Ternyata Ada Museum Huruf Di Amerika

No comment 35 views

Berikut artikel Ternyata Ada Museum Huruf di Amerika, Semoga bermanfaat

Waxhaw – Seperti apa yang berasal muasal alfabet yg kalian pakai bagi menulis? Traveler mampu mencari tahu di Museum of the Alphabet, di Amerika Serikat.

Di Kota Waxhaw, North Carolina traveler bisa melihat yang berasal mula huruf dari berbagai negara. Berjarak 40 menit naik mobil di Kota Charlotte, ibukota North Carolina, Museum of the Alphabet melestarikan bahasa-bahasa yg ada di dunia.

Dilansir detikTravel dari berbagai sumber, Rabu (22/3/2017), terdapat 7.000 bahasa di dunia yg sepertiga abjadnya masih kurang dalam hal penulisan. Museum ini pun bergerak bagi melestarikannya.

Ratusan orang terlibat dalam pendirian Museum of the Alphabet yg menyumbangkan waktu hingga bakat mereka. Berdiri di atas lahan sekitar 1,5 hektar, museum ini disponsori oleh organisasi Wycliffe, SIL, dan JAARS yg sudah menyediakan pameran multimedia di dalamnya.

Di museum ini pula diceritakan kisah pembuatan alfabet akan dari yg kuno hingga ke zaman modern. Terdapat berbagai hal pendukung, seperti foto-foto, lukisan, patung, dan kain tenun sehingga mampu menolong pengunjung memahami keterangan yg tersedia.

Pada mulanya, museum ini didirikan pada tahun 1991. William Cameron Townsend adalah pencetusnya. Ia berniat bagi menerjemahkan Alkitab ke dalam bahasa yg paling gampang buat dimengerti. Townsend kemudian mendirikan Jungle Aviation dan JAARS bagi menyebarkan hasil terjemahannya itu ke daerah-daerah terpencil. Organisasi JAARS pula lah organisasi yg mengurus Museum of the Alphabet.

Dalam Museum of the Alphabet menampilkan kronologi lengkap mengenai sejarah bahasa dalam tulisan. Ada 12 galeri di dalam bangunan ini. Masing-masing ruangan dalam museum dikhususkan bagi bahasa atau kategori bahasa tertentu, seperti bahasa Yunani, Arab, Ibrani, Cyrillic, dan Afrika.

Selain itu, traveler mampu mempelajari bagaimana bahasa minoritas didokumentasikan dengan memakai sistem abjad baru, yakni memakai International Phonetic Alphabet. Contoh bahasa minoritas yakni dari masyarakat Gullah dari Amerika Serikat bagian tenggara.

Jika traveler berkesempatan jalan-jalan ke negeri Paman Sam jangan lupa dengan museum ini ya! Jalan-jalan sambil belajar tak ada salahnya kok. (rdy/fay)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/03/22/080952/3453243/1520/ternyata-ada-museum-huruf-di-amerika
Terima kasih sudah membaca berita Ternyata Ada Museum Huruf di Amerika. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ternyata Ada Museum Huruf Di Amerika"