Tahun Baru Di Bali, Coba Wisata Kopi

No comment 92 views

Berikut artikel Tahun Baru di Bali, Coba Wisata Kopi, Semoga bermanfaat

Tabanan – Pelan-pelan wisata kopi menjamur di Bali. Satu tempat yg asyik didatangi adalah Secret Garden Village, kamu mulai tahu dua kopi khas Indonesia.

Baru-baru ini, detikTravel mengunjungi Secret Garden Village yg notabenya destinasi wisata baru di Pulau Dewata. Lokasinya di Jl Raya Denpasar Bedugul Km 36, Tabanan atau sekitar 2-3 jam dari kawasan Kuta. Tiket masuknya sebesar Rp 50 ribu.

Black Eye, yaitu salah sesuatu lokasi di dalam Secret Garden Village. Dari pintu masuk, melangkahlah ke sebelah kanan. Black Eye yaitu kafe sekaligus museum mini tentang kopi. Di sini pula pengunjung mulai mengetahui berbagai macam kopi Indonesia, proses pembuatannya dan cara penyajian yg tepat.

“Kopi yg kalian tawarkan di sini adalah kopi Aceh gayo, kopi Sumatera, kopi Bali Kintamani, kopi Toraja dan kopi Flores,” terang Mega, salah seorang pemandu yg menemani detikTravel.

Selamat tiba di Black Eye (Afif/detikTravel)Selamat tiba di Black Eye (Afif/detikTravel)

Sebelum masuk ke Black Eye, terpajang berbagai alat pengolah kopi tradisional dan dua teko yg digunakan bagi menyuguhkan kopi. Menurut Mega, dua alat tradisionalnya ada yg berasal dari Eropa dan asli!

Mega dahulu mengajak ke tempat bagi mengolah biji kopi. Dia menjelaskan bagaimana biji kopi disimpan dan diolah dengan tepat dengan temperatur yg tepat pula. Aroma biji kopi terasa kuat di sana.

Proses pengolahan biji kopi (Afif/detikTravel)Proses pengolahan biji kopi (Afif/detikTravel)

“Kita menggunakan mesin Probat dari Jerman buat proses akhir biji kopinya, sehingga mendapat biji kopi yg berkualitas,” terang Mega.

Kemudian aku dibawa ke bagian dalam Black Eye yg bersebelahan dengan toko suvenir dan kafenya. Seorang bartender pun sedang menjelaskan kopi Indonesia kepada turis mancanegara. Dia menjelaskan dengan rinci, termasuk cara mencicipi kopi.

“Langsung disruput minumnya dengan kencang dan kuat. Kita mulai benar-benar merasakan kenikmatannya di tenggorokan sampai ke hidung. Ayo dicoba,” jelasnya.

Turis yg coba mencicipi kopi-kopi Indonesia (Afif/detikTravel)Turis yg coba mencicipi kopi-kopi Indonesia (Afif/detikTravel)

Tak jauh dari situ, aku memasuki toko suvenir. Biji-biji kopi dijual di sana dalam bentuk kemasa. Bagi yg mau menjadikannya bubuk, para staff Black Eye mulai memabantu dan tak dikenai biaya lagi alias gratis.

“Harganya akan dari Rp 88 ribu, hitungan di sini per gram. Kami jamin kualitas kopinya snagat terjaga,” ujar Mega.

Tertarik coba wisata kopi di Secret Garden Village?

Terakhir, tinggal belanja kopi (Afif/detikTravel)Terakhir, tinggal belanja kopi (Afif/detikTravel)

(bnl/bnl)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/29/133612/3383329/1519/tahun-baru-di-bali-coba-wisata-kopi
Terima kasih sudah membaca berita Tahun Baru di Bali, Coba Wisata Kopi. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Tahun Baru Di Bali, Coba Wisata Kopi"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.