Tahun Baru Di Sawahlunto, Ada Museum Kereta Api

No comment 87 views

Berikut artikel Tahun Baru di Sawahlunto, Ada Museum Kereta Api, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Selain di Ambarawa, Indonesia memiliki museum kereta api kedua yg berada di Sumatera Barat tepatnya di Kota Sawahlunto. Saat libur Tahun Baru, yuk ke sini!

Museum Kereta Api Sawahlunto berada di Jalan Kampung Teleng, Kelurahan Pasar, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Museum ini dulunya adalah stasiun yg sudah berdiri sejak masa kolonial Belanda, kira-kira tahun 1918.

Stasiun kereta ini dibangun paska ditemukannya kandungan batu bara yg mencapai 200 juta ton oleh ahli Geologi yang berasal Belanda, WH de Greeve pada 1868.

Sejak ketika itu Pemerintah Kolonial Belanda menanamkan modal sebesar 5,5 juta Gulden buat membangun permukiman dan fasilitas perusahaan tambang batubara Ombilin. Salah satunya adalah jalur kereta Api Sawahlunto hingga Emma Haven (Teluk Bayur) lengkap dengan stasiunnya.

Setelah berfungsi sebagai stasiun kereta api selama dua dekade, stasiun ini beralih fungsi menjadi museum pada 17 Desember 2015. Sejak ketika itu, Indonesia milik beberapa museum kereta api, merupakan Museum Kereta Api Ambarawa dan Museum Kereta Api Sawahlunto.

Museum Kereta Api Sawahlunto memiliki dua koleksi diantaranya jam besar, alat – alat sinyal dan komunikasi, foto dokumentasi terkait sejarah pembangunan jalur kereta api dan stasiun, miniature lokomotif, brankas, dongkrak rel, label pabrik, timbangan, lonceng penjaga dan baterai lokomotif.

Dari banyaknya koleksi di museum ini yg paling menarik perhatian tentunya adalah Loko Uap Mak Itam Seri E 10160 yg disimpan di bengkel yg berada di belakang museum. Pada ketika kunjungan aku kesana loko uap legendaris ini sedang diperbaiki oleh seorang teknisi.

Kabar gembiranya setelah lama tidak menjerit, kini Mak Itam akan kembali beroperasi sebagai kereta wisata. Lokomotif Mak Itam memakai batubara sebagai bahan bakarnya. Batubara di masukan ke dalam tungku pembakaran bagi memanaskan ketel uapnya.

Sangat menarik bukan? Tiket masuk Museum Kereta Api Sawahlunto cuma Rp 3.000, dan pastikan Anda tak salah menentukan waktu berkunjung ke Sawahlunto karena pada hari Senin museum-museum yg ada di kota ini tutup.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/30/110100/3378953/1025/tahun-baru-di-sawahlunto-ada-museum-kereta-api
Terima kasih sudah membaca berita Tahun Baru di Sawahlunto, Ada Museum Kereta Api. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Tahun Baru Di Sawahlunto, Ada Museum Kereta Api"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.