Taman Nasional Baluran, ‘Afrika’ Dari Jawa Timur

No comment 212 views

Berikut artikel Taman Nasional Baluran, ‘Afrika’ dari Jawa Timur, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Tidak perlu jauh-jauh ke Afrika bagi melihat binatang liar di padang rumput. Mampir saja ke Taman Nasional Baluran di Jawa Timur.

Terik matahari menemani perjalanan aku menuju Africa Van Java, Taman Nasional Baluran. Siapa yg tidak kenal Afrika, sebuah benua yg memiliki padang savana yg luas dan diisi hewan-hewan liar. Kali ini aku mengunjungi ‘Little Africa’ Taman Nasional Baluran.

Taman Nasional Baluran terletak di Wilayah Banyuputih sebelah utara Banyuwangi atau masuk wilayah kabupaten Situbondo. Untuk menuju taman nasional ini sangat gampang karena melintasi jalan provinsi yg menghubungkan Surabaya-Banyuwangi.

Dari Surabaya melewati jalur Surabaya-Sidoarjo-Bangil-Pasuruan-Probolinggo-Situbondo-Batangan yg yaitu pintu gerbang Taman Nasional Baluran. Dinamakan Taman Nasional Baluran, karena di dekat taman nasional ini ada sebuah Gunung yg bernama Gunung Baluran.

Untuk memasuki Taman Nasional Baluran, kalian harus membeli tiket masuk seharga Rp 17.500/orang. Jika kami tak membawa kendaraan pribadi, mampu naik ojek atau menyewa mobil buat sampai ke Bekol.

Bekol ini yaitu wilayah yg memiliki padang savana yg luas sekali. Dan di Bekol ini ada menara pandang bagi melihat luasnya savana dari ketinggian.

Dari pintu gerbang ke Bekol kurang lebih menempuh perjalanan sepanjang kurang lebih 13 Km dengan keadaan jalan yg agak rusak. Sisi kanan kiri jalan menuju Bekol penuh dengan vegetasi yg lebat dan masih sangat terjaga. Bahkan sampai sampai ada tulisan ‘dilarang memancing’ yg menandakan tempat ini memang sangat dijaga kelestariannya.

Setengah jam berlalu, kalian pun sampai juga di Bekol. Panas terik khas Afrika dan padang savana yg luas benar-benar menunjukKan Taman Nasional Baluran pantas buat disebut Africa Van Java.

Savana yg luas dan diperindah dengan cantiknya Gunung Baluran dari kejauhan. Menikmati hembusan angin di tempat ini sungguh membuat fresh otak kita.

Setelah puas menikmati padang savana dari Bekol, kalian pun melanjutkan perjalanan ke Pantai Bama. Letak Pantai Bama masih di Wilayah Taman Nasional Baluran, jaraknya 3 KM dari Bekol.

Dalam perjalanan ke Pantai Bama, kalian pun mampu melihat hewan hewan-hewan berkeliaran bebas seperti rusa, monyet, merak, dll. Dari Bekol ke Pantai Bama hanya ditembuh 15 menitan.

Setibanya di Pantai Bama, kalian pun langsung mengeksplorasi tempat ini. Tempat yg pertama kita kunjungi adalah kawasan wisata mangrovenya. Di sebelah sisi kanan pantai ini masih terdapat hutan mangrove yg masih lebat.

Sejuknya hutan mangrove ditambah semriwingnya angin laut semakin membuat betah buat berlama-lama di tempat ini. Setelah puas, kita pun langsung menuju sisi yang lain Pantai Bama. Pasir putih yg halus dan masih bersih membuat pantai ini sangat pas buat dijadikan tempat liburan akhir pekan.

Waktu terbaik bagi mengunjungi Pantai Bama adalah pada pagi hari. Karena dari pantai ini kami dapat menikmati sunrise, dan saat air laut masih surut kami mampu melihat biota-biota laut yg ada di sini.

Karena waktu semakin sore, kalian pun langsung bergegas pulang. Dalam perjalanan pulang, kami 

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/14/114500/3397061/1025/taman-nasional-baluran-afrika-dari-jawa-timur
Terima kasih sudah membaca berita Taman Nasional Baluran, ‘Afrika’ dari Jawa Timur. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Taman Nasional Baluran, ‘Afrika’ Dari Jawa Timur"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.