Traveler Penggila Bola, Ini 6 Klub Dengan Stadion Termegah Di Eropa

Berikut artikel Traveler Penggila Bola, Ini 6 Klub dengan Stadion Termegah di Eropa, Semoga bermanfaat

Madrid – Traveler penggila bola, pasti tahu klub-klub sepakbola mana saja terbaik di dunia. Termasuk stadion-stadion megahnya, yg jadi mimpi bagi didatangi.

Kebanyakan, traveler penggila bola pasti jadi fansnya klub-klub sepakbola di Eropa. Tak hanya menontonnya dari layar kaca, tetapi ada suatu keinginan bagi tiba segera ke stadionnya.

Itu sebabnya, stadion punya klub-klub ternama menjadi destinasi wisata olahraga. Ada sejarah klub tersimpan di sana, serta atmosfer yg tidak terlukiskan ketika menonton segera pertandingannya.

Disusun detikTravel, Kamis (15/9/2016) inilah 6 stadion sepakbola paling megah di Eropa dari Santiago Bernabeu sampai Etihad Stadium dan milik jadwal tur stadion bagi turis:

1. Allianz Arena, Jerman

(Nurvita Indarini/detikTravel)(Nurvita Indarini/detikTravel)

Siapa lagi klub raksasa di Jerman kalau bukan Bayern Munich. Dominasinya di liga tidak terpatahkan, apalagi setiap musim terus milik dan memunculkan pemain bintang. Sebut saja Manuel Neur, Arjen Robben hingga Robert Lewandowski.

Kandangnya Bayern Munich adalah Allianz Arena, yg yaitu stadion termegah di Jerman. Terletak cukup jauh dari pusat kota Munich, di pinggiran sebelah utara, stadion berkapasitas sekitar 71 ribu orang itu dijuluki ‘Schlauchboot’ oleh orang Jerman, karena bentuknya menyerupai perahu karet yg mampu dipompa dengan gas.

Stadion ini diresmikan tahun 2004 silam, dengan biaya pembangunan mencapai 340 juta Euro atau sekitar Rp 4 triliun. Allianz Arena dibungkus oleh ribuan panel timah bermotif polkadot putih, yg dirancang khusus sehingga bisa memancarkan warna putih, merah, dan biru langit.

Para traveler penggemar Bayern Munich dapat ikut paket tur ke stadionnya. Dengan harga 12 Euro atau setara Rp 176 ribu, kalian mulai diajak mengelilingi stadionnya sampai ke ruang ganti pemain. Lihatlah pakaian-pakaian para pemain dan poster-posternya. Tur berlangsung selama 60 menit.

2. San Siro, Italia

(Eka Yulia/dTraveler)(Eka Yulia/dTraveler)

Inilah beberapa klub raksasa sarat sejarah di Italia, AC Milan dan Inter Milan. Uniknya beberapa klub ini menempati sesuatu stadion yg sama tetapi namanya berbeda. Fans AC Milan menyebutnya San Siro dan fans Inter Milan menyebutnya Giuseppe Mezza.

Baiklah kalian sebut San Siro saja ya karena situs resminya sendiri bernama sansiro.net. Stadion San Siro berada di Kota Milan yg telah berdiri sejak tahun 1925. Kini, kapasitasnya bisa menampung 80 ribu penonton.

Bagi para penggemar AC Milan dan Inter Milan, stadion ini menawarkan tur ke dalam stadion serta museumnya. Turis mulai diajak mengelilingi stadion sampai ke ruang ganti, yg menarik paling saja ke museumnya.

Di dalam museumnya tersimpan banyak piala yg dimenangkan baik oleh AC Milan dan Inter Milan. Turis bebas berfoto di mana saja, termasuk di pinggir lapangan. Harga turnya sekitar 17 Euro atau sekitar Rp 251 ribu. Pemandu wisatanya ada yg dapat berbahasa Indonesia lho!

3. Emirates Stadium, Inggris

(arsenal.com)(arsenal.com)

Salah sesuatu stadion yg megah di Inggris adalah Emirates Stadium. Traveler yg suka nonton liga Inggris, pasti telah tahu ini adalah markasnya klub sepakbola Arsenal. Salah sesuatu klub raksasa di London.

Diresmikan tahun 2006, Emirates Stadium sebenarnya yaitu ‘rumah’ kedua Arsenal, menggantikan stadion Highbury yg sudah dipakai selama 93 tahun. Emirates Stadium mampu menampung hingga 60 ribu penonton.

