Tersembunyi, Ini Air Terjun Coban Sumber Pitu Malang

No comment 81 views

Berikut artikel Tersembunyi, Ini Air Terjun Coban Sumber Pitu Malang, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Malang terkenal dengan Kota Batu sebagai destinasi favorit bagi liburan. Tapi ternyata ada destinasi lain, Air Terjun Coban Sumber Pitu.

Di Malang ada 2 Air Terjun dengan nama sama merupakan sumber pitu. Ada Coban Sumber Pitu di Dusun Krajan Kecamatan Tumpang, dekat Bromo dan sesuatu lagi yg mulai di bahas disini merupakan Coban Sumber Pitu, Pujon, Kabupaten Malang. Jarak antar Coban Sumber Pitu sesuatu dengan yg lainnya cukup jauh loh mampu memakan waktu 2 jam perjalanan, makanya jangan sampai salah ya.

Untuk menuju Coban Sumber Pitu dari Kota Malang kalian cuma tinggal mengarah ke Batu. Kemudian dilanjutkan ke arah pujon atau arah Jombang-Kediri alias sama dengan arah ke Coban Rondo, air tejun yg cukup terkenal di Jawa Timur.

Setelah melewati tugu atau patung sapi, kami belok kanan dan kemudian belok kiri atau dikenal dengan pertigaan Ringin Punden. Setelah itu kalian megikuti jalan saja nanti kami mulai bertemu dengan petunjuk arah ke Sumber Pitu kemudian belok kiri yg mulai memasuki perkebunan Warga hingga ke pintu Registrasi.

Jika memakai kendaraan umum, dari terminal Arjosari kami naik angkot ke terminal Ladungsari dan kemudian naik bus jurusan Jomang-Kediri. Kalau dari terminal batu bisa naik angkot jurusan Ngantang/Kasembon. Setelah itu turun di pertigaan Ringin Punden dan dilanjutkan dengan naik ojek.

Setelah memasuki kawasan Pujon selatan suasana desa sangat terasa dan nanti kami mulai datang di Pos Regitrasi, di sini pengunjung dipungut biaya Rp10.000/orang. Di Pos Registrasi ini juga terdapat lapangan yg yaitu camping Ground serta telah difasilitasi dengan toilet dan terdapat juga lahan parker.

Dari pos registrasi ini kami masih harus menempuh jarak kurang lebih 2 KM atau memakan waktu 15-20 menit memasuki perkebunan warga dan hutan punya perhutani. Jalan disini masih kurang bagus sehingga terkadang seandainya sehabis hujan jalan menjadi becek dan cukup licin.

Setelah melewati hutan, kami mulai datang di parkiran atas. Di parkiran atas ini kami dipungut biaya Rp5000 buat motor. Di lokasi ini juga telah tersedia fasilitas akan dari warung makan, toilet dan arena bermain flyng fox. Dan dari tempat ini jugalah petualangan mulai di mulai.

Perjalanan dimulai saat melintasi perkebunan sayur warga dengan keadaan jalan yg cukup menanjak dan berdebu. Jika musim panas traveler diharapakn membawa masker.

Jalur yg mulai dilewati adalah jalur hasil cangkulan sehingga membentuk anak tangga yg sedikit memudahkan kalian mendaki sedikit demi sedikit. Setelah melewati perkebunan sayur warga, kalian mulai memasuki hutan semak-semak kiri dan kanan, terkadang ada jurang di sisi jalan dan dijalur ini telah disediakan tempat persinggahan. Di tempat persinggahan ini cocok buat sekedar ngemil dan foto-foto.

Kurang lebih sesuatu jam berjalan, suasana lembab mulai semakin sangat terasa yg menandakan lokasi yg kalian tuju semakin dekat, suara air bergemuruh semakin terdengar, jalan yg awalnya mendaki kemudian berubah menjadi jalan menurun.hoaaaaa akhirnya kami sampai juga. Eits, jangan senang dahulu karena yg didepan itu yaitu coban tunggal, salah sesuatu coban yg ada di kawasan Coban Sumber Pitu.

Setelah kalian sampai di Coban Tunggal, kalian belok kiri dan mulai melihat Coban Sumber Pitu dari kejauahan. Tapi kami harus bersabar karena jalan menuju ke Sumber Pitu semakin menanjak dan cukup terjal.

Jalan bebatuan dengan bantuan tali tambang dikiri dan kanan. Hati-hati ya karena jalan cukup licin.

Di jalan mendaki ini kalian mulai menemui bekas pohon tua yg tidak jarang dijadikan spot berfoto para pengunjung di Sumber Pitu. Setelah berjalan 15 menit dari Coban Tunggal kami mulai datang di Coban Sumber Pitu.

Setelah puas menikmati suara air menderu deru di sini, kami mampu mengikuti jalan yg mengarah ke atas. Sekitar 10 menit kalian mulai menjumpai Coban Papat.

Perjalanan seru bukan main bukan, sekali jalan menjumpai dua Coban atau air terjun indah, jadi percaya kamu enggak mau berkunjung ke sini?

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/24/081400/3356645/1025/tersembunyi-ini-air-terjun-coban-sumber-pitu-malang
Terima kasih sudah membaca berita Tersembunyi, Ini Air Terjun Coban Sumber Pitu Malang. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Tersembunyi, Ini Air Terjun Coban Sumber Pitu Malang"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.