Viana, Gurun Pasir Di Tengah Samudera

No comment 118 views

Berikut artikel Viana, Gurun Pasir di Tengah Samudera, Semoga bermanfaat

Rabil – Bukan di Timur Tengah atau di Mesir. Viana, adalah gurun pasir yg berada di lepas daratan Afrika dan dikepung Samudera Atlantik. Menakjubkan!

Mendengar gurun pasir, pikiran kami biasanya terlintas ke negara-negara Timur Tengah atau ke Mesir. Nyatanya, dua negara yang lain di dunia seperti Jepang juga milik bentang alam ini. Yang belum banyak orang tahu mungkin juga Anda sendiri, adalah gurun pasir Viana.

Viana adalah nama gurun pasir di negara Cape Verde. Negara berupa kepulauan kecil di lepas daratan sebelah barat Afrika. Dari Dakar, ibukota negara Senegal butuh waktu 1 jam buat terbang ke sana.

Viana berada di salah sesuatu pulanya, Boa Vista. Seperti detikTravel rangkum dari situs resmi pariwisata Boa Vista, Selasa (18/10/2016) lokasinya berada di dekat Kota Rabil yg membentang sepanjang 5 km dan lebar 1 km.

Gurun Pasir Viana yg cantik (Thinkstock)Foto: undefined
Gurun Pasir Viana yg cantik (Thinkstock)

Warna pasirnya kecokelatan dengan tekstur yg sangat halus. Bukit-bukit pasir pun membuat panoramanya makin dramatis. Ini seperti, sedang berada di tempat antah berantah!

Tapi tunggu, bagaimana yang berasal muasalnya gurun pasir ini? Para peneeliti menilai, gurun pasir tersebut terbentuk sejak ribuan tahun silam. Pasirnya berasal dari saratan Afrika yg tertiup angin dan mengendap dengan baik di tanah vulkanik.

Ditambah dengan cuaca yg kering dan jarang vegetasi, Gurun Pasir Viana sangat terjaga dengan baik. Maka dari itulah, pemerintah Cape Verde menjaga gurun pasirnya dengan sangat ketat.

Lanskap gurun pasir seperti di tempat antah berantah (Thinkstock)Foto: undefined
Lanskap gurun pasir seperti di tempat antah berantah (Thinkstock)

Pemerintah Cape Verde melarang kendaraan bermotor bagi melintasi gurun pasirnya. Selain itu, dibangun pula tembok batu yg seolah menjadi pagar gurun pasirnya, agar tak bergerak menuju laut.

Hanya ada beberapa opertaor tur yg menawarkan perjalanan ke sana yakni Boa Vista Tours dan Quad Zone. Turis dipersilakan bagi trekking dan menjelajahi bukit-bukit pasirnya, serta dilarang keras bagi membuang sampah sembarangan.

Gurun Pasir Viana begitu menakjubkan. Hamparan pasirnya sedap dipandang dan menggoda adrenalin bagi menjelajahinya. Selamat tiba di gurun pasir di tengah Samudera!

Tertarik tiba ke sini? (Thinkstock)Foto: undefined
Tertarik tiba ke sini? (Thinkstock)

(aff/aff)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/18/122517/3323302/1520/viana-gurun-pasir-di-tengah-samudera
Terima kasih sudah membaca berita Viana, Gurun Pasir di Tengah Samudera. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Viana, Gurun Pasir Di Tengah Samudera"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.