Turis Di Lombok Bertambah, Warga Diajak Benahi Destinasi Tete Batu

Berikut artikel Turis di Lombok Bertambah, Warga Diajak Benahi Destinasi Tete Batu, Semoga bermanfaat

Lombok Timur – Di Lombok Timur ada destinasi Desa Wisata Tete Batu yg suasananya mirip Ubud di Bali. Seiring kunjungan meningkat, warga diajak melakukan pembenahan.

Salah sesuatu destinasi berbasis alam yg berada di Lombok Timur, merupakan Desa Wisata Tete Batu mulai diperbaiki. Sejumlah warga, kelompok sadar wisata, serta industri diajak rembugan oleh Disbudpar NTB mengembangkan daerah tersebut karena jumlah kunjungan turis selalu meningkat.

“Tidak ada kata belum bersiap dalam sebuah pariwisata. Apa yg ada di Tete Batu hari ini yg mampu dikembangkan?” ujar Kadisbudpar NTB Lalu M Faozal ketika berdiskusi di Wisma Soedjono, Sabtu (22/10/2016).

Faozal mengatakan, sepanjang perjalanan ketika dirinya memasuki desa ini banyak yg perlu dibenahi dan peningkatan potensi destinasi. Ia pun memberi kesempatan dan mengajak warga buat bersama-sama membangunnya.

Kadisbudpar NTB Lalu M Faozal memberikan penjelasan (Masaul/detikTravel)Kadisbudpar NTB Lalu M Faozal memberikan penjelasan (Masaul/detikTravel)

“Ayo kalian susun kebutuhan dalam jangka pendek dulu. Kita jangan saling menunggu antar lembaga pemerintahan. Kita diskusi ini dalam rangka menyonsong pariwisata halal. Karena brand halal telah ada di kalian dan spot-spotnya pun harus terdapat seluruh kebutuhan halal,” urai Faozal.

“Kita dari provinsi mulai memberi dukungan real seperti pembuatan brosur dan peta wisata di Tete Batu,” imbuh dia.

Faozal menambahkan dalam penjelasannya terdapat aksi 1 juta pohon di tempat wisata pada tahun 2017 dan Desa Tete Batu termasuk di dalamnya. Selain promosi, kegiatan pembersihan dan pengelolaan sampah serta pembanguna toilet umum serta prasarana sarana umum mulai diutamakan di tempat ini.

Salah sesuatu peserta diskusi dari Pokdarwis Tete Batu, Anton (29), menyebut kebutuhan penting di tempatnya adalah keberadaan rumah pojok keterangan buat turis. Ketiadaan rumah tersebut selama ini masih ditopang dengan menumpang di rumah-rumah warga.

Suasana diskusi warga Desa Tete Batu (Masaul/detikTravel)Suasana diskusi warga Desa Tete Batu (Masaul/detikTravel)

“Di desa ini ada sejumlah aktivitas untuk turis, merupakan salah satunya treking. Mulai meningkat jumlah kunjungannya, kalian ingin rumah informasi, yg berguna bagi berkumpul membahas kawasan ini,” ucap Anton.

“Penataan lingkungan pun perlu dikerjakan seperti pengelolaan sampah dan pembangunan jalan harus dilakukan,” imbuh dia.

Selain itu, Anton menginginkan adanya pembinaan untuk pemandu wisata yg dirasa belum pernah diperhatikan. Rancangan ke depan bagaimana pengembangan destinasi Tete Batu harus langsung dipikirkan bersama.

“Kami harus dibina bagaimana kedepannya membangun kawasan ini. Hal ini tentu tak mulai lepas dari peran serta pemerintah. Kami juga ingatkan bahwa perhatian ini tak cuma bagi Desa Tete Batu tapi di kawasan lingkar Tete Batu,” tutup dia.

Suasana seperti di Ubud, Bali (Masaul/detikTravel)Suasana seperti di Ubud, Bali (Masaul/detikTravel)

(fay/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/23/084900/3327163/1382/turis-di-lombok-bertambah-warga-diajak-benahi-destinasi-tete-batu
Terima kasih sudah membaca berita Turis di Lombok Bertambah, Warga Diajak Benahi Destinasi Tete Batu. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Turis Di Lombok Bertambah, Warga Diajak Benahi Destinasi Tete Batu"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.