Ternyata Jambi Juga Punya ‘Taman Mini’

No comment 102 views

Berikut artikel Ternyata Jambi Juga Punya ‘Taman Mini’, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Bukan cuma di Jakarta, Jambi juga milik Taman Mini versi lokal. Di Taman Mini Jambi, traveler dapat melihat rumah adat khas Jambi hingga aneka satwa.

Taman Mini dan Taman Rimbo yaitu objek wisata terlengkap di Jambi. Dibangun di atas lahan seluas 18 hektar dan menawarkan fasilitas menarik sebagai alternatif wisata keluarga.

Lokasinya terletak di Jalan Sunaryo, tidak jauh dari Bandara Internasional Sultan Thaha, dan cuma berjarak sekitar 200 meter. Sehingga sangat gampang dijangkau, cukup dengan berjalan kaki dari gerbang bandara. Jika dari pusat kota, bisa memakai kendaraan priadi atau angkutan umum.

Objek wisata ini menggabungkan konsep taman wisata bermain dan kebun binatang. Hal ini dimaksudkan agar selain bisa menikmati aneka satwa di kebun binatang, pengunjung juga bisa mengelilingi sambil bermain dan belajar.

Tak jauh berbeda dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yg terletak di Jakarta, di dalam Taman Mini Jambi juga terdapat miniatur rumah adat se-Provinsi Jambi. Rumah adat Jambi berupa rumah panggung, yg masing-masing kabupaten memiliki bentuk dan kekhasan yg berbeda.

Dalam taman mini juga terdapat sesuatu rumah panggung Kejang Lako, yg yaitu rumah tinggal Marga Batin V. Bangunannya unik, karena bentuk bubungannya yg menyerupai perahu. Untuk menikmati rumah adat di Taman Mini Jambi, pengunjuk tak dikenakan biaya tiket masuk.

Tak jauh dari Taman Mini terdapat taman satwa, merupakan Kebun Binatang Taman Rimbo. Beragam satwa mampu ditemui. Gajah dan Harimau Sumatra, dan Tapir sebagai satwa khas Sumatra, aneka aves seperti burung Onta, Bangau tong-tong, Elang Bondol, burung Merak Hijau (Pavo muticus) dan masih banyak macam satwa lainnya yg mencapai 400 spesies.

Keunikan Kebun Binatang Taman Rimbo adalah sebuah banggunan rumah kaca, berbentuk seengah lingkaran besar. Dalam bangunan ini terdapat sangkar-sangkar yg mirip dengan habitat aslinya, sebagai tempat tinggal masing-masing burung. Hal ini dimaksudkan sebagai penunjang ketahanan hidup untuk burung tersebut.

Dalam Kebun Binatang Taman Rimbo juga disediakan gajah dan kuda buat ditunggangi, seandainya pengunjung ingin mengelilingi melihat-lihat di sekitar taman namun enggan berjalan kaki.

Tiket masuk kebun binatang Taman Rimbo sangatlah terjangkau. Hanya dengan Rp 5.000 bagi anak-anak dan Rp 8.000 buat dewasa, traveler telah bisa menikmati aneka satwa di Kebun Binatang Taman Rimbo Jambi.

Taman Mini dan Taman Rimbo Jambi dilengkapi dengan dua tribun, bagi arena bermain dan piknik bersama keluarga. Sehingga tempat ini mampu menjadi alternatif wisata yg menarik.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/08/14/113000/3273646/1025/ternyata-jambi-juga-punya-taman-mini
Terima kasih sudah membaca berita Ternyata Jambi Juga Punya ‘Taman Mini’. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ternyata Jambi Juga Punya ‘Taman Mini’"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.