Unik, Ada Batu Berdaun Di Pantai Kepri

No comment 34 views

Berikut artikel Unik, Ada Batu Berdaun di Pantai Kepri, Semoga bermanfaat

Jakarta – Tiap pantai di Indonesia pasti memiliki ciri khas tersendiri. Tahukah traveler seandainya ada pantai di Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) bernama Batu Berdaun?

Kenapa? Karena, di tepian pantai bertengger bongkahan batu jumbo ditumbuhi daun serta pohon. Keunikan tersebut menjadikan magnet buat wisatawan.

Entah berapa tahun usia batu dan pohon tersebut muncul di lokasi tersebut. “Sejak aku kecil, batu berdaun ini telah ada di tempat sekarang,” ucap Nur (38), warga Dabo Singkep, ketika mengantar sejumlah jurnalis bersama perwakilan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) di Desa Daun Berbatu, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Kepri, Sabtu (25/3/2017).

Penampakan pohon di batuPenampakan pohon di batu (Baban/detikTravel)

Menatap segera dari dekat, wujud batu ‘kekar’ ini menjulurkan sejumlah pohon berbatang kecil yg hingga kini tetap tumbuh. Bukan sulap, bukan pula sihir, proses kemunculan pohon pada batu karang hitam pekat ini terjadi secara alami.

Pohon berdaun yg melekat di batu tersebut, informasinya yaitu macam pohon laban dan cemara. Penampakan batu berdaun itu sepintas mirip salah sesuatu tipe bentuk bonsai merupakan gaya saike atau miniatur alam.

Suasana sekitar di pantai Batu Berdaun kelihatan asri lantaran tumbuh aneka flora. Sejumlah bangunan saung berdiri di tepian pantai.

“Ombaknya tenang kalau di sini. Biasanya ramai kalau ketika lebaran dan tahun baru. Kalau hari biasa, memang sepi,” ujar Nur.

Pohon hidup di atas batuPohon hidup di atas batu (Baban/detikTravel)

Pantai Batu Berdaun berjarak sekitar 9 kilometer dari daerah Dabo, ibukota Kecamatan Singkep, yg bisa ditempuh selama 15 menit memakai kendaraan roda beberapa atau empat dengan kecepatan sedang. Masuk ke area wisata ini tanpa dipungut biaya alias gratis.

Kecamatan Singkep masuk wilayah Pulau Singkep di Kepri yg memiliki rute angkutan udara penerbangan perintis. Maspakai Susi Air yg melayani penerbangan perintis ini dengan menyiapkan pesawat tipe NC212-200 yg dikembangkan oleh PTDI.

Akses menuju Pantai Batu Berdaun di Singkep ini mampu melalui Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Kota Pekanbaru, Riau, dahulu mendarat di Bandara Dabo Singkep dengan jelajah tempuh penerbangan selama 1,5 jam. (bbn/msl)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/03/26/093958/3457149/1519/unik-ada-batu-berdaun-di-pantai-kepri
Terima kasih sudah membaca berita Unik, Ada Batu Berdaun di Pantai Kepri. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Unik, Ada Batu Berdaun Di Pantai Kepri"