Taj Mahal Dan 5 Landmark Di India Yang Wajib Dikunjungi

No comment 104 views

Berikut artikel Taj Mahal dan 5 Landmark di India yang Wajib Dikunjungi, Semoga bermanfaat

Agra – Populer dengan film Bollywood, India juga dikenal mulai Taj Mahal. Selain Taj Mahal, terdapat juga 5 landmark yg tidak boleh dilewatkan ketika liburan ke India.

Selain kaya budaya dan festival, India juga memiliki banyak landmark bersejarah yg megah. Mulai dari Taj Mahal yg menjadi bukti cinta abadi hingga Istana Mysore dan menara Qutub Minar yg terkenal.

Liburan ke India pun tentu tidak lengkap tanpa berkunjung ke sejumlah landmarknya. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (25/8/2016) berikut adalah Taj Mahal dan 5 landmark yg wajib didatangi di India:

1. Taj Mahal, Agra

(Randy/detikTravel)

Landmark di India yg wajib dikunjungi pertama terletak di Kota Agra. Ya, apalagi kalau bukan Taj Mahal. Baik penikmat film Bollywood maupun yg bukan, mulai terkesima melihat kemegahan dan keindahan dari Taj Mahal. Taj Mahal tak cuma yaitu landmark ternama Agra, namun juga menjadi bukti cinta abadi seorang Maharaja Shah Jahan bagi istrinya Mumtaz Mahal.

Memasuki pekarangan Taj Mahal, traveler mulai dibuat kagum mulai keindahannya. Di tengah taman terdapat kolam dengan tumbuhan hijau di sekelilingnya. Di ujungnya tampak Taj Mahal yg super megah.

Bagi yg mau beda, pemerintah setempat juga berencana bagi membuat 17 spot menarik bagi melihat Taj Mahal. Spotnya bervariasi dari dalam pekarangan Taj Mahal hingga di luar Taj Mahal.

Bagi Anda yg ingin mengagumi keindahannya secara maksimal dari dekat, usahakan tiba pada hari biasa. Saat weekend, Taj Mahal hampir terus ramai sehingga kurang nyaman. Harga tiket bagi wisatawan cukup lumayan, yakni sekitar 750 Rupee atau Rp 147 ribu. Walau begitu, setara dengan keindahan yg mulai didapat.

2. Gateaway of India, Mumbai

(Angga/detikTravel)

Berpindah ke Kota Mumbai yg terkenal mulai sederet rumah artis Bollywood, terdapat Gateaway of India yg menjadi landmark kota. Monumen ini terletak di area Apollo Bunder, bagian selatan Mumbai, menghadap ke laut Arab.

Sejarahnya Gateway of India adalah monumen yg dibangun ketika penjajahan Inggris tahun 1911, waktu kota ini masih bernama Bombay. Bangunan setinggi 26 meter ini awalnya digunakan buat pendaratan para bangsawan dan orang pemerintahan Inggris pada masa penjajahan.

Saat itu, monumen ini menjadi bangunan yg menyambut semua kapal yg masuk ke India pada masanya. Saking terkenalnya di mata turis, Gateway of India dapat dibilang sebagai Taj Mahal-nya Mumbai.

3. Mysore Palace, Karnataka

(mysorepalace.gov.in)

Berikutnya adalah Mysore Palace, bekas istana sekaligus monumen buat mengenang keluarga kerajaan Mysore yg memerintah Kota Karnataka di Selatan India dulu. Mysore sendiri disebut sebagai Kota Kerajaan.

Dibangun oleh Maharaja Krishnarajendra Wadiyar IV, Mysore Palace dibuat dalam Old Fort atau benteng tua pada abad ke-14. Tidak tanggung-tanggung, arsiteknya adalah seorang Inggris bernama Henry Irwin.

Namun selain Mysore Palace, terdapat juga istana yang lain di Kota Karnataka. Contohnya seperti Jaganmohan Palace, Lalitha Mahal Palace dan lainnya. Ada yg sudah beralih fungsi menjadi galeri hingga hotel.

Sedangkan buat Mysore Palace, istana tersebut dibuka buat wisatawan. Atas keindahannya, Mysore Palace disebut sebagai landmark kedua yg paling banyak dikunjungi wisatawan setelah Taj Mahal. Setiap tahunnya, istana tersebut dikunjungi oleh sekitar 6 juta wisatawan.

