Tour De Singkarak, Wisata Olahraga Paling Keren Di Indonesia

Berikut artikel Tour de Singkarak, Wisata Olahraga Paling Keren di Indonesia, Semoga bermanfaat

Padang – Bicara soal wisata olahraga, tidak lengkap rasanya tanpa menyebut Tour de Singkarak. Inilah event lomba balap sepeda paling populer dan juga keren di Indonesia.

Bercerita tentang Tour de Singkarak, orang pasti tak ada yg menyangka lomba balap sepeda ini dapat jadi event yg sebesar seperti sekarang. Dulu ketika awal pembuatannya, banyak yg mencibir event wisata olahraga ini mulai sukses. Namun sekarang, Tour de Singkarak jadi ajang balap sepeda paling populer di negeri ini.

Dihimpun detikTravel dari dua sumber, Kamis (15/9/2016), Tour de Singkarak pertama kali digelar pada tahun 2009. Sejak ketika itu, Tour de Singkarak menjadi gelaran lomba balap sepeda yg rutin digelar setiap tahun di Sumatera Barat, dan setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan dan perbaikan.

Ajang balap sepeda ini juga tercatat dalam agenda Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International). Balap sepeda ini menjadi ajang yg dinanti-nantikan oleh para atlet nasional maupun internasioal, terutama warga Sumbar itu sendiri.

Pertama kali digelar, Tour de Singkarak menempuh jarak sejauh 464,7 Km. Kini, di tahun ketujuh penyelenggaraannya Tour de Singkarak total melintasi jarak 1.100 Km. Jarak sejauh itu terdiri dari 8 etape berbeda.

Tour de Singkarak pertama kali digelar pada tahun 2009Tour de Singkarak pertama kali digelar pada tahun 2009

Penyelenggaraan tahun 2016 ini, Tour de Singkarak dimulai dari Solok hingga Payakumbuh sejauh 96,6 Km. Kemudian berturut-turut dilanjutkan dari Kabupaten Limapuluh Kota hingga ke Tanah Datar, Pasaman-Pasaman Barat, Padang Panjang-Agam, Pesisir Selatan-Pariaman. 3 Rute terakhir merupakan Padang Pariaman-Sawahlunto, Sijunjung-Dharmasraya, dan ditutup Bukittinggi-Padang.

Rute tempuh balap sepeda Tour de Singkarak sengaja melewati dua destinasi wisata unggulan di Sumatera Barat. Destinasi tersebut antara yang lain Lembah Harau, Danau Maninjau, Danau Singkarak, Kelok 9, hingga Danau Di Atas dan Danau Di Bawah.

Seakan belum cukup, Istana Pagaruyuang, Pantai Tiram, Pantai Carocok, Masjid Raya Sumbar dan masih banyak lainnya juga turut dipromosikan di ajang Tour de Singkarak. Titik start dan finish perlombaan ini memang sengaja ditempatkan di spot spot wisata agar penonton dan atlet makin semangat berlomba.

Balap sepeda ini melintasi dua destinasi wisata di SumbarBalap sepeda ini melintasi dua destinasi wisata di Sumbar

Bisa dibilang, ajang balapan ini berhasil mengangkat nama objek-objek wisata di Sumbar, serta menggaungkan pariwisata Sumbar di mata dunia internasional. Orang kini jadi lebih mendengar dan familiar tentang destinasi wisata di Sumbar.

Selain menikmati para atlet berlomba menggenjot sepeda, banyak penonton yg sengaja nonton Tour de Singkarak karena tertarik pada destinasi wisata yg dilintasi oleh para pebalap. Sementara para pebalap konsentrasi saling adu cepat, para penontonnya asyik selfie-selfie sambil menikmati pemandangan alam Sumbar yg indah.

Kini, pagelaran Tour de Singkarak jadi ajang balap sepeda paling prestisius di Indonesia. Brandingnya telah sangat matang, tinggal pintar-pintarnya kami menjual ajang wisata olahraga ini sebagai bagian dari atraksi paket wisata yg dapat menarik wisatawan buat liburan ke Sumbar.

 Tour de Singkarak kini terus ditunggu-tunggu wisatawan dan juga atlet yg tidak sabar buat berlomba Tour de Singkarak kini terus ditunggu-tunggu wisatawan dan juga atlet yg tidak sabar bagi berlomba

(rdy/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/15/073505/3298304/1519/tour-de-singkarak-wisata-olahraga-paling-keren-di-indonesia
Terima kasih sudah membaca berita Tour de Singkarak, Wisata Olahraga Paling Keren di Indonesia. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Tour De Singkarak, Wisata Olahraga Paling Keren Di Indonesia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.