Tips Bird Watching Di Raja Ampat

No comment 160 views

Berikut artikel Tips Bird Watching di Raja Ampat, Semoga bermanfaat

Waisai – Berkunjung ke habitat asli cendrawasih di Raja Ampat itu susah-susah gampang. Bukan cuma harus sabar, tetapi traveler juga harus mematuhi dua aturannya.

Menemui sang burung surga di Hutan Sapokren, Raja Ampat menjadi tantangan buat para traveler. Tak mampu segera melihat cendrawasih begitu saja, traveler mulai diuji treking dan kesabaran ketika mencari jejak burung cantik ini.

Disusun detikTravel, Rabu (22/3/2017) berikut 7 tips buat menyaksikan burung cendrawasih atau watching bird di Raja Ampat:

1. Jangan pakai kosmetik atau parfum

Peraturan pertama yg harus ditaati adalah tak memakai kosmetik yg beraroma menyengat. Karena penciuman burung sangatlah peka.

Bukan cuma parfum, pengunjung mulai diminta buat tak memakai deodoran. Bahkan kalau dapat tidak perlu mandi. Supaya tak ada aroma menyengat dari tubuh yg tercium oleh cendrawasih.

2. Jangan saltum

Untuk bertemu dengan cendrawasih, traveler mulai melalui treking ke dalam hutan dengan durasi yg tidak tentu. Jalan yg terjal dan licin.

Sehingga kostum yg nyaman dan tertutup mulai lebih baik buat digunakan. Lagipula di Hutan Sapokren yg jadi rumah cendrawasih ini masih terdapat banyak lalat babi yg menghisap darah. Usahakan bagi menggunkan pakaian yg tertutup ya.

3. Berbicara seperlunya

Pada ketika treking, traveler mulai diminta buat berbicara dengan suara yg pelan dan seperlunya. Karena bukan hanya penciuman, pendengaran burung juga sangat tajam.

Sehingga suara bising mulai membuat cendrawasih terganggu dan pergi dari tempat tersebut. Bahkan saat telah berada di sekitar sarang cendrawasih, traveler diharuskan bagi tak berbicara sama sekali.

4. Mengendap-endap

Begitu sampai di area sekitar cendrawasih, traveler diharuskan buat mengendap-endap dan tak terlihat. Karena gerakan yg tiba-tiba mulai membuat cendrawasih kaget dan terbang menjauh.

5. Siapkan lensa tele

Burung cendrawasih bukanlah hewan dengan ukuran yg gampang dilihat. Ia mungil dan lincah.

Cendrawasih umumnya hinggap dan menari di pohon yg tinggi. Untuk dapat mengabadikan momen ini, sebaiknya traveler menyiapkan lensa jarak jauh. Jadi jangan sekali-kali berpikiran bagi memotret burung ini dengan kamera handphone ya.

6. Bawa minum

Pencarian cendrawasih di dalam hutan memang susah-susah gampang. Kadang mampu dengan gampang ditemui, tidak jarang harus berjalan memutar dan mendengarkan suara cendrawasih terlebih dahulu.

Untuk itu, traveler diharapkan buat membawa minum. Karena treking mulai membutuhkan banyak tenaga.

7. Jangan buang sampah sembarangan

Sampah bisa merusak lingkungan. Buat traveler yg membawa botol plastik atau bungkusan makanan, agar membawa kembali turun sampahnya.

Karena Hutan Sapokren yg jadi habitat cendrawasih masuk ke dalam wilayah konservasi. Bahkan para warga desa memiliki kebiasaan bagi bergotong-royong membersihkan sampah dari area hutan dan desa.

(rdy/fay)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/03/22/094036/3453311/1048/tips-bird-watching-di-raja-ampat
Terima kasih sudah membaca berita Tips Bird Watching di Raja Ampat. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Tips Bird Watching Di Raja Ampat"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.