Tama’Lulua, Air Terjun Istimewa Di Sulawesi Selatan

No comment 96 views

Berikut artikel Tama’Lulua, Air Terjun Istimewa di Sulawesi Selatan, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Di Jeneponto, Sulawesi Selatan ada sesuatu air terjun yg sangat istimewa. Tama’Lulua namanya, atau disebut juga Air Terjun Bossolo. Pemandangannya indah lho!

Berawal dari melihat postingan salah sesuatu akun Instagram jalan-jalan yg menampilkan foto air terjun yg sangat bagus di Jeneponto. Memang tidak mampu dibantahkan, dengan semakin mudahnya mengakses internet dan semakin besarnya pengaruh sosial media yg mulai membuat semakin mudahnya penyebaran informasi.

Kita mulai sangat gampang mengetahui lokasi wisata yg sedang hits atau memang menampilkan pemandangan yg bagus, cuma dengan membuka media sosial seperti Instagram, Facebook maupun lainnya.

Jeneponto, memang masih cukup asing buat saya, yg memang baru dua bulan tinggal di Bumi Sulawesi. Kabupaten yg berjarak kurang lebih 90 KM dari Kota Makassar ternyata memiliki banyak potensi wisata alam yg sangat menarik buat dikunjungi.

Mumpung ketika ini masih menjadi warga Sulawesi, jadi tak ada salahnya mengunjungi tempat-tempat di Sulawesi Selatan yg menurut aku memang patut bagi di Kunjungi.

Jeneponto, seperti yg aku katakan sebelumnya memang memiliki banyak potensi wisata alam yg sangat menarik. Pada pada liburan akhir minggu kemarin, aku berkesempatan mengunjungi air terjun yg sangat keren dan sedang hits di dunia Instagram merupakan Air Terjun Tama’Lulua atau tidak jarang disebut juga air terjun Bossolo. Air Terjun Tama’Lulua ini berada di Desa Ramba, Kecamatan Rumbia, Jeneponto. Jarak Tempuh dari pusat kota jeneponto kurang lebih 30 KM.

Pada Waktu itu, aku dan 3 teman aku berangkat dari Kota Makassar. Pada rencana awalnya kita mau berangkat pukul 07.00, mulai tapi karena pagi itu Makassar diguyur hujan deras, waktu keberangkan kalian pun mundur hingga pukul 09.00. Perjalanan kita menuju Air terjun Tama’Lulua melalui Jalan Pettarani, Makassar melewati Kabupaten Gowa kemudian Kabupaten Takalar dan hingga Jeneponto.

Jalan yg agak rusak di Takalar membuat perjalanan kita agak lama dan sedikit tersendat. Setelah memasuki Kabupaten Jeneponto dan tampak pusat keramaian yg ditandai dengan adanya Patung Kuda, kita berbelok ke kiri melalui Jalan Sungai Kelara. Kemudian lurus mengikuti Jalan hingga kecamatan Kelara dan Kecamatan Rumbia. Rute ini sama dengan rute menuju basecamp pendakian Gunung Lampobatang.

Begitu kalian memasuki kawasan Rumbia, nanti mulai menemukan lapangan dekat dengan masjid dan setelah itu yaitu gerbang masuk menuju Air Terjun Tama’Lulua. Jangan khawatir terlewat karena ada spanduk besar yg menunjukan arah menuju air terjun. Setelah itu tinggal mengikuti jalan hingga parkiran.

Untuk memasuki kawasan ini, dipungut biaya Rp 5.000 per orang. Parkiran mobil dan motor berada di Lokasi yg sama sehingga pengguna roda empat tak perlu khawatir mulai berjalan lebih jauh. Jadi rute dari Makassar menuju air terjun ini masih mampu dikatakan mudah, karena jalannya telah jelas, asalkan bawa kendaraan pribadi ya!

Kalau bagi angkutan umum, tampaknya ada, karena dua kali kalian melihat angkot lewat. Akan tetapi, kalian tak tahu rute angkotnya. Sepanjang perjalanan dari patung kuda hingga air terjun ini, kami mulai menemukan pemandangan yg cukup bagus merupakan berupa persawahan, ladang Jagung dan banyaknya kuda yg dahulu lalang.

Setelah memarkirkan kendaraan, kalian pun melangkahkan kita kalian menuju air terjun Tama’lulua. Baru dua langkah kalian berjalan, air terjun tersebut telah kelihatan dengan jelas. Pemandangan dari atas memang cukup menarik buat diabadikan, sehingga kalian pun berfoto-foto sejenak dari atas bukit.

Setelah puas mengabadikan momen, kita pun selangkah demi selangkah menuruni anak tangga buat menuju air terjun. Lokasi wisata ini memang masih dalam tahap pengembangan, karena anak tangga yg telah terbentuk belum mencapai 100 persen.

Setelah melewati anak tangga, kalian menelusuri jalan setapak dengan jalan berbatu, dan dua ketika kemudian diteruskan dengan jalan tanah dengan hutan bambu yg rindang dan menyejukkan. Dari parkiran hingga lokasi air terjun, cuma membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit, tak begitu lama dan jauh.

Setelah bercapek-capek menuruni bukit menuju lokasi air terjun ini, rasa capek seketika hilang saat melihat air terjun yg sangat indah. Deru suara air berjatuhan dan percikan air tertiup angin yg mengenai wajah begitu menyegarkan.

Percikan air yg terkena sinar matahari yg sesekali menciptakan pelangi yg indah. Jadi tak rugi jauh-jauh dari Makassar bagi berkunjung ke Air Terjun Tama’Lulua. Wajib dicoba bila liburan ke Jeneponto, Sulawesi Selatan!

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/26/093800/3403098/1025/tamalulua-air-terjun-istimewa-di-sulawesi-selatan
Terima kasih sudah membaca berita Tama’Lulua, Air Terjun Istimewa di Sulawesi Selatan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Tama’Lulua, Air Terjun Istimewa Di Sulawesi Selatan"