Usai Dilantik, Ini Menu Makan Siang Pertama Donald Trump

No comment 106 views

Berikut artikel Usai Dilantik, Ini Menu Makan Siang Pertama Donald Trump, Semoga bermanfaat

KOMPAS.com – Tepat hari ini, presiden terpilih AS Donald Trump melangsungkan makan siang inaugurasi (inaugural luncheon) yg berlangsung di Capitol Building, Washington DC. Donald Trump menjadi presiden ke-45 Amerika Serikat.

Tradisi makan siang inaugurasi telah mendarah daging dalam pelantikan Presiden AS. Bisa dibilang menu yg disajikan adalah makanan-makanan pertama yg disantap setelah resmi jadi presiden.

Menu yg disajikan dalam makan siang inagural terakhir Barack Obama adalah lobster dengan New England Cham Cowder, bison panggang dengan puree kentang dan lobak merah dengan saus huckleberry, serta pai apel dengan es krim sebagai penutup. Tema pada waktu itu adalah “Faith in America’s Future”.

Rumor yg beredar dua waktu dahulu menyebutkan Trump mulai menyuguhkan taco bowl dan aneka junk food kesukaan sang presiden.

Namun menu makan siang inaugurasi Trump ternyata tidak jauh berbeda dengan Obama. Menu terdiri dari tiga hidangan (pembuka, utama, penutup) dan dipasangkan dengan wine (minuman anggur) dari California. Temanya, sesuai slogan Trump, “Make America Great Again”.

Berikut daftar hidangan pada makan siang inaugurasi Donald Trump di Capitol Building, mengutip situs Mic Network, Jumat (20/1/2017):

KARIM RASLAN Materi kampanye Donald Trump.

1. Maine Lobster dan Gulf Shrimp with Saffron Sauce and Peanut Crumble. Dihidangkan bersama anggur J.Lohr 2013 Arroyo Vista Chardonnay.

2. Grilled Seven Hills Angus Beef in Dark Chocolate and Juniper Jus with Potato Gratin. Dihidangkan bersama Delicato Black Stallion 2012 Limited Release Napa Valley Cabernet Sauvignon.

3. Chocolate Souffle and Cherry Vanilla Ice Cream. Dihidangkan bersama Korbel Natural “Special Inaugural Cuvee” California Champagne.

Rupanya, presiden milyarder pertama di AS ini tak menyajikan anggur mahal dengan harga selangit. Sesuai tradisi, Trump memilih California Champagne dari Korbel yg dapat ditemukan di swalayan di semua Amerika Serikat seharga 13 dollar AS (Rp 173.000) per botol.

Walau begitu, pemilihan bahan daging Angus premium dan Maine Lobster tergolong mewah. Pressherald.com menyebutkan lobster umumnya digunakan sebagai hidangan penting dalam makan siang inaugurasi presiden-presiden AS sebelumnya. Kali ini pada Inaugurasi Trump, lobster menjadi hidangan pembuka. 

Sementara itu, seperti dikutip dari USAToday.com, Trump sendiri tak minum minuman beralkohol. Namun para tamu dapat menyesap wine California dan makan siang ditutup dengan champagne dari California.

Wine yg digunakan dibuat oleh para pembuat wine terkemuka dari California dan dicocokan dengan rasa dari tiap hidangan,” ungkap sebuah pernyataan dari Joint Congressional Committee on Inaugural Ceremonies.

http://www.sevenhillsfood.com/ steak daging angus dari Seven Hills Food, Virginia, AS.

Sesuai menu di atas, makan siang mulai diawali dengan lobster dan udang dengan saus safron dan cacahan kacang. Lobster yg digunakan Maine lobster atau lobster yg berasal dari Amerika bagian utara. Sementara udang yg digunakan merupakan Gulf shrimp berasal dari teluk Gulf Coast, selatan Amerika Serikat seperti Florida.

Bahan laut umumnya dipasangkan dengan white wine (anggur putih). Oleh karena itu, pasangan hidangan tersebut adalah white wine macam Chardonnay dari Arroyo Vista.

Hidangan kedua memakai daging sapi Angus dari Seven Hills, peternakan keluarga dari Virginia yg menjual daging Angus premium. Daging sapi Angus sendiri salah sesuatu daging sapi ekspor andalan Amerika Serikat.

Daging sapi diolah menjadi steak yg dipanggang dan diberi saus cokelat dan jus juniper (sejenis buah beri). Hidangan ini dipasangkan dengan red wine (anggur merah) macam Cabernet Sauvignon dari Napa Valley yg terkenal dengan produksi anggur macam Cabernet Sauvignon.

Dari pilihan menu tersebut, bahan yg ditonjolkan adalah bahan-bahan yg diproduksi lokal. Hal ini sejalan dengan tema yg diusung sesuai slogan Trump, “Make America Great Again”.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2017/01/20/152242327/usai.dilantik.ini.menu.makan.siang.pertama.donald.trump
Terima kasih sudah membaca berita Usai Dilantik, Ini Menu Makan Siang Pertama Donald Trump. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Usai Dilantik, Ini Menu Makan Siang Pertama Donald Trump"