Tempat Sarapan Ala Warga Lokal Di Singapura, Ini Rekomendasinya

No comment 124 views

Berikut artikel Tempat Sarapan Ala Warga Lokal di Singapura, Ini Rekomendasinya, Semoga bermanfaat

Singapura – Jika liburan ke Singapura, cicipi juga kuliner setempat. Menikmati secangkir kopi dan roti bakar di kedai ini jadi pilihan sarapan nikmat ala warga Negeri Merlion.

Warga lokal Singapura, yg didominasi etnis China biasanya menikmati sarapan di kedai kopi kecil alias kopitiam yg tersebar di berbagai tempat di sana. Mereka mulai mengonsumsi secangkir kopi atau teh, plus roti bakar sebagai menu sarapannya, sambil disertai dengan obrolan hangat tentunya.

Penasaran ingin merasakan nikmatnya sarapan ala warga lokal Singapura, detikTravel dua waktu dulu menyusuri kawasan Jalan Keong Saik yg kaya mulai bangunan lawasnya. Tujuan detikTravel cuma satu, merupakan berkunjung ke sebuah kedai makan kecil bernama Tong Ah Eating House.

Kebetulan jam masih memperlihatkan pukul 09.00 pagi waktu setempat, dan masih sempat buat sarapan. detikTravel pun melangkahkan kaki masuk ke dalam Tong Ah Eating House, dan memesan menu sarapan juara yg jadi favorit warga lokal serta wisatawan.

Apalagi kalau bukan Roti Bakar tipis kering yg diolesi selai Srikaya alias Kaya Toast, yg sangat lezat. Sebagai teman makannya, ada secangkir kopi hitam, yg mampu ditambahkan susu atau gula sesuai selera. Untuk minuman yg sesuatu ini, Christina Tan, Manajer Marcomm Far East Hospitality yg menemani detikTravel dan kebetulan asli Singapura, pun memberikan panduan buat memilihnya.

Secangkir Kopi C, kopi hitam dengan campuran susu saja (Wahyu/detikTravel)

“Kalau tiba ke kopitiam dan ingin memesan kopi, pastikan kamu tak salah memilih. Kopi-O-Kosong berarti kopi hitam tanpa gula, Kopi C berarti kopi dengan tambahan susu, Kopi O saja berarti kopi hitam dengan tambahan gula,” jelas Christina.

Aturan menu ini berlaku di hampir setiap kopitiam tradisional yg ada di Singapura. Ada pula dua kopitiam yg menyediakan butter coffee, alias kopi dengan tambahan mentega cair. Rasanya tentu saja telah pasti sedap, dan berbeda dengan kopi kebanyakan.

“Ada juga Yuan Yang, itu adalah kopi hitam yg dicampur dengan teh. Sejarahnya, orang yg dahulu mau sarapan tapi waktunya terbatas dan bingung ingin memesan kopi atau teh, biasanya meminta bagi mencampur keduanya. Jadilah Yuan Yang, kopi yg dicampur dengan teh,” cerita Christina.

Berkat sedikit ilmu dari Christina, detikTravel pun memesan Kopi C yg dicampur susu, serta seporsi Kaya Toast. Kurang lebih 15 menit menunggu, menu yg dipesan akhirnya tiba juga. Hmm, wangi kopinya plus roti bakar telah tercium begitu disajikan di atas meja.

Roti Kaya Toast yg sangat renyah (Wahyu/detikTravel)

Begitu dicicipi segigit, roti bakarnya terasa sangat renyah. Yang paling bikin roti bakar ini istimewa adalah selai kaya yg sangat lezat. Konon, selai ini dibuat sendiri oeh pegawai Tong Ah dengan cara dimasak memakai api kecil selama kurang lebih 10 jam dan selalu diaduk tanpa henti.

Selain menu buat sarapan, ada pula menu yang lain yg rasanya juga tidak kalah sedap. Ada ayam aroma, ikan kuah asam, Scallop Rolls dan iga bakar dengan saus kopi, sayang 2 menu terakhir yg disebutkan statusnya tak halal, jadi tak cocok buat traveler muslim.

Tong Ah Eating House yg telah berdiri sejak tahun 1939 ini cukup terkenal di kalangan warga lokal Singapura dan juga wisatawan. Beberapa ulasan di situs TripAdvisor melabeli kedai kecil ini sebagai warung Kopitiam paling ikonik di Singapura. Traveler yg sedang liburan di Singapura mampu mencoba mampir ke sini.

Lokasinya berada di kawasan Jalan Keong Saik No 35, Singapura. Stasiun MRT terdekat bagi menuju kawasan ini adalah Stasiun Tanjong Pagar, dan perlu jalan kaki selama kurang lebih 10 menit buat menuju ke warung ini. Jam bukanya akan dari pukul 06.30 pagi hingga 22.00 waktu setempat.

Tong Ah Eating House yg terkenal di Singapura (Wahyu/detikTravel)

(wsw/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/08/08/092000/3270327/1520/tempat-sarapan-ala-warga-lokal-di-singapura-ini-rekomendasinya
Terima kasih sudah membaca berita Tempat Sarapan Ala Warga Lokal di Singapura, Ini Rekomendasinya. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Tempat Sarapan Ala Warga Lokal Di Singapura, Ini Rekomendasinya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.