Telur Hitam Yang Unik Dari Jepang Ini Konon Bisa Bikin Panjang Umur

Berikut artikel Telur Hitam yang Unik dari Jepang Ini Konon Bisa Bikin Panjang Umur, Semoga bermanfaat

Hakone – Liburan ke Owakudani di Jepang, jangan heran kalau melihat ada telur hitam. Telur ini memang khas Owakudani dan konon kalau dimakan dapat bikin panjang umur.

Owakudani yaitu kaldera yg terbentuk akibat letusan Gunung Hakone di Hakone, Prefektur Kanagawa, Jepang sekitar 3.000 tahun lalu. Kaldera ini hingga sekarang masih mengeluarkan asap, tetapi tetap aman dikunjungi traveler dalam jarak tertentu.

Selain menikmati pemandangan kaldera, ada hal yang lain yg menarik ditelisik ketika mengunjungi Owakudani merupakan telur hitam. Ini sebenarnya telur ayam biasa. Namun cangkangnya berwarna hitam.

Telur hitam tersebut pun menjadi makanan khas Owakudani. Kabarnya, orang yg makan sebutir telur hitam ini umurnya dapat bertambah tujuh tahun lho.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)

“Kalau makan sesuatu bertambah tujuh tahun. Kalau dua, umur kamu lebih panjang empat belas tahun,” tutur pemandu wisata Toshihiro Kamba ketika detikTravel berkunjung ke Owakudani beberapa minggu lalu.

Traveler pun banyak yg penasaran dan mencicipi telur ini karena warnanya berbeda serta mitos umur panjang. Warna hitam di cangkang telur ini sendiri muncul karena direbus di sumber air panas alami yg ada di kawasan Owakudani. Namun bagian dalamnya tetap berwarna putih.

Bagian dalam telur tetap putih (Kurnia/detikTravel)Bagian dalam telur tetap putih (Kurnia/detikTravel)

“Ini direbus di mata air panas. Mata air panas mengandung banyak mineral seperti sulfur, besi dan yang lain sebagainya. Komponen ini memunculkan reaksi kimia dan warna putihnya menjadi hitam,” jelas Toshi.

Perebusan telur pun tidak sekadar dua menit seperti pada umumnya. Namun butuh waktu lebih banyak karena suhu airnya di bawah 100 derajat Celsius”Karena temperaturnya sekitar 80 derajat, jadi butuh direbus kurang lebih 1 jam dan telur hitam pun matang,” kata Toshi.

Nah, untuk wisatawan yg ingin mencicipi segera telur hitam ini, silahkan tiba ke kawasan wisata Owakudani. Tak sulit mencarinya karena ada toko besar yg menjual telur hitam yg telah matang seharga 100 Yen (Rp 12 ribu) per butir.

Kaldera Owakudani (Kurnia/detikTravel)Kaldera Owakudani (Kurnia/detikTravel)
Wisatawan berfoto di depan patung telur hitam berlatar Gunung Fuji(Kurnia/detikTravel)Wisatawan berfoto di depan patung telur hitam berlatar Gunung Fuji(Kurnia/detikTravel)

(bnl/bnl)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/08/085000/3365879/1520/telur-hitam-yang-unik-dari-jepang-ini-konon-bisa-bikin-panjang-umur
Terima kasih sudah membaca berita Telur Hitam yang Unik dari Jepang Ini Konon Bisa Bikin Panjang Umur. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Telur Hitam Yang Unik Dari Jepang Ini Konon Bisa Bikin Panjang Umur"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.