4. Harmandir Sahib, Amritsar

(Munish Sharma/Reuters)

Di India, terdapat aliran Sikh yg berasal dari daerah Punjab. Biasanya para penganutnya dikenali lewt pengikat kepala seperti sorban. Bagi penganut aliran Sikh, landmark Harmandir Sahib di Kota Amritsar disebut sebagai yg paling suci.

Dikenal juga dengan nama Sri Darbar Sahib, Harmandir Sahib yg disebut dengan nama ‘Kuil Emas’ yaitu salah sesuatu tempat suci umat Sikh. Kuil itu sendiri dibangun oleh Guru Sikh Kelima yg bernama Guru Arjan.

Menariknya, Guru Arjan membuat kuil tersebut sebagai tempat ibadah segala agama dan ajaran yg ada di dunia. Bahkan Guru Arjan juga mengundang Sufi Islam ternama, Sai Mian Mir bagi ikut memasang batu fondasi kuil. Hal itu memperlihatkan keterbukaan ajaran Sikh pada segala ajaran di dunia.

Di dekat pintu masuk kuil, traveler juga dapat menjumpai Museum Central Sikh hingga information center. Harmandir Sahib juga memiliki dapur gratis yg menyuguhkan makanan gratis bagi sekitar 100 ribu orang per harinya. Tak heran kalau kuil ini juga ramai wisatawan.

5. Hawa Mahal, Jaipur

(tourism.rajasthan.gov.in)

Berkunjung ke Kota Jaipur yg indah, tentunya tak boleh melewatkan Hawa Mahal. Secara arti, Hawa Mahal memiliki arti istana angin. Alasannya tampak dari 953 jendela kecil yg ada di salah sesuatu sisinya.

Dibangun pada tahun 1799 oleh Maharaja Sawai Pratap Singh, Hawa Mahal diketahui terinspirasi dari Khetri Mahal di Kota Jhunjhunu. Secara fisik, ratusan jendela yg ada di Hawa Mahal identik dengan warna merah bata dan berbentuk seperti mahkota Dewa Krishna.

Secara fungsi, ratusan jendela tersebut dibuat agar para wanita kerajaan mampu melihat kesibukan di jalan tanpa kelihatan oleh khalayak ramai. Aturannya, para wanita kerajaan memang tak diperbolehkan bagi menampakkan wajahnya.

Selain ramai dikunjungi oleh wisatawan, Hawa Mahal juga sangat fotogenik sebagai spot foto. Hawa Mahal buka dari pukul 09.30-16.30 waktu setempat setiap harinya.

6. Qutub Minar, New Delhi

(India Tourism Office)

Selain menganut agama Hindu, hampir setengah dari masyarakat India juga menganut agama Islam. Slaah sesuatu buktinya adalah Menara Qutub Minar di New Delhi yg menjadi penanda mulai awal era Muslim di India.

Qutub Minar dibangun tahun 1193 oleh Qutab-ud-din Aibak setelah mengalahkan Kerajaan Hindu terakhir di New Delhi. Tepat di bawahnya, terdapat Masjid Quwwat-ul-Islam yg yaitu masjid pertama di India.

Dikatakan kalau Qutub Minar tak cuma yaitu monumen unik di India, namun juga sedunia. Dikatakan, seandainya Anda mampu mengelilinginya dengan tangan sambil membelakanginya, maka keinginan Anda mulai terpenuhi. Stasiun Metro terdekat adalah Stasiun Qutab Minar. Biaya masuknya adalah 250 Rupee atau Rp 49 ribu.

Untuk Anda yg berencana liburan ke India, tentu wajib meluangkan waktu buat mengunjungi sejumlah landmark di atas. Dijamin tak mulai rugi deh. (rdy/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/08/25/081506/3283017/1520/taj-mahal–5-landmark-di-india-yang-wajib-dikunjungi
Terima kasih sudah membaca berita Taj Mahal dan 5 Landmark di India yang Wajib Dikunjungi. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Taj Mahal Dan 5 Landmark Di India Yang Wajib Dikunjungi"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.