Terpesona Air Terjun Jumog Di Kaki Gunung Lawu

No comment 90 views

Berikut artikel Terpesona Air Terjun Jumog di Kaki Gunung Lawu, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Di kaki Gunung Lawu ada dua air terjun cantik. Selain Grojogan Sewu yg terkenal, ada pula Air Terjun Jumog yg tidak kalah indah.

Menikmati jernihnya air pegunungan yg segar adalah liburan yg asyik dan bagus bagi suasana tubuh dan hati kita, apalagi untuk yg lama telah tak pernah liburan. Menikmati segarnya udara pegunungan, hamparan hijau yg sangat luas dan suasana tenang pegunungan membuat diri kami rileks.

Salah sesuatu pegunungan yg asyik bagi kami kunjungi adalah di daerah lereng gunung Lawu, Karangayar. Di sini terdapat dua destinasi menarik semisal Air Terjun Grojogan Sewu yg telah terkenal, Air Terjun Jumog, candi Cetho dan kebun teh Kemuning. Satu kali perjalanan ke daerah ini kalian dapat mendapatkan dua objek wisata yg bagus.

Beberapa waktu dulu aku mengujungi tempat-tempat ini. Tidak semuanya sih cuma ke Air Terjun Jumog, kebun teh Kemuning dan candi Cetho. Saya bersama teman aku berangkat dari Jogja pukul 05.30 WIB melalui jalan Solo-Yogyakarta dan sempat beristirahat di Solo bagi sarapan Nasi Liwet khas Solo.

Setelah selesai sarapan aku melanjutkan perjalanan melalui jalan Solo-Karangayar. Pukul 08.00 WIB sampailah aku di Air Terjun Jumog yg berada di Desa Ngargoyoso, Karangayar, Jawa tengah. Begitu pagi ternyata aku sampai di sini, di tempat parkiran cuma baru ada 2 motor, dan warung-warung masih tutup tetapi tidak apa malah asyik untuk foto sepuasnya karena masih sepi.

Untuk menuju ke Air terjun kami harus berjalan kaki dari tempat parkir kira-kira 500 m dengan jalan yg menurun. Tapi tenang jalannya telah bagus dan asri sekali, dengan anak tangga yg telah bagus dan tertutupi lumut-lumut hijau yg tipis sehingga menjadikan perjalanan kami tak terasa.

Hanya dengan membayar Rp 5.000 di TPR kami telah boleh memasuki area wisata ini, akan berjalan di anak tangga sejumlah 116. Di tempat finish anak tangga telah ada tulisannya “Selamat anda telah melewati 116 anak tangga”, sambutan yg asyik.

Setelah melewati anak tangga kalian mulai melewati jalan di pinggir sungai yg airnya jernih sekali dan bagusnya lagi di pinggir sungai ini juga dimanfaatkan menjadi tempat duduk buat makan dari warung-warung sekitar. Tidak jauh dari situ telah terdengar suara derasnya air terjun.

Benar saja tak ada 3 menit aku telah dapat melihat kerennya Air Terjun Jumog. Air terjun Jumog ini lumayan tinggi kira-kira 50 meter dengan hiasan di samping-sampingnya terdapat rerumputan hijau yg tidak mengurangi keindahan dan keasrian air terjun ini.

Tapi sayang air terjun ini tak mampu buat mandi-mandi di bawahnya karena deras sekali airnya dan juga di bawahnya tak ada cekungan air, tetapi jangan khawatir kami masih mampu bermain air di alirannya. Yang khas dari air terjun ini adalah adanya jembatan yg menghubungkan kedua sisi sungai yg letaknya pas sekali bagi menikmati air terjun. Saya dan teman aku pun sepuasnya dapat berfoto-foto di sini.

Selain dari jembatan ini kami juga mampu melihat air terjun dari sisi kiri, di situ telah ada tempat yg disediakan. Terlihat begitu dekat dan kalian juga dapat merasakan deburan air yg jatuh sehingga terasa sekali kesegarannya. Kita mampu sejenak menikmati pemandangan indah dan melihat kebesaran Tuhan yg menciptakan tempat-tempat indah seperti ini.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/06/08/115500/3217645/1025/terpesona-air-terjun-jumog-di-kaki-gunung-lawu
Terima kasih sudah membaca berita Terpesona Air Terjun Jumog di Kaki Gunung Lawu. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Terpesona Air Terjun Jumog Di Kaki Gunung Lawu"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.