Tempat Matahari Tidak Tenggelam Selama 5 Bulan

No comment 128 views

Berikut artikel Tempat Matahari Tidak Tenggelam Selama 5 Bulan, Semoga bermanfaat

Longyearbyen – Negara-negara di Bumi bagian utara milik fenomena unik. Matahari mampu tak tenggelam alias terang 24 jam. Bukan hanya sesuatu beberapa hari, tetapi sampai 5 bulan!

Fenomena tersebut dikenal dengan nama Midnight Sun, alias matahari di tengah malam. Salah sesuatu negaranya yg milik fenomena seperti itu adalah Norwegia, yg yaitu salah sesuatu negara di bagian utara dunia.

Dari situs resmi Visit Norway yg dikunjungi detikTravel, Jumat (29/7/2016) Midnight Sun terjadi terjadi karena kemiringan aksial bumi yg sebesar 23,5 derajat. Saat musim panas, semakin utara suatu tempat, kemiringan itu mengakibatkan siang yg lebih panjang atau matahari tetap berada di horizon pada musim panas di pertengahan tahun. Semakin dekat ke Kutub Utara, fenomena Midnight Sun pun bakal lebih lama terjadi.

Peta Norwegia (garis merah), salah sesuatu negara di bagian paling utara Bumi (Google Maps)

Norwegia pun memiliki 12 tempat yg memiliki fenomena Midnight Sun seperti Bodo, Harstad, Tromso, Alta, Vardo, Hammerfest dan Bardufoss. Rata-rata terjadi pada 3 bulan dari Mei sampai Juni. Namun tempat yg paling spesialnya adalah Kota Longyearbyen di Kepulauan Svalbard.

Longyearbyen milik waktu paling panjang bagi fenomena Midnight Sun ini. Rentangnya dari 20 April sampai 22 Agustus. Artinya, selama 5 bulan matahari selalu berada di atas langitnya!

Untuk menuju Longyearbyen, Anda mampu naik pesawat selama 1 jam dari Oslo, ibukota negara Norwegia. Longyearbyen berada di kawasan pesisir yg dihuni oleh sekitar 2.000-an penduduk. Para penduduknya pun sangat ramah kepada turis.

Rasakanlah pengalaman langka, melihat matahari yg selalu bersinar selama 24 jam. Walau waktu telah menunjukan pukul 23.00 malam, Sang Surya tak mulai pernah tenggelam, selalu berada di langit.

Main kayak di tengah malam dengan matahari yg masih terang (Visit Norway)

Anda dapat sepuasnya jalan-jalan menjelajahi Longyearbyen. Naik kayak, berlayar atau trekking ke perbukitan. Banyak salju yg mencair, sehingga membuat orang-orang gampang buat berjalan ke mana-mana. Ketika berlayar, Anda sesekali mulai menemukan bongkahan-bongkahan es di atas permukaan laut.

Yang menarik bagi diketahui, bagaimana kehidupan masyarakat setempat dan di wilayah lainnya di Norwegia yg mengalami fenomena Midnight Sun? Pertanyaan paling umum, bagaimana jam tidur mereka?

Masyarakatnya melakukan aktivitas seperti biasa. Jika mau tidur, mereka mulai menutup jendela dnegan tirai yg cukup tebal agar cahaya matahari tak masuk ke dalam rumah. Begitu pun hotel-hotel yg mulai mengingatkan turis seandainya waktu telah larut malam.

Meski begitu, tentu saja tubuh penduduknya harus beradaptasi terlebih dulu. Di minggu pertama Midnight Sun, kebanyakan orang-orangnya menjadi tempramen dan sedikit galak. Itu dikarenakan mereka selalu beraktivitas sepanjang hari, sebab matahari selalu kelihatan di langit. Setelah minggu pertama lewat dan telah beradaptasi, semuanya kembali baik-baik lagi.

Rumah-rumah di Longyearbyen, kalau mau tidur harus ditutup rapat-rapat pintu dan jendela agar cahaya tidak masuk ke rumah (Thinkstock)

Saat Midnight Sun adalah ketika terbaik buat melihat kehidupan masyarakatnya. Kebanyakan dari mereka, beraktivitas sampai tengah malam dan keluar rumah. Anak-anak pun berlarian di jalanan, bagi terkena cahaya matahari sekaligus menghangatkan badan. Meski matahari terik, suhu di sana masih di kisaran belas derajat Celcius lho!

Sudah banyak operator tur di Eropa, terutama di Norwegia yg menawarkan paket perjalanan menikmati Midnight Sun. Tak perlu sampai berbulan-bulan, dua hari saja melihat matahari di langit yg tidak tenggelam, pasti jadi pengalaman sekali seumur hidup yg tidak terlupakan. (rdy/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/08/01/072044/3265497/1520/tempat-matahari-tidak-tenggelam-selama-5-bulan
Terima kasih sudah membaca berita Tempat Matahari Tidak Tenggelam Selama 5 Bulan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Tempat Matahari Tidak Tenggelam Selama 5 Bulan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.