Vihara Paling Top Di Chiang Mai Dan Kisah Ajaibnya

No comment 81 views

Berikut artikel Vihara Paling Top di Chiang Mai dan Kisah Ajaibnya, Semoga bermanfaat

Chiang Mai – Di Chiang Mai, Thailand, ada sebuah vihara yg paling terkenal. Lokasinya di atas bukit, milik stupa emas dan kisah ajaib di balik pendiriannya.

Vihara itu adalah Wat Phra That Doi Suthep yg berada di pinggir Kota Chiang Mai, Thailand, tepatnya di Bukit Doi Suthep (1.072 mdpl). detikTravel berkunjung ke vihara paling utama di Thailand Utara ini pada Jumat (23/9/2016).

Vihara ini berjarak 15 km dari Chiang Mai dengan jalanan menanjak bukit. Dari pelataran depan vihara, pengunjung mampu memilih naik 300 anak tangga ke atas bukit atau naik kereta funicular dengan ongkos 20 Baht (Rp 7.500). Tiket masuk vihara ini murah, cuma 30 Baht (Rp 11.300).

Tiba di gerbang vihara di puncak bukit, kalian mulai melihat patung gajah putih. Patung ini menyimpan kisah ajaib soal pembangunan vihara ini pada tahun 1383.

Gajah keramat dengan kisah ajaib (Fitraya/detikTravel)Gajah keramat dengan kisah ajaib (Fitraya/detikTravel)

“Kenapa vihara ini dikeramatkan, itu terkait sejarahnya. Jadi di abad ke-14, raja dari Kerajaan Lana meminta gajah putih mengantarkan relik suci tulang bahu Buddha. Gajah itu mati di bukit ini, lantas sang raja meminta agar dibangun vihara di atasnya,” kata Pai Boon, pemandu kami.

Relik ini konon adalah relik ajaib. Sebuah tulang yg dapat menyala, menghilang dan pindah. Oleh karena itu, gajah putih dan bukit tempat kematiannya juga dianggap suci.

“Makanya tempat ini dianggap vihara paling suci di utara Thailand,” imbuhnya.

Kami pun lantas masuk ke dalam vihara, setelah melepas alas kaki. Wow, arsitekturnya dahsyat! Ada stupa tinggi menjulang berwarna emas yg berkilauan. Namun disebutkan bahan aslinya tembaga, namun ditimpa emas.

Stupa emas yg mengagumkan (Fitraya/detikTravel)Stupa emas yg mengagumkan (Fitraya/detikTravel)

Umat Buddha tampak berdoa di dua altar atau menghadap stupa. Beberapa lagi berdoa sambil berkeliling stupa dengan tangan menangkup setangkai bunga teratai.

Sementara wisatawan asyik foto-foto di berbagai sisi. Vihara ini selain menerapkan aturan buka alas kaki, juga meminta turis perempuan yg berpakaian terbuka buat menutup diri dengan scarf atau kain lainnya. Namun tetap saja dua turis tak mengindahkannya dan harus ditegur dahulu.

Setelah puas menikmati vihara ini, jangan buru-buru pulang. Di belakang vihara tersaji pemandangan indah Kota Chiang Mai.

Cara kesana:

Turis mampu naik angkot dari Vihara Wat Phra Singh di tengah kota dengan ongkos 50 Baht (Rp 18 ribu). Namun pantauan detikTravel, lebih banyak wisman beramai-ramai menyarter angkot. Ongkosnya 500 Baht (Rp 188 ribu) buat pergi dan pulang.

Umat Buddha sedang berdoa (Fitraya/detikTravel)Umat Buddha sedang berdoa (Fitraya/detikTravel)

(fay/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/25/095400/3306114/1520/vihara-paling-top-di-chiang-mai-dan-kisah-ajaibnya
Terima kasih sudah membaca berita Vihara Paling Top di Chiang Mai dan Kisah Ajaibnya. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Vihara Paling Top Di Chiang Mai Dan Kisah Ajaibnya"