Taman Nasional Baluran, Situbondo Rasa Afrika

No comment 105 views

Berikut artikel Taman Nasional Baluran, Situbondo Rasa Afrika, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Merasakan safari di padang yg luas tidak harus ke Afrika. Di Taman Nasional Situbondo pun bisa!

Setelah menempuh perjalanan panjang yg melelahkan, 12 Jam Jakarta-Surabaya naik KA Ekonomi Gaya Baru Malang, 6 jam Surabaya-Situbondo (Banyu Putih-Wonorejo), 1 Jam Pintu Masuk TN Baluran-Pantai Bama, terbayar dengan keindahan yg Allah berikan kepada kami.

Setelah lelah bekerja, setelah lama menunggu ketika ini, setelah berharap banyak pada perjalanan ini, sampailah di Taman Nasional Baluran dengan selamat. Mari kami akan review TN Baluran di sini.

Dari hasil trekking dari Pantai Bama ke arah Savana Bekol, aku baru tahu, ada dua persoalan di sini. Salah satunya tentang gulma. Ada banyak gulma di TNB ini, yg tadinya berfungsi sebagai sekat bakar, sekarang menjadi tanaman pengganggu.

Pohon akasia , yg berfungsi buat mematikan rumput yg yaitu akar dari kebakaran hutan. Walau kebakaran mampu terjadi karena faktor alam atau manusia.

Pohon akasia di sini mengeluarkan minyak yg mampu mematikan rumput-rumput di sekitarnya, berhasil bagi sementara waktu, tapi ke sininya? Rumput tak tumbuh, pohon akasia semakin meluas, hewan makin kehilangan rumput yg sebagai sumber makanannya, dulu persoalan terjadi.

Penanggulangannya sekarang dengan memberikan solar dicampur dengan bahan yang lain ke pohon akasia tersebut. Kita dapat melihat hasilnya, banyak pohon akasia telah menghitam yg parahnya, dari 25.000 hektar Taman Nasional Baluran, 15 Ha Savana dan sekarang 15 Ha savana tersebut telah jauh berkurang karena pohon akasia tersebut.

Oh iya, seluruh isi di taman nasional ini dilindungi, dari flora maupun faunanya. Banyak ragam habitat tanaman atau hewan di sini, sebut saja ada rusa Timor, monyet makaka, lutung, merak, kerbau hutan, banteng, macan tutul, dan lain-lain.

Momen yg paling bagus buat ke taman nasional ini antara bulan Juli sampai September, yg yaitu musim panas, karena pada musim panas tersebut banyak hewan yg mampir ke area Savana Bekol buat mencari air, yg di sini dialiri ke kubangan di area savana bekol.

Banyak pengalaman dan pemandangan indah yg kita mampu kan di sini, trekking ke hutan rimba, savana, pantai, snorkeling, hutan bakau, sunset, sunrise, Gunung Baluran, sahabat, satwa, flora, fauna.

Pantai Bama juga Indah sekali, jernih, ikan banyak, terumbu karang yg terawat, hutan bakau yg subur. Pokoknya tak salah kalo kawan-kawan menjadikan TNB destinasi wisata berikutnya. Dijamin, di Afrikanya Indonesia ini, kamu nggak mulai pernah menyesal.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/27/170500/3324245/1025/taman-nasional-baluran-situbondo-rasa-afrika
Terima kasih sudah membaca berita Taman Nasional Baluran, Situbondo Rasa Afrika. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Taman Nasional Baluran, Situbondo Rasa Afrika"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.