambangi Laut Mati lewat hotel Crowne Plaza yg terletak tepat di bibir Laut Mati. Di sana, terdapat area mengambang di laut lengkap dengan kubangan lumpur yg mampu dipakai buat perawatan. Tak cuma itu, hotel bintang lima tersebut juga menawarkan kolam renang air tawar yg dapat dinikmati oleh semua keluarga. Kolam renang itu diklaim sebagai yg terbesar di Laut Mati.

“Setelah bosan mengambang di Laut Mati, mampu berenang di sini, atau ikut perawatan spa yg ditawarkan hotel,” papar Waleed.

Garam yg ada di tepiannya (Madin/detikTravel)

Saat berenang di Laut Mati, areanya cuma dibatasi dua meter dari daratan saja. Para pengunjung tak diperkenankan mengambang terlalu jauh ke tengah karena khawatir berbahaya. Sekadar diketahui, tak ada kapal, jet ski atau pilihan water sport di Laut Mati karena kadar garamnya yg tinggi.

“Air Laut Mati juga dapat membuat mata sangat perih dan dapat membuat luka di tubuh semakin perih, karena itu sebaiknya membawa kacamata berenang agar mata Anda terlindungi,” pesan Waleed.

Saat detikTravel coba berenang di Laut Mati, tak butuh waktu lama buat mampu mengambang. Begitu datang di air, apabila kalian mengangkat kaki, maka tubuh pun mulai terapung dengan sendirinya. Sejumlah orang ada yg terapung sambil membaca buku atau koran karena saking asyiknya.

Air Laut Mati sempat terasa di mulut. Rasanya sangat asin dan cenderung pahit. Selain itu, air tersebut cukup berminyak sehingga terasa lengket di kulit.

Salah seorang pengunjung ada yg terkena air Laut Mati di mata, dan menyampaikan terasa sangat perih. Petugas penjaga pantai yg berjaga di lokasi, biasanya mulai menyiram banyak air tawar bagi mengurangi sakit di mata. Luka kecil pun menjadi terasa lebih sakit, namun tidak lama kemudian hilang.

Anda tertarik mencoba?

(rdy/shf)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/05/27/085022/3219060/1520/wajib-coba-asyiknya-mengambang-di-laut-mati
Terima kasih sudah membaca berita Wajib Coba! Asyiknya Mengambang di Laut Mati. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Wajib Coba! Asyiknya Mengambang Di Laut Mati"