Tidak Kalah Dengan Di Tempat Lain, Ini Pantai Janggawari Di Asahan

Berikut artikel Tidak Kalah Dengan di Tempat Lain, Ini Pantai Janggawari di Asahan, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Kabupaten Asahan di Sumatera Utara juga diberkahi dengan pantai cantik. Yakni Pantai Janggawari di Desa Silo Baru.

Secara geografis Kabupaten Asahan berada di pesisir timur Pulau Sumatera dan berbatasan segera dengan Selat Malaka. Meski demikian, kabupaten ini malah memiliki lebih banyak objek wisata air terjun dari pada objek wisata bahari.

Ini disebabkan bagian barat kabupaten ini dilalui oleh pegunungan Bukit Barisan dan Lembah Asahan. Walau begitu, bukan berarti Kabupaten Asahan tak memiliki objek wisata bahari.

Kabupaten ini juga memiliki sesuatu pantai cantik yg asyik bagi dikunjungi, pantai tersebut bernama Pantai Pasir Putih Janggawari atau biasa disingkat Pantai Janggawari.

Pantai Janggawari berada di Dusun Janggawari, Desa Silo Baru, Kecamatan Silo Laut, Kabupaten Asahan. Pantai ini mampu ditempuh sekitar 20 menit dari jalan penting dan ditambah trekking selama 15 menit melalui hutan mangrove.

Pantai Janggawari baru dibuka di tahun ini, awalnya dua murid sekolah yg kadang berkunjung ke pantai ini. Melihat hal tersebut, penduduk sekitar pun akan membangun sarana dan prasarana ke pantai ini, meskipun masih cukup sederhana.

Jika kita membayangkan Pantai Janggawari ini berupa sebuah pantai berpasir putih dengan air yg biru, mungkin kita mulai sedikit kecewa. Soalnya air di pantai ini tidaklah jernih bahkan cenderung keruh. Ini disebabkan karena lanskap dasar lautnya yg berlumpur.

Meski begitu bukan berarti pantai ini tak memiliki kelebihan. Malah kelebihan pantai ini cukup unik dan jarang ditemui di pantai-pantai lain. Keunikan pantai ini adalah memiliki tiga sisi lanskap yg berbeda yg berada di dalam sesuatu pantai.

Sisi pertama berada di sebelah selatan pantai, tepat di pintu masuknya. Di sini pantainya memiliki lanskap berupa pantai berpasir putih yg sedikit kasar karena pasirnya bercampur dengan kulit kerang. Pantai ini juga memiliki dataran luas yg terbuka.

Sisi kedua yg berada di bagian tengah pantai. Sisi ini memiliki lanskap berupa pantai berpasir putih yg lebih lembut karena tak bercampur dengan kulit kerang. Selain itu sisi ini juga dihiasi pohon-pohon mati. Pohon-pohon tersebut berdiri tegak seperti hutan mati.

Sedangkan sisi terakhir yg berada di bagian utara pantai memiliki lanskap berupa pantai berpasir putih yg sangat lembut seperti tepung. Sisi ini juga dihiasi berbagai jenis pepohonan rindang, kebanyakan pengunjung pantai bersantai di sini karena sisi ini lebih teduh dari pada sisi yg lainnya.

Di sekitar pantai ini pun pengunjung mampu melihat habitat dari ratusan burung bangau yg hidup di sekitar Pantai Janggawari. Burung-burung bangai tersebut pun pastinya tidak mengurangi indah pemandangan di sini.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/24/153000/3319587/1025/tidak-kalah-dengan-di-tempat-lain-ini-pantai-janggawari-di-asahan
Terima kasih sudah membaca berita Tidak Kalah Dengan di Tempat Lain, Ini Pantai Janggawari di Asahan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Tidak Kalah Dengan Di Tempat Lain, Ini Pantai Janggawari Di Asahan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.