Tiba Di Dubai, Ini Tips Biar Tidak “Fakir WiFi”

No comment 118 views

Berikut artikel Tiba di Dubai, Ini Tips biar Tidak “Fakir WiFi”, Semoga bermanfaat

DUBAI, KOMPAS.com — Cara terbaik buat tetap terhubung selama di Dubai, Uni Emirat Arab, adalah dengan membeli SIM card lokal. Dengan memakai SIM card lokal, Anda mampu mengirim kabar melalui telepon atau SMS ke keluarga dan kerabat di Indonesia.

Selain itu, Anda tak perlu tergantung pada WiFi gratis terus-menerus. Sebagian besar hotel dan mal ataupun kafe di Dubai memiliki jaringan WiFi gratis. Namun, mulai menjadi sulit seandainya Anda bepergian ke banyak tempat.

Umumnya, banyak pula wisatawan Indonesia yg memilih mengaktifkan roaming internasional dari nomor Indonesia agar tak perlu membeli SIM card lokal. Sementara itu, pilihan membeli SIM card lokal Dubai sebenarnya mampu lebih murah.

(BACA: Kapan Waktu Terbaik Pelesir ke Dubai?)

Hal itu terlebih lagi seandainya yg Anda perlukan hanyalah sekadar agar tetap terhubung ke dunia maya. Misalnya, sekadar mengunggah status baru di media sosial atau berkomunikasi via Whatsapp bagi memberi kabar.

Ada beberapa provider lokal yg dapat dipilih, merupakan Du dan Etisalat. Keduanya menawarkan paket data yg penuh keuntungan buat wisatawan.

Anda mampu membeli paket SIM card Du ataupun Etisalat di Bandara Dubai. Jadi, sesampai di bandara, cari gerai penjualan SIM card yg terletak di area penjemputan. Loket keduanya berdekatan dengan loket-loket penukaran valas.

KOMPAS.com/NI LUH MADE PERTIWI F Wisatawan berfoto dengan latar belakang Burj al-Arab yg yaitu sebuah hotel mewah di Dubai, Uni Emirat Arab.

Mana yg perlu dipilih? Keduanya sama-sama direkomendasikan. Pilih saja loket mana yg antreannya paling sepi.

Ketika datang di Dubai, Minggu (20/11/2016), aku memilih membeli SIM card Du karena ketika itu antrean loketnya lebih sepi dibanding bagi Etisalat. Sama seperti Etisalat, operator Du juga menawarkan paket khusus bagi turis.

Di loket, biasanya petugas Du segera menawarkan paket Tourist Plan SIM. Paket prabayar ini harganya 55 dirham Emirat (sekitar Rp 182.000). Jangan lupa ketika membeli, Anda harus memperlihatkan paspor bagi verifikasi data pengguna.

Dalam paket tersebut, pengguna telah mendapatkan 20 menit telepon ke nomor Uni Emirat Arab dan nomor internasional buat 100 negara termasuk Indonesia, 20 SMS, dan 200 MB data.

Selain itu, dalam paket juga ada aneka voucer gratis. Misalnya voucer Uber, jadi gratis sesuatu kali naik Uber dengan biaya hingga 80 dirham Emirat. Ada pula buku kupon yg berisi diskon ataupun gratis makan, tur, dan sebagainya.

Voucer lainnya adalah diskon sewa mobil. Ada lagi hal yg mampu Anda temukan dalam paket SIM card ini, yakni panduan mini bagi turis. Di secarik kertas, Anda dapat menemukan keterangan tempat-tempat wisata hingga frasa dalam bahasa Arab.

Paket Tourist Plan ini valid hingga 90 hari dan dapat diperpanjang hingga 90 hari. Perlu diingat bahwa petugas loket tak mulai menolong Anda memasangkan SIM card ke ponsel seperti di dua negara lainnya.

KOMPAS.com/NI LUH MADE PERTIWI F Marina di Dubai, Uni Emirat Arab.

Oleh karena itu, pastikan Anda mengikuti instruksi yg disampaikan petugas dan juga dapat membaca instruksi yg tersedia. SIM card tersedia dalam bentuk mikro, mini, ataupun nano.

Ada baiknya buat segera membeli pulsa data karena ketika mendaftar kali pertama, Anda cuma mendapatkan 200 MB. Pulsa data isi ulang cuma 50 dirham Emirat (sekitar Rp 183.000) bagi paket data 450 MB. Jika masih kehabisan, pulsa isi ulang mampu dibeli di berbagai toko.

Sebagai perbandingan, operator Etisalat menawarkan paket bagi turis, merupakan Visitor Line dengan harga 100 dirham Emirat (sekitar Rp 336.000). Pengguna mendapatkan 40 menit telepon, 40 SMS, dan data 700 MB. (Ni Luh Made Pertiwi F, dari Dubai)
Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/11/22/150100927/tiba.di.dubai.ini.tips.biar.tidak.fakir.wifi.
Terima kasih sudah membaca berita Tiba di Dubai, Ini Tips biar Tidak “Fakir WiFi”. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Tiba Di Dubai, Ini Tips Biar Tidak “Fakir WiFi”"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.