Tips Belanja Tape Ketan Ember, Oleh-oleh Tersohor Dari Kuningan

No comment 164 views

Berikut artikel Tips Belanja Tape Ketan Ember, Oleh-oleh Tersohor dari Kuningan, Semoga bermanfaat

KUNINGAN, KOMPAS.com – Mudik melewati Kuningan, Jawa Barat, ini belum lengkap tanpa membawa buah tangan. Salah sesuatu yg sangat tersohor ialah Tape Ketan Ember Kuningan.

Kuliner yg yaitu fermentasi tape di ember ini gampang ditemui di jalan-jalan besar Kuningan ataupun sentra oleh-oleh. Saking banyaknya, memilih tape yg pas buat dibawa pulang yaitu hal yg perlu Anda ketahui.

Erna Soen, Manager “Teh Diah”, salah sesuatu sentra oleh-oleh Kuningan yg terus ramai dikunjungi wisatawan berbagi tips memilih tape ketan yg benar. Ia menyampaikan memilih tape ketan harus disesuaikan dengan ke mana panganan itu dibawa, memakai apa, dan berapa lama perjalanan.

“Ada beberapa macam Tape Ketan Kuningan di berbagai sentra oleh-oleh sesuai kematangannya, yg matang dan yg belum atau matang dua hari lagi. Ada dua ciri bagi membedakan keduanya,” ujar Erna kepada KompasTravel ketika mengunjungi sentra oleh-oleh Teh Diah, Jumat (8/7/2016).

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Setiap libur Lebaran, kota ini dipadati oleh para pemudik tujuan Cirebon, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur, pusat oleh-oleh punkerap dipadati wisatawan yg singgah.

Berikut tips memilih tape ketan sesuai kebutuhan, yg dihimpun KompasTravel:

1. Perjalanan jauh pilih yg belum matang

Bagi yg ingin membawa Tape Ketan Kuningan ke daerah yang berasal yg jauh, Erna merekomendasikan buat membeli yg belum matang. Tape ketan yg belum matang mampu ditunggu kematangannya akan sesuatu pekan hingga beberapa hari.

Tape ketan yaitu beras ketan yg di fermentasi, sehingga umurnya cuma 10 hari di suhu ruangan dan 1 bulan di dalam kulkas. Selain agar tak gampang basi karena perjalanan, tape ketan yg belum matang tidak mengeluakan bau alkohol yg menyengat, sehingga aman dibawa di pesawat.

Sedangkan bagi perjalanan darat yg singkat, sekitar sesuatu hari, masih mampu membeli tape ketan yg telah matang.

2. Ketika libur panjang lebih baik pesan dahulu

Ketika libur panjang salah satunya libur Lebaran, para perajin tape yg memasok makanan tersebut ke sentra oleh-oleh meliburkan karyawan dan menghentikan produksinya. Sehingga tape yg tersedia di sentra oleh-oleh telah dipersiapkan jauh-jauh hari agar matang tepat di waktu libur tersebut.

Untuk wisatawan yg ingin membawa tape dalam kondisi belum matang mulai sedikit sulit. Oleh karena itu, Erna menyarankan agar memesannya terlebih lalu buat dibawa menjadi oleh-oleh.

“Bagusnya sih pesan lalu yg belum matang, mampu tiga atau beberapa hari sebelum lewat telepon atau saudara di Kuningan,” ujar Erna.

Di gerai oleh-olehnya sendiri terdapat lebih dari empat merek yg mampu dipilih oleh wisatawan. Harganya bervariasi akan Rp 60.000 dengan ember kecil berisikan 80 buah, hingga Rp 68.000 berisikan 100 buah tape ketan.

3. Naik pesawat atau tidak?

Tingkat kematangan harus disesuaikan juga dengan jarak tempuh dan kendaraan yg dipakai ketika mudik. Erna menyampaikan dua wisatawan yg membawa tape dalam kondisi matang kerap tak mampu membawanya dalam pesawat ketika pulang.

Tingkat kematangan tape sendiri maksimal 10 hari dengan suhu ruangan atau 1 bulan di dalam lemari pendingin. Jika Anda membelinya dalam kondisi belum matang, tinggal menutup embernya di suhu ruangan, tunggu dua hari maka tape tersebut mulai terfermentasi dengan sendirinya.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/10/130600027/Tips.Belanja.Tape.Ketan.Ember.Oleh-oleh.Tersohor.dari.Kuningan
Terima kasih sudah membaca berita Tips Belanja Tape Ketan Ember, Oleh-oleh Tersohor dari Kuningan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Tips Belanja Tape Ketan Ember, Oleh-oleh Tersohor Dari Kuningan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.