Trik Untuk Dapatkan “Early Check-in” Dan “Late Check-out” Di Hotel

Berikut artikel Trik untuk Dapatkan “Early Check-in” dan “Late Check-out” di Hotel, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Mayoritas hotel di Indonesia menerapkan waktu check in yakni pukul 14.00 dan check out pukul 12.00 keesokan harinya. Namun rupanya ada istilah early check in dan late check out. Apa itu?

Terkadang check in dan check out yang cukup ketat terkadang menyusahkan wisatawan. Misal, ketika mereka datang di destinasi tujuan pada pagi hari.

(Baca: Jam Berapa Kita “Check-in” dan “Check-out” di Hotel?)

Oleh karena itu, ada istilah early check-in dan late check-out. Early check in adalah saat tamu masuk kamar hotel sebelum pukul 12.00. 

“Misal, pesawat kami tiba pukul 7 pagi. Pada ketika reservasi hotel, usahakan komunikasikan hal tersebut. Sertakan flight detail atau arrival time pada ketika memesan kamar hotel. Kemudian minta early check in baik lewat internet atau telepon,” papar T Marlene Danusutedjo,¬†seorang marketing communications di hotel berbintang lima yg telah malang melintang di dunia perhotelan selama 25 tahun, kepada KompasTravel.

Komunikasi kepada pihak hotel adalah hal terpenting seandainya Anda ingin early check in. Dengan begitu, meskipun belum pukul 14.00, Anda mampu segera bertolak ke hotel dan beristirahat. Namun, mampu atau tidaknya early check in bergantung pada okupansi hotel pada hari Anda menginap.

Sama halnya dengan late check out, saat Anda keluar kamar hotel setelah pukul 12.00. Misal, di hari tersebut Anda ikut half day tour dan tidak sempat packing pagi harinya. Mintalah kepada resepsonis buat late check out.

“Biasanya dikasih kelonggaran waktu hingga sesuatu jam. Tapi kembali lagi, bergantung pada okupansi hotelnya,” tambah Marlene.

Lalu bagaimana seandainya hotel yg bersangkutan tak mengabulkan permintaan early check in ataupun late check out? Tenang, Anda dapat menitipkan barang bawaan ke concierge sampai waktu yg ditentukan.

Misal Anda tiba ke kota tujuan pukul 08.00. Sambil menunggu waktu check in yakni pukul 14.00, Anda mampu tiba ke hotel buat menitipkan barang bawaan.

“Waktu luang ini mampu dimanfaatkan bagi sarapan, jalan-jalan,” tutur Marlene.

Hal serupa juga mampu dikerjakan seandainya Anda tak mendapatkan late check out. Titipkan saja barang di concierge dan habiskan waktu jalan-jalan di destinasi Anda sebelum pulang.

Di Bali, dua hotel menyediakan fasilitas buat Anda yang early check in atau late check out. Hal tersebut diungkapkan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, Cok Ace.

“Ada dua hotel yg menyediakan ruangan sendiri, lengkap dengan shower untuk yg check in lebih cepat atau check out lebih lama. Ada juga yg menerapkan biaya sendiri. Tergantung masing-masing hotelnya,” tambahnya.

Ada dua hal yg menentukan mampu atau tidaknya Anda mendapatkan kedua fasilitas tersebut dari hotel. Pertama, soal low season dan peak season.

“Biasanya kalau peak season, hotel tak dapat menyediakan early check in ataupun late check out. Jadi kemungkinan mulai lebih besar seandainya low season,” papar Cok Ace.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/03/141100427/Trik.untuk.Dapatkan.Early.Check-in.dan.Late.Check-out.di.Hotel
Terima kasih sudah membaca berita Trik untuk Dapatkan “Early Check-in” dan “Late Check-out” di Hotel. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Trik Untuk Dapatkan “Early Check-in” Dan “Late Check-out” Di Hotel"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.