Tiap Tahun, Banyuwangi Kembangkan 20 Tempat Wisata Baru

No comment 97 views

Berikut artikel Tiap Tahun, Banyuwangi Kembangkan 20 Tempat Wisata Baru, Semoga bermanfaat

Banyuwangi – Banyuwangi, kabupaten di paling timur Pulau Jawa ini selalu gencar mengembangkan pariwisata. Tiap tahun, banyak tempat wisata baru di desa-desanya.

Kabupaten Banyuwangi sudah bertransportasi menjadi daerah dengan segudang tempat wisata. Mulai tahun depan, destinasi wisata di Kabupaten berjuluk Sunrise of Java itu semakin beragam dan melimpah.

Pasalnya, pemkab Banyuwangi berencana bagi mencanangkan gerakan sadar wisata buat masyarakat setempat. “Banyuwangi ke depan, kami target setiap tahun kalian mulai mengembangkan 10 sampai 20 destinasi wisata baru. Yang ini tak ada dalam gambar,” kata Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda kepada detikTravel, Sabtu (15/10/2016) kemarin.

“Artinya banyak spot Banyuwangi mampu untuk selfie, bagi foto-foto sama keluarga, banyak yg sebenarnya belum kami kembangkan. Nah pemerintah daerah mulai mengadopsi hal-hal seperti itu,” imbuhnya.

Bramuda mengatakan, konsep yg mulai dikembangkan nantinya tetap mengusung kearifan lokal masyarakat di sekitar objek wisata. Pemda, kata Bram, cuma menyediakan ide dan tempat dalam rencana pengembangan.

“Kita kembalikan ke desa, desalah yg mulai memelihara dan mengembangkan itu. Otomatis kalau ada spot di situ kan ada UKM, orang jualan di situ dan ada parkir. Ini kan merangkul masyarakat juga,” ujar Bram.

Pengembangan yg mulai dikerjakan tak cuma menyentuh wisata alam yg telah tersedia. Pemkab juga berencana mulai mendirikan desa-desa wisata sebagai penyangga dari objek wisata unggulan.

“Jadi kalau misalkan dia (pengunjung) turun dari Ijen, nanti desa-desa di sekitarnya dapat bagi dia bertahan lebih lama. Kita kembangkan juga seperti itu. Itu nanti yg tahun 2017 jadi destinasi. Sehingga nanti terus update dan orang mulai terus rindu Banyuwangi,” sambungnya.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas juga mendorong percepatan pembangunan Banyuwangi sebagai kota wisata. Anas bahkan menarik pembahasan itu dalam rapat-rapat yg dipimpinnya.

“Tahun depan kami mulai akan eksplore 20 tempat wisata baru di Banyuwangi ini,” singgung Anas dua waktu lalu. (aff/aff)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/16/111503/3321793/1382/tiap-tahun-banyuwangi-kembangkan-20-tempat-wisata-baru
Terima kasih sudah membaca berita Tiap Tahun, Banyuwangi Kembangkan 20 Tempat Wisata Baru. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Tiap Tahun, Banyuwangi Kembangkan 20 Tempat Wisata Baru"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.