Tempat Ini Dipercaya Adalah Titik Tengah Benua Eropa

No comment 89 views

Berikut artikel Tempat Ini Dipercaya Adalah Titik Tengah Benua Eropa, Semoga bermanfaat

Vilnius – Benua Eropa jadi destinasi impian buat sebagian traveler. Tapi tahukah traveler, dimanakah titik tengah benua Eropa? Jawabannya ada di negara Lithuania.

Benua Eropa memang terus menarik buat dibahas. Masih ada bayak hal yg kalian belum tahu dari Benua Biru ini. Termasuk soal dimana titik tengah benua tersebut berpusat.

Banyak kartografer alias ahli pembuat peta, sudah mengukur dan melakukan kalkulasi bagi mencari titik ini. Banyak pula ahli astronomi, maupun geografi yg mempublikasikan hasil penelitiannya. Banyak ahli mengklaim sudah menemukan titik tersebut.

Klaim pertama diluncurkan oleh Ahli Astronomi yang berasal Polandia bernama Szymon Sobienkrajski di tahun 1977. Syzmon menyebut titik pusat Eropa ada di Kota Suchowola di sebelah Timur Laut Polandia.

Menyusul kemudian klaim-klaim dari Belarusia, Hungaria, Estonia, hingga Jerman. Dari sekian banyak titik yg diklaim sebagai titik pusat Benua Eropa, ada sesuatu lokasi di Lithuania yg hingga kini dipercaya sebagai titik tengah Benua Eropa.

Monumen penanda titik tengah Benua Eropa (vilnius-tourism.lt)Monumen penanda titik tengah Benua Eropa (vilnius-tourism.lt)

Dilihat detikTravel dari situs resmi pariwisata Vilnius, Kamis (17/11/2016), lokasi ini ada di Desa Purnuskes, sekitar 26 Km sebelah utara Vilnius, Ibukota Lithuania. Titik ini ditandai dengan sebuah monumen, serta taman yg diberi nama Europa Park.

Titik di Desa Purnukes ini ditetapkan sebagai titik tengah Benua Eropa berdasarkan hasil penelitian Jen-George Affholder dari Institut National Geographic Prancis di tahun 1989. Lithuania pun menyambut gembira dengan hasil penelitian tersebut.

Suasana wisatawan di Desa Purnukes (vilnius-tourism.lt)Suasana wisatawan di Desa Purnukes (vilnius-tourism.lt)

Sebuah monumen pun didirikan tepat di titik tersebut. Monumen ini dirancang oleh seniman patung ternama yang berasal Lithuania, Gediminas Jokubonis. Monumen tersebut terbuat dari batu granit, dengan hiasan mahkota bintang-bintang di atasnya, sama seperti lambang Uni Eropa.

Di sekitar monumen juga dibangun sebuah taman yg cukup asri dengan tanaman berbunga sebagai hiasannya. Taman ini juga dikelilingi oleh tiang bendera negara-negara yg masuk Uni Eropa. Oleh sebab itu, taman ini pun diberi nama sebagai Europa Park.

Kini, Europa Park maupun Monumen titik tengah Benua Eropa menjadi destinasi yg paling banyak dikunjungi oleh wisatawan yg liburan ke Kota Vilnius, Lithuania.

Prasasti yg menandakan titik tengah Benua Eropa (vilnius-tourism.lt)Prasasti yg menandakan titik tengah Benua Eropa (vilnius-tourism.lt)

Cara ke sini:

Untuk menuju ke titik tengah Benua Eropa di Lithuania ini, traveler mampu memakai kendaraan umum seperti bus, atau memakai taksi. Jika naik bus dari Kota Vilnius, traveler naik saja bus jurusan Vilnius-Paberze dari Halte Moletai di Bundaran Santariskes.

Nanti turunlah di Geographical Center of Europe. Jaraknya cuma 30 menit saja. Tiketnya dapat dibeli on the spot di dalam bus.

Monumen pusat Benua Eropa dilihat dari atas (The Geographical Center of Europe/Facebook)Foto: undefined
Monumen pusat Benua Eropa dilihat dari atas (The Geographical Center of Europe/Facebook)

(wsw/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/17/082000/3322131/1520/tempat-ini-dipercaya-adalah-titik-tengah-benua-eropa
Terima kasih sudah membaca berita Tempat Ini Dipercaya Adalah Titik Tengah Benua Eropa. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Tempat Ini Dipercaya Adalah Titik Tengah Benua Eropa"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.