Tidak Selamanya Seram, Penjara Jadi Hotel Di Inggris

No comment 81 views

Berikut artikel Tidak Selamanya Seram, Penjara Jadi Hotel di Inggris, Semoga bermanfaat

Oxford – Penjara kesannya seram atau sumpek. Tapi di Inggris, penjara malah jadi hotel yg elegan. Inilah hotel prodeo dalam arti sesungguhnya.

Situs CNN Travel seperti dilihat detikTravel, Selasa (20/9/2016) pernah melansir ’15 Unusual Places to Spend A Night’. Salah sesuatu hotel yg mungkin bikin turis penasaran adalah Malmaison Oxford. Hotel yg bangunannya di zaman dahulu adalah penjara!

Sesuai namanya, Malmaison Oxford berlokasi di Kastil Oxford beralamat di 3 New Road, Oxford atau 1 jam naik kereta dari London. Kastilnya sendiri telah berdiri sejak abad ke-11 dan menjadi saksi bisu perkembangan Kerajaan Inggris dari waktu ke waktu.

Malmaison Oxford, penjara yg disulap jadi hotel (Malmaison Oxford)Malmaison Oxford, penjara yg disulap jadi hotel (Malmaison Oxford)

Sama seperti kastil-kastil pada umumnya, Kastil Oxford memiliki penjara. Sejarah mencatat, penjara di kastilnya cukup membuat bulu kuduk merinding.

Para tahanan yg mendekam di sana, baik dari pelaku kriminal sampai pembangkang mendapat perlakuan yg tak manusiawi. Satu sel yg ukurannya sempit dijubeli banyak orang. Hukuman mati pun juga berlangsung di dalam penjara, kebanyakan dengan metode hukum gantung.

Tahun 1996 penjara Kastil Oxford ditutup. Kemudian di tahun 2015, grup hotel Malmaison menyulapnya menjadi hotel butik. Sel-sel penjara yg berjumlah 95 diubah menjadi kamar.

Sel penjara yg jadi kamar hotel (Malmaison Oxford)Sel penjara yg jadi kamar hotel (Malmaison Oxford)

Kamarnya sangat nyaman nan elegan. Beberapa kamar memiliki warna yg berbeda-beda, tidak jauh-jauh dari warna cerah. Lukisan-lukisan di dinding pun tidak mengurangi elok pandangan.

Ruang makan penjaranya disulap menjadi restoran dan bar. Sedangkan lorong-lorong penjara, diberi sofa-sofa buat bersantai. Cat penjara yg telah kelupas diganti dengan yg baru. Meski begitu, bentuk bangunan aslinya yakni penjara tidaklah diubah.

Ruang makan penjara jadi restaurant dan bar (Malmaison Oxford)Ruang makan penjara jadi restaurant dan bar (Malmaison Oxford)

Kesan seram dan angker rasanya tak kelihatan di hotel Malmaison Oxford ini. Harga per malamnya dibanderol dari 174 Poundsterling atau setara Rp 2,9 juta. Menginap di hotelnya, sekalian ke Kastil Oxford yg bersejarah.

Jadi kata siapa, penjara selamanya menyeramkan…

Lorong penjara yg jadi nyaman (Malmaison Oxford)Lorong penjara yg jadi nyaman (Malmaison Oxford)

Lorong penjara yg jadi nyaman (Malmaison Oxford) (rdy/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/21/075057/3302722/1520/tidak-selamanya-seram-penjara-jadi-hotel-di-inggris
Terima kasih sudah membaca berita Tidak Selamanya Seram, Penjara Jadi Hotel di Inggris. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Tidak Selamanya Seram, Penjara Jadi Hotel Di Inggris"