Menariknya, Emirats Stadium menawarkan tur unik yakni Self-Gude Audio Tour. Memakai earphone, turis mulai mendengarkan keterangan tentang stadion dan sejarah Arsenal dari suara Bob Wilson, sang pemain legendaris Arsenal.

Turis mulai berjalan melewati lorong pemain, ruang ganti, ruang jumpa pers hingga ke pinggir stadion. Masuk jugalah ke dalamn museum, buat melihat trofi-trofi yg pernah dimenangkan pasukan ‘Meriam London’. Tiket turnya dibandeol 10 Poundsterling atau setara Rp 174 ribu.

4. Old Trafford, Inggris

(Myfebryansyah/dTraveler)(Myfebryansyah/dTraveler)

Inilah stadion yg disebut-sebut termegah di tanah Inggris, Old Trafford. Markas klub Manchester United ini telah berdiri sejak tahun 1910 yg kini dapat menampung hingga 76 ribu penonton. ‘The Theatre of Dreams’, inilah julukan stadionnya.

Para fans Manchester United pasti bermimpi buat tiba ke sana. Berfoto di depan lambang klubnya di pinggir lapangan, berfoto di ruang ganti dengan latar jersey-jersey punya Rooney hingga Ibrahimovic. Serta, berfoto dengan deretan trofi si ‘Setan Merah’.

Old Trafford pun memberikan kesempatan para fans bagi jalan-jalan dan tur di dalam stadionnya. Tur berlangsung dari pukul 09.00 sampai 16.00 waktu setempat. Selain itu, jangan lupa juga buat nongkrong di Red cafe yg suasananya serba merah. Glory Glory Manchester United!

5. Santiago Bernabeu, Spanyol

(Titry Frilyani/dTraveler)(Titry Frilyani/dTraveler)

Beralih ke Spanyol, siapa yg tidak kenal Santiago Bernabeu kandangnya Real Madrid. Stadion ini diresmikan pada 14 Desember 1947, dengan renovasi sebanyak beberapa kali, merupakan pada tahun 1982 dan 2001 dan bisa menampung hingga 120 ribu lebih penonton!

Dengan harga tiket 20 Euro atau sekitar Rp 300.000, turis mampu masuk dan berfoto ria di dalam stadion tersebut. Selain melihat stadion dari bangku penonton dan jarak dekat, kalian juga bisa mengunjungi museum kecil yg terdapat di dalam stadion. Di dalamnya terdapat berbagai barang-barang yg berhubungan dengan Real Madrid. Terdapat piala-piala kemenangan yg dipajang, dahulu ada jersey kit dari tahun ke tahun, dan juga koleksi bola yg pernah dipakai.

Spot yg paling diincar bagi berfoto, yakni di pinggir lapangan dengan tulisan Real Madrid CF. Bergayalah di sana ala selebrasi Cristiano Ronaldo atau dengan gaya jari yg membentuk hati layaknya Gareth Bale.

6. Camp Nou, Spanyol

(Myfebryansyah/dTraveler)(Myfebryansyah/dTraveler)

Tak lengkap rasanya, seandainya tak menyandingkan Real Madrid dan Barcelona. Dua seteru abadi yg masing-masing stadionnya pun tidak kalah megah. Selamat tiba di markasnya Lionel Messi cs, Camp Nou!

Camp Nou memiliki kapasitas mampu menampung 98 ribu penoton. Tur ke dalam stadionnya bernama Camp Nou Experience, mulai mengajak turis selayaknya pemain Barcelona. Kita mulai dibawa menjelajahi sudut stadionnya.

Setelah memasuki ruang ganti, kami mulai berjalan menuju Players Tunnel. Foto-foto Lionel Messi, Neymar serta pemain Barcelona lainnya menghiasi dinding. Tak ketinggalan, mulai singgah juga di FCB Museum yg berisi gelar juara dari ajang kompetisi Liga Spanyol atau Liga Champions Eropa dan cerita pemain-pemain hebat Barcelona sepanjang sejarah, seperti Ronaldinho, Patrick Kluivert atau Luis Enrique.

Tiket tur stadionnya dibanderol seharga 23 Euro atau setara Rp 341 ribu. Visca Barca!

(rdy/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/15/075535/3298309/1520/traveler-penggila-bola-ini-6-klub-dengan-stadion-termegah-di-eropa
Terima kasih sudah membaca berita Traveler Penggila Bola, Ini 6 Klub dengan Stadion Termegah di Eropa. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Traveler Penggila Bola, Ini 6 Klub Dengan Stadion Termegah Di Eropa"