Upacara Bendera Di Gunung Dan Laut Sudah Biasa, Bagaimana Jika Di Hutan Bakau?

Berikut artikel Upacara Bendera di Gunung dan Laut Sudah Biasa, Bagaimana jika di Hutan Bakau?, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengibarkan bendera di puncak gunung atau di dasar laut pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia mungkin terdengar biasa. Namun, bagaimana seandainya mengibarkan bendera di area hutan bakau penuh lumpur dengan kaki telanjang?

Sebuah komunitas bernama KeMANGTEER Indonesia bersama dengan Yayasan IKAMaT, CV. KeMANGI, dan KeSEMaT mengadakan upacara pengibaran bendera di area hutan bakau Pantai Maron di Kelurahan Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah pada 17 Agustus 2016 mendatang.

Kegiatan ini rencananya mulai dilaksanakan pada pukul 09.30 WIB. Sekretaris Jenderal KemangTeer Indonesia, Doni Latuparisa mengatakan, kegiatan pengibaran bendera di area hutan bakau sudah dikerjakan sejak beberapa tahun terakhir.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan bagi mengkampanyekan ke segala masyarakat tentang pentingnya ekosistem mangrove.

“KeMANGTEER Indonesia menginisiasi gerakan upacara di lumpur mangrove sebagai media kampanye bagi mengatakan pesan-pesan utama tentang ekosistem mangrove. Kita mengajak masyarakat khususnya anak muda bagi turut serta dalam upacara ini. Biasa anak muda kan upacara di puncak gunung atau dasar laut (dive). Nah, kami di lumpur mangrove,” jelas Doni ketika dihubungi KompasTravel, Minggu (14/8/2016).

Sementara itu Ketua Penyelenggara Pengibaran Bendera di Area Hutan Bakau Pantai Maron, Ganis Riyan Efendi menuturkan, pemilihan area Pantai Maron bagi kegiatan upacara bendera merah putih karena di sana memiliki ekosistem hutan bakau. Selain itu, dengan adanya penyelenggaraan upacara bendera merah putih, panitia juga ingin memperkenalkan area Maroon Mangrove Edu Park.

“(Maroon Mangrove Edu Park) termasuk masih baru. Tahun-tahun sebelumnya pernah di Pantai Trimulyo sama Mangkang,” ujar Ganis ketika dihubungi KompasTravel.

Pihak penyelenggara memberikan kesempatan buat masyarakat umum bagi ikut berpartisipasi dalam acara pengibaran bendera merah putih di area hutan bakau Pantai Maron. Jika ingin mengikuti acara cukup registrasi dengan format pendaftaran MANGROVER_NAMA LENGKAP_INSTANSI ke nomor 085740787051.

Penyelenggara tidak memungut biaya seandainya ingin mengikuti upacara bendera di area hutan bakau Pantai Maron. Penyelenggara mengimbau buat registrasi terlebih dulu pada pukul 08.30 WIB.

Pantai Maron terletak di sebelah barat Semarang, di sekitar muara sungai Silandak. Pantai Maron yaitu salah sesuatu pantai wisata yg dimiliki Kota Semarang. Maroon Mangrove Edu Park adalah salah sesuatu ekowisata mangrove yg diinisiasi oleh PT. Phapros dan Pusdik Penerbangan Angkatan Darat. Lokasi Maroon Mangrove Edu Park berada di Pantai Maron dan bersebelahan dengan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/08/15/050200427/upacara.bendera.di.gunung.dan.laut.sudah.biasa.bagaimana.jika.di.hutan.bakau.
Terima kasih sudah membaca berita Upacara Bendera di Gunung dan Laut Sudah Biasa, Bagaimana jika di Hutan Bakau?. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Upacara Bendera Di Gunung Dan Laut Sudah Biasa, Bagaimana Jika Di Hutan Bakau?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.