Terjalnya Jalur Gunung Batu Jonggol Yang Menakjubkan

No comment 124 views

Berikut artikel Terjalnya Jalur Gunung Batu Jonggol yang Menakjubkan, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Treking ke Gunung Batu yg ada di Bogor emang cocok banget untuk kamu yg enggak mau jauh-jauh dari ibukota. Gunung kecil nan terjal ini berada di Sukamakmur, Jonggol, Kabupaten Bogor. Lebih pas kalau disebut bukit atau tebing batu. Karena memang tersusun atas bebatuan cadas apalagi tingginya cuma 875 mdpl.

Tapi jangan pernah meremehkan gunung batu ini cuma karena persoalan ketinggiannya. Rasakan dahulu tanjakan ekstrimnya, baru deh mampu ngomong kalau memang gunung ini enggak mampu disepelekan. Dibutuhkan stamina yg bagus buat dapat mencapai puncak Gunung Batu. Pada jalur pendakian yg mulai ditempuh didominasi oleh bebatuan dan tanah. Bahkan di dua spot kelihatan cukup curam.

Pada awal treking disambut dengan jalan tanah berbatu. Kemudian treknya berupa tanah kering yg cukup menanjak, dulu perjalanan menuju hamparan rumput ilalang yg cukup tinggi. Ada pula medan tanah yg teksturnya lumayan licin dan menanjak. Ketika rasa lelah melanda ketika menuju puncak Gunung Batu, istirahatlah di spot-spot yg tersedia.

Untuk sekedar melepas dahaga, Anda mulai menikmati indahnya pemandangan yg disajikan Gunung Batu. Semakin keatas jalur semakin ekstrim pula treknya dan tak ada pepohonan buat berteduh. Semakin mendekati puncak jalur pendakian semakin sulit karena treknya yg hampir tegak lurus serta jalurnya yg sempit. Jalur ini cuma bisa didaki oleh sesuatu orang saja. Jadi kamu wajib antri dengan para pendaki yg lain.

Diusahakan tertib ya ketika trekking menuju Gunung Batu. Selain belum ada pengaman di sebelah kiri dan kanan serta cuma ada bantuan seutas tali buat memanjat. Untuk mencapai puncak tak memerlukan waktu yg relatif lama, kurang lebih sesuatu jam buat dapat sampai ke puncaknya dan telah sekalian sama foto-foto.

Pemandangan yg disuguhkan dari atas sungguh bikin siapapun yg melihatnya bakal menghela nafas dalam-dalam saking kerennya. Yang membuat kecewa ketika sampai di Puncaknya adalah banyak sekali semut terbang yg sangat mengggangu. Gigitannya agak lumayan sulit dilupakan.

Untuk mampu merasakan terjalnya tanjakan Gunung batu kamu cukup membayar biaya parkir kendaraan motor atau mobil sebesar Rp.15.000. Untuk mendaki sampai puncak dikenakan biaya Rp.5.000 perorang.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/01/27/115100/3387531/1025/terjalnya-jalur-gunung-batu-jonggol-yang-menakjubkan
Terima kasih sudah membaca berita Terjalnya Jalur Gunung Batu Jonggol yang Menakjubkan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Terjalnya Jalur Gunung Batu Jonggol Yang Menakjubkan"