Uji Nyali Meniti Jembatan Kanopi Di Jantung Kuala Lumpur

No comment 137 views

Berikut artikel Uji Nyali Meniti Jembatan Kanopi di Jantung Kuala Lumpur, Semoga bermanfaat

Kuala Lumpur – Kuala Lumpur milik hutan belantara di tengah kota. Salah sesuatu cara menikmatinya merupakan dengan meniti jembatan kanopi setinggi 20 meter yg menembus hutannya.

Hutan kota bernama Bukit Nanas Forest Reserves ini yaitu satu-satunya areal hutan yg masih terjaga keasriannya, meskipun dikelilingi oleh gedung-gedung pencakar langit Kuala Lumpur. Cara menikmatinya tentu saja dengan melihatnya dari ketinggian, lewat Canopy Walk alias Jembatan Kanopi yg sengaja dibuat berkeliling kawasan ini.

detikTravel berkesempatan mengunjungi kawasan hutan lindung ini, dalam rangka Media Trip Hotel Oasia Suites Kuala Lumpur, pada Minggu (24/7/2016). Jarak antara Oasia Suites dengan Bukit Nanas Forest Reserves sangat dekat, cuma butuh 5 menit berjalan kaki.

Begitu menginjakkan kaki ke dalam kawasan hutan, detikTravel segera disambut oleh seorang pemandu yg mengenalkan diri dengan nama Awang. Awang pun segera mengajak detikTravel buat segera menuju ke Canopy Walk dan mengelilingi kawasan Hutan Bukit Nanas.

“Ini kalau dalam bahasa Melayu namanya Titian Silarah. Titian artinya jembatan, Silarah itu rerimbunan pohon atau kanopi pohon. Jadi Titian Silarah itu Jembatan Kanopi,” jelas Awang.

Jembatan kanopi setinggi kurang lebih 20 meter (Wahyu/detikTravel)

Sambil berjalan, Awang pun bercerita tentang berbagai macam flora yg menjadi penghuni hutan yg berada di ketinggian 94 mdpl ini. Beberapa yg menarik antara yang lain kayu gaharu, serta dua pohon yg telah berusia lebih dari 100 tahun. Sayang karena kendala bahasa, nama dua pohon ini tak mampu dicari persamaannya dalam bahasa Indonesia.

Sambil meniti jembatan kanopi, traveler dapat sambil menguji nyali juga, karena di sepanjang perjalanan jembatan ini mulai bergoyang-goyang dengan cukup hebat. Apalagi letaknya yg cukup tinggi dari permukaan tanah, sekitar 18-20 meter. Namun tenang saja, jembatan ini aman bagi dinaiki dan tak ada batasan jumlah orang tertentu buat melewatinya.

Tetapi ada juga dua orang traveler yg takut ketinggian lebih memilih buat meniti jalur trekking yg berada di atas tanah. Padahal jembatan kanopi yg berdiri tegak di antara rerimbunan pohon tinggi ini menjadi daya tarik penting di Bukit Nanas Forest Reserves.

Traveler coba meniti Jembatan Kanopi (Wahyu/detikTravel)

“Jembatan ini panjangnya sekitar 200 meter. Tidak perlu takut, aman. Pegang kanan kiri juga tidak apa,” kata Awang meyakinkan.

Meski agak takut-takut, akhirnya godaan pemandangan hijaunya Hutan Bukit Nanas yg dikelilingi gedung pencakar langit Kuala Lumpur memang tidak mampu ditolak. Karena dari sesuatu jembatan ke jembatan lainnya, ada shelter tempat traveler mampu beristirahat, sambil melihat-lihat pemandangan dari ketinggian.

Pemandangan hutan kota seluas 9,3 hektar yg kontras ini dapat traveler nikmati dengan gratis bila melancong ke Kuala Lumpur. Asal dengan sesuatu sayarat, traveler minta cap masuk gratisnya terlebih dulu kepada petugas yg berjaga di Kuala Lumpur Tower setiap harinya.

Berani coba? (Wahyu/detikTravel)

(rdy/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/25/074552/3260142/1520/uji-nyali-meniti-jembatan-kanopi-di-jantung-kuala-lumpur
Terima kasih sudah membaca berita Uji Nyali Meniti Jembatan Kanopi di Jantung Kuala Lumpur. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Uji Nyali Meniti Jembatan Kanopi Di Jantung Kuala Lumpur"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.