Tarian Suku Kamoro Akan Meriahkan Festival Danau Sentani

No comment 120 views

Berikut artikel Tarian Suku Kamoro Akan Meriahkan Festival Danau Sentani, Semoga bermanfaat

Jayapura – Untuk pertama kalinya, tarian dari Suku Kamoro mulai memeriahkan Festival Danau Sentani di Jayapura. Festival pun tentunya bakalan makin seru.

Soft opening Festival Danau Sentani siang ini mulai digelar. Festival tahunan di Kabupaten Jayapura, Papua itu, bagi pertama kali mulai dimeriahkan oleh tari-tarian dari Suku Kamoro.

Festival Danau Sentani yaitu pesta budaya yg menampilkan pertunjukkan dari suku-suku atau kampung adat yg ada di sekitar Jayapura. Khususnya warga yg tinggal di sekitaran Danau Sentani.

Pada Festival Danau Sentani ke-9 ini, Suku Kamoro mulai menyumbangkan penampilan tarian khasnya. Suku Kamoro sendiri berasal dari wilayah selatan Papua, tepatnya di Kabupaten Mimika. Cukup jauh dari Jayapura.

Suku Kamoro mendapat sponsor dari PT Freeport Indonesia bagi mampu tampil di Festival Danau Sentani. Suku Kamoro adalah salah sesuatu suku binaan Freeport selama ini, mengingat lokasi tempat tinggal mereka yg tidak jauh dari tambang.

“Kegiatan seperti ini mendorong keterikatan kalian dengan masyarakat Papua terutama warga-warga di dekat tambang karena kami telah beroperasi hampir 50 tahun,” ungkap Vice President Corporate Communication PT Freeport Indonesia di Jayapura, Papua, Minggu (19/6/2016).

Ada 25 orang Suku Kamoro yg dibawa Freeport bagi tampil di Festival Danau Sentani. Pembinaan terhadap suku-suku sekitar tambang memang yaitu salah sesuatu program CSR Freeport.

“Kita ingin tunjukkan bahwa perusahaan bukan cuma mengeksplorasi atau ada yg sebut mengeksploitasi saja, tetapi kalian ingin tunjukkan keterikatan dengan budaya sekitar,” kata Riza.

“Untuk Suku Kamoro yg kalian bawa kali ini, 25 orang. Mereka adalah teman-teman yg terus kalian bawa seandainya ada kegiatan seperti ini. Ada acara pameran di luar negeri, acara di kedubes-kedubes,” sambungnya.

Suku Kamoro (Elza/detikTravel)

Sebenarnya Suku Kamoro telah pernah juga berpartisipasi pada Festival Danau Sentani sebelumnya. Namun cuma di stan-stan bagi menjual hasil karya ukirannya. Namun bagi sumbangsih pertunjukkan di festival tersebut baru kali ini.

Freeport memiliki beberapa suku besar binaan. Selain Kamoro, satunya lagi adalah suku Amungme. Namun bagi di bidang seni, menurut Riza, memang Suku Kamoro yg lebih banyak unggul sehingga mendapat pembinaan yg khusus.

“Mereka milik keunikan sendiri baik dari lagu, tarian dan ukiran. Hasil ukiran mereka halus-halus, tak kalah dengan Asmat. Di bidang seni, Kamoro milik kelebihan dibanding suku binaan kalian yg lain. Bisa dibilang masyarakat Kamoro apresiasi terhadap seninya tinggi,” jelas dia.

Dengan memberi dukungan buat membawa Suku Kamoro ke Festival Danau Sentani, Freeport milik harapan tersendiri. Apalagi festival ini berskala nasional.

“Agar mereka lebih banyak berkolaborasi dengan suku lainnya. Semakin banyak ikut seperti ini semakin baik, buat menjaga keanekaragaman di Papua. Freeport di dalamnya membantu,” tutur Riza.

Sementara itu Bupati Jayapura Mathius Awoitau menyambut baik dengan kehadiran Suku Kamoro pada Festival Danau Sentani. Sebab menurutnya, festival tersebut pada dasarnya bukan cuma bagi warga yg ada di daerah sekitar Sentani atau Jayapura.

“Tahun dahulu dan tahun ini teman-teman dari Freeport telah bantu promosikan Festival Danau Sentani. Tahun ini baru pertama kali mereka bantu bawa teman-teman Suku Kamoro. Jadi dari selatan juga mulai tampil di sini. Ini sangat bagus, Tari Kamoro kan terkenal,” ujar Mathius, Sabtu (18/6).

Mathius menyebut, pada Festival Danau Sentani sebelumnya telah ada penampilan dari suku-suku di luar Sentani atau Jayapura. Namun mereka tiba cuma dari kabupaten-kabupaten yg sekitar wilayah mereka.

“Kalau mendatangkan dari daerahnya sendiri memang cukup memakan biaya. Maka kalau temen-temen Kamoro besok tampil di sini kita berterima kasih atas bantuan Freeport karena mulai memberikan warna tersendiri karena Kamoro cukup terkenal. Pasti menarik pengunjung,” terang dia.

Pemkab Jayapura menggelar Festival Danau Sentani memang dengan tujuan buat melestarikan kearifan lokal Papua. Bukan cuma pertunjukkan saja, di festival ini juga memfasilitasi pameran produk budaya dan kuliner khas suku-suku yg ada di Bumi Cenderawasih itu.

“Ini sarana buat mencairkan kebekuan perbedaan-perbedaan. Agar pengunjung bisa memberi apresiasi. Selain ajang promosi terhadap hasil karya budaya dan kuliner atau bidang ekonomi kreatif, suasana-suasana seperti ini di Papua perlu kami ciptakan,” sebutnya.

Suku Kamoro mulai menampilkan tarian khasnya beberapa kali dalam Festival Danau Sentani kali ini. Di salah sesuatu pertunjukkan, mereka mulai ikut bergabung dengan kelompok tarian lain. (elz/krn)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/06/19/123000/3236836/1382/tarian-suku-kamoro-akan-meriahkan-festival-danau-sentani
Terima kasih sudah membaca berita Tarian Suku Kamoro Akan Meriahkan Festival Danau Sentani. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Tarian Suku Kamoro Akan Meriahkan Festival Danau Sentani"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.