Tak Kalah Dengan Prancis, Laos Juga Punya ‘Arc De Triomphe’

No comment 150 views

Berikut artikel Tak Kalah dengan Prancis, Laos Juga Punya ‘Arc de Triomphe’, Semoga bermanfaat

Vientiane – Monumen Arc de Triomphe yaitu sesuatu dari sekian lanskap Paris. Uniknya, Kota Vientiane di Laos juga milik monumen Patuxai yg mirip seperti di Paris.

Kota Paris di Prancis memang identik dengan ikon Menara Eiffel. Namun Paris tak cuma dikenal dengan Eiffel saja, ada pula bangunan yg khas seperti Arc de Triomphe.

Bangunan berbentuk pintu gerbang itu ternyata tak cuma berada di Paris. Di ibu kota Laos, Vientiane, ternyata ada pula bangunan yg mirip dengan bangunan di ujung barat Champs-Elysees di Paris tersebut.

Adalah Patuxai yg memiliki makna serupa dengan Arc de Triomphe tersebut. Secara harfiah, Patuxai memang berarti gerbang kemenangan. Dibangun antara tahun 1957 hingga 1968, Patuxai mentereng di tengah kota Vientiane, Laos.

Monumen Patuxai di Laos (Dhani/detikTravel)

Kolam cantik di depannya (Dhani/detikTravel)

Patuxai didedikasikan bagi para pejuang perang bagi kemerdekaan Laos atas Prancis. Tak ayal, bangunan di Laos pun memiliki kemiripan dengan Prancis.

Untuk mengunjungi Patuxai sangatlah gampang lantaran berada di tengah kota tepatnya di distrik Thanon Lane Xang, Vientiane. Di sekitarnya terdapat taman yg luas serta sejumlah bangku buat bersantai.

Tak cuma menjadi latar belakang ber-selfie ria, pengunjung pun mampu naik ke bangunan tujuh lantai tersebut. Cukup membayar LAK 3 ribu atau sekitar Rp 5 ribu, pengunjung dapat menjelajahi bangunan bernuansa Paris tersebut.

Ornamen di bagian atas monumen (Dhani/detikTravel)

Meski mirip dengan Arc de Triomphe, dinding Patuxai berhiaskan ornamen-ornamen khas Laos. Di atap bagian dalam terdapat ornamen tentang ajaran Buddha, agama mayoritas di Laos.

Di dua lantainya, terdapat sejumlah toko souvenir yg menjual berbagai pernak-pernik khas Laos. Sementara itu di lantai paling atas, pengunjung mampu menikmati lanskap kota Vientiane dari atas.

Toko Suvenir di dalam monumen (Dhani/detikTravel)

Sayang ada saja aksi vandalisme (Dhani/detikTravel)

)Sayangnya, tembok di lantai paling atas tersebut dipenuhi coretan usil. Tentu hal itu merusak keindahan di sekitar bangunan bersejarah tersebut.

Patuxai dikelilingi bangunan pemerintahan. Di salah sesuatu sisinya, pengunjung mampu melihat segera Lang Xang Avenue yg yaitu jalan terbesar di Vientiane. Ujung jalan itu berakhir di Istana Kepresiden Laos atau yg disebut Istana Herkam.

(rdy/rdy)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/06/04/113517/3225399/1520/tak-kalah-dengan-prancis-laos-juga-punya-arc-de-triomphe
Terima kasih sudah membaca berita Tak Kalah dengan Prancis, Laos Juga Punya ‘Arc de Triomphe’. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Tak Kalah Dengan Prancis, Laos Juga Punya ‘Arc De Triomphe’"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.