Uniknya Asal-usul Semur, Makanan Perpaduan Tiga Bangsa

No comment 102 views

Berikut artikel Uniknya Asal-usul Semur, Makanan Perpaduan Tiga Bangsa, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com — Semur yaitu olahan daging dengan cita rasa legit yg berasal dari penggunaan kecap manis. Ada sensasi rempah karena menggunakan rempah khas Indonesia, seperti kemiri, pala, ketumbar, jinten, kayu manis, dan cengkeh.

Lauk semur hadir di meja makan orang Indonesia terutama saat hari raya Idul Fitri. Namun, ternyata semur memiliki sejarah yg unik. Semur adalah hasil akulturasi budaya berbagai bangsa, yakni Indonesia, China, dan Belanda.

“Tradisi dari zaman purba setiap masyarakat pasti milik cara mengolah daging dan cara mengawetkan daging tersebut. Daging semur adalah tradisi purba dari Indonesia. Kemudian tiba pendatang dari China minta dibuatkan masakan kampung halamannya yg bahannya dari sari ikan kek,” kata sejarawan JJ Rizal pada acara Peluncuran Peta Kuliner Nusantara di Gedung BukaLapak, Jakarta (26/11/2016).

Menurut Rizal, karena kebanyakan pendatang dari China adalah laki-laki, mereka kemudian memperistri perempuan Melayu.

“Sang istri yg orang Melayu memasukkan unsur mereka dengan gula jawa. Maka, jadilah kecap manis,” katanya.

Uniknya, yg memberi nama masakan tersebut, lanjutnya, bukanlah orang China pendatang ataupun sang istri orang Melayu.

“Orang Belanda yg justru memberi nama masakan ini semur yg artinya daging dengan rasa manis yg dimasak empuk. Uniknya lagi semur dimakan di tradisi Islam, ketika Lebaran,” kata JJ Rizal.

Sejarah makanan Indonesia seperti semur inilah yang, menurut JJ Rizal, patut dirayakan sebagai bagian dari budaya bangsa.

“Dari meja makan kami mampu melihat persatuan dan kekerabatan kalian menjadi nation (bangsa) indonesia,” tuturnya.

Umumnya semur memakai daging sapi. Namun, kini semur hadir dalam berbagai rupa, seperti semur tahu hingga semur jengkol.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/11/27/090015627/uniknya.asal-usul.semur.makanan.perpaduan.tiga.bangsa
Terima kasih sudah membaca berita Uniknya Asal-usul Semur, Makanan Perpaduan Tiga Bangsa. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Uniknya Asal-usul Semur, Makanan Perpaduan Tiga Bangsa"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.