Tips Mencari Hotel Di Yogyakarta Saat Musim Liburan

No comment 127 views

Berikut artikel Tips Mencari Hotel di Yogyakarta Saat Musim Liburan, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Yogyakarta kerap menjadi destinasi liburan wisatawan nusantara. Hal itu terbukti dengan tingginya tingkat hunian hotel di Yogyakarta.

Public Relations Hotel Santika Premiere Jogja Satri N menyampaikan tingkat hunian di hotelnya kerap penuh pada musim liburan. Tingkat hunian hotel di Yogyakarta menurut Satri mencapai 80 persen pada musim liburan sekolah atau akhir minggu panjang.

Nah, dahulu bagaimana agar tetap dapat berlibur dan menginap di hotel sekitar Yogyakarta ketika musim liburan? Director of Sales Hotel Santika Premiere Jogja, Dono Prasetyo dan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Istidjab M Danunagoro berbagi tips memilih hotel di Yogyakarta pada musim liburan.

Cek Online Travel Agent (OTA)

Musim liburan menurut Istidjab adalah masa-masa peak season yg kelihatan dengan tingginya tingkat hunian hotel. Ia menyarankan wisatawan bagi memesan lewat OTA.

Wisatawan mampu mengecek harga, kelas hotel, fasilitas hotel yg dimiliki, dan memesan kamar. Menurut Istidjab, dengan bantuan OTA, wisatawan tidak perlu mengelilingi hotel bagi mencari kamar.

Cari hotel di luar lokasi Ring 1 Yogyakarta

Di Yogyakarta dikenal memiliki zonasi hotel yg ditentukan dari jauh dekatnya Keraton Yogyakarta. Dono menyampaikan seandainya hotel-hotel di seputar Jalan Malioboro yg termasuk Ring 1 penuh, wisatawan dapat mencari di zona Ring 2 dan 3.

Dono menyebutkan, zona Ring 2 terletak selepas Monumen Tugu Yogyakarta sekitar 2-3 kilometer ke sisi luar. Sementera zona Ring 3 terletak di daerah Kaliurang hingga Bantul.

Istidjab menjelaskan, terdapat banyak hotel-hotel non bintang yg tidak terhubung dengan OTA di area luar Kota Yogyakarta. Ia menyebutkan terdapat 1.100 hotel non bintang yg berjumlah total 13.500 kamar yg tersebar di Kaliurang atau yg terdekat dari Keraton Yogyakarta seperti di Prawirotaman 3.

Pesan minimal seminggu

Ada baiknya memesan hotel seminggu sebelum berangkat ke Yogyakarta. Dono menyebut, waktu sesuatu pekan itu adalah waktu terbaik bagi memesan kamar hotel buat wisatawan yg memakai mobil pribadi ketika berwisata di Yogyakarta.

Dono menambahkan, bagi wisatawan yg memakai kendaraan umum buat menuju dan mengelilingi Yogyakarta ada baiknya memesan kamar hotel lebih dari seminggu sebelum keberangkatan. Hal itu mengantisipasi wisatawan tidak mampu kamar hotel dan mesti mengelilingi dari hotel ke hotel.

Hindari last minute booking

Hotel-hotel di Kota Yogyakarta kerap penuh jelang liburan. Dono menyarankan bagi menghindari memesan hotel last minute seandainya ingin berwisata ke Yogyakarta.

Selain, berisiko tidak bisa kamar hotel, wisatawan juga mulai mendapatkan harga kamar yg tertinggi. Harga yg tinggi itu karena hotel-hotel dengan kelas budget maupun kelas terendah sudah habis terjual.

Pastikan keterangan hotel tempat menginap

Dono mengatakan, lebih baik bagi memastikan keterangan tentang hotel-hotel yg mulai ditempati. Pastikan keterangan tentang jumlah kamar, fasilitas yg dimiliki, jarak dengan tempat wisata, harga, dan keterangan lainnya.

Pastikan akomodasi hotel yg mulai diinapi sesuai dengan rencana. Biasanya jelang liburan di Yogyakarta, permintaan kamar hotel mulai meningkat dan menyebabkan harga kamar bervariasi dari berbagai tipe.

Pilih hotel non budget

Biasanya, hotel-hotel budget atau berbintang tiga mulai jadi incaran wisatawan saat berwisata ke Yogyakarta. Dono mengatakan, wisatawan mampu memilih hotel-hotel berbintang empat atau lima di Yogyakarta.

Hotel-hotel bintang empat atau lima biasanya memiliki sisa-sisa kamar yg dapat wisatawan inapi.

Tak perlu pusing soal hotel ketika liburan di Yogyakarta, ikuti saja kuis “Take Me Anywhere 2” yg diadakan KompasTravel bersama Oppo. Cukup klik link berikut buat mengikuti kuis tersebut: Mau Liburan Gratis di Yogyakarta? Ikuti Kuis “Take Me Anywhere 2”

Pemenang mulai mendapatkan kesempatan liburan gratis yg seru ke Yogyakarta selama tiga hari beberapa malam. Hadiah telah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone Oppo F1s.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/09/15/131200027/tips.mencari.hotel.di.yogyakarta.saat.musim.liburan
Terima kasih sudah membaca berita Tips Mencari Hotel di Yogyakarta Saat Musim Liburan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Tips Mencari Hotel Di Yogyakarta Saat Musim Liburan